10 Cara Memulai Menjadi Travel Blogger Sampai Sukses

0
travel-blogger

Bagi mereka yang suka jalan-jalan, mungkin membuat blog pribadi sebagai tempat sharing cerita perjalanan adalah sebuah cita-cita. Pastinya kalian tidak mau kan kebahagiaan liburannya dilewatkan begitu saja. Meskipun era blog saat ini mulai tergerus karena adanya vlog, namun informasi tulisan masih saja diminati sampai sekarang ini. Karena terkadang masih banyak orang yang lebih suka membaca daripada melihat video seperti di Youtube.

Menjadi seorang travel blogger adalah profesi yang cukup digandrungi anak muda saat ini. Disamping kalian bisa menyalurkan hobi menulis dan jalan-jalan, kalian juga mungkin bisa mendapatkan penghasilan dari blog traveler tersebut. Selain itu kalian juga bisa berbagi cerita dan pengalaman liburan kepada banyak orang.

Tidak masalah jika kalian memperbarui artikelnya seminggu sekali, sebulan sekali, atau setahun sekali, karena yang terpenting punya niat membangun blog pribadi saja sudah lebih dari cukup. Namun bagi kalian yang serius ingin terjun di dunia blogging, berikut ini adalah tips dan cara memulai menjadi travel blogger sampai sukses.

1. Terinspirasi tetapi jangan meniru

Hari ini sudah banyak jumlah travel blogger yang terkenal, akan tetapi tidak semua travel blogger membaca blog traveler lain. Padahal membaca blog traveler lain adalah salah satu kunci kesuksesan travel blogger.

Bisakah kalian bayangkan seorang perancang busana yang tidak pernah melihat pakaian yang dirancang oleh orang lain? Seorang penulis yang tidak pernah membaca buku yang ditulis oleh orang lain. Atau koki yang hanya makan di restoran mereka sendiri?

Jika kalian tidak suka membaca blog orang lain, maka orang-orang juga mungkin tidak akan senang membaca blog kalian.

Rajin membaca blog traveler lain bisa membantu menemukan ide baru untuk konten blog kalian sendiri. Hal itu juga akan mendorong kalian untuk bepergian, kuliner, berbelanja, mendesain, dan mengambil sebuah foto. Kalian bisa membaca blog dari semua traveler yang berbeda dan membawa semua inspirasi itu menjadi perjalanan versi kalian sendiri.

Gunakan blog untuk menginspirasi dalam tulisan tetapi jangan pernah menyalin atau membandingkan tulisan kalian dengan tulisan orang lain.

2. Tulis apa yang disukai secara informatif

Jika kita perhatian, kebanyakan travel blogger yang sukses mereka memiliki dua hal, yaitu kreatifitas dan pengetahuan yang luas.

Kalian bisa membuat blog menjadi lebih menarik, menginspirasi, dan menghibur, tetapi kalian juga membutuhkan pengetahuan yang luas agar pembaca kalian merasa teredukasi setelah membaca artikel kalian. Berikan pembaca blog kalian informasi yang tidak mereka temukan di blog lain, agar mereka semakin betah dan terus mengunjungi blog kalian.

Nah untuk membuat artikel yang informatif, kalian harus yakinkan pada diri sendiri bahwa pembahasan artikel tersebut memang benar-benar kalian kuasai, baik secara teoris maupun praktek. Hal ini dapat memudahkan kalian dalam pembuatan artikel yang lengkap nantinya.

3. Jadilah unik

Kadang poin ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi agar kalian lebih mudah menjadi bahan perhatian banyak orang, salah satunya dengan cara berbeda daripada yang lain. Bagaimana menjadi berbeda dengan lain, jawabannya mudah saja, yaitu dengan menjadi diri sendiri.

Jika kalian tidak percaya diri dengan kepribadian sendiri, maka rasanya akan sulit untuk membuat blog traveler versi dirimu sendiri. Maka dari itu tentukanlah bagaimana gaya penulisan, niche blog, atau pembahasan artikelnya sesuai dengan keinginan dan tidak hanya ikut-ikutan.

Nah bicara tentang niche blog, cara sederhana untuk menemukan niche unik untuk blog kalian adalah dengan menggabungkan dua atau tiga pembahasan saja dalam satu blog.

Contohnya niche pertama tentang liburan, niche kedua dan ketiga tentang kuliner, mode, dll. Usahakan jangan terlalu banyak niche pada blog kalian agar semakin membuatnya berbeda.

4. Ketahui apa itu kesuksesan?

Terkadang kalian tidak akan mencapai suatu tujuan jika kalian sendiri tidak tahu apa yang sedang dituju. Untuk memiliki blog perjalanan yang sukses, kalian perlu memutuskan apa tujuan kalian membuat blog tersebut.

Apakah kalian ingin punya ratusan ribu pembaca tiap bulan, menerbitkan buku, meningkatkan tulisan dan fotografi, menggunakan blog sebagai platform untuk mendapatkan pekerjaan, atau memiliki buku harian online yang dapat dibanggakan?

Selain itu jangan gengsi mengatakan bahwa kalian juga ingin menghasilkan uang dari blog kalian. Jika itu yang kalian inginkan, tuliskan sebagai misi dan visi lalu bekerja keraslah sampai kalian mencapai tujuan tersebut.

Apa pun alasan kalian menulis blog, pastikan kalian memiliki sebuah tujuan yang jelas dan tahu bagaimana cara meraihnya dan kapan akan sampai ke sana.

5. Berkolaborasi

Percaya deh, ngeblog itu bisa menghabiskan banyak waktu dan energi jika dilakukan seorang diri. Untuk itu, kalian bisa membangun blog sama teman, keluarga, atau sesama blogger untuk membuat blog secara kolaborasi. Artinya operasional blog tersebut dijalankan oleh banyak orang.

Meskipun dijalankan oleh banyak orang, blog kolaborasi itu masih bisa dikatakan blog pribadi kalian. Keuntungannya adalah kalian akan punya banyak ide dalam membuat pembahasan artikel untuk blog tersebut. Bukankah, lebih banyak ide lebih baik untuk perkembangan blog kalian nantinya?

6. Keterampilan fotografi dan videografi

Banyak blogger baru punya kemampuan menulis yang luar biasa, tetapi tidak terlalu menyukai sisi fotografi. Padahal menjadi seorang travel blogger harus memiliki keterampilan fotografi dan editing.

Bagi travel blogger, gambar bisa berbicara lebih dalam daripada sebuah kata-kata. Apalagi dunia internet adalah lingkungan yang serba cepat sehingga orang memiliki perhatian yang sangat pendek di dunia maya, kebanyakan para pembaca internet sekarang lebih fokus melihat gambar daripada melihat tulisan.

Oleh karena itu, kalian harus punya skill dan keterampilan dalam mengambil gambar dan video. Perhatikan angle gambar yang pas agar hasil karya kalian bagus dan enak dilihat.

7. Ejaan dan tata bahasa sangat penting

Perlu diketahui para pengunjung blog kalian bertujuan untuk mencari informasi dan dikelompokan kedalam banyak golongan, bisa anak-anak, orang tua, anak muda, dll. Oleh karena itu pastikan artikel kalian mudah dibaca dan mudah dipahami.

Jangan memilih kata yang punya definisi yang luas dan terlalu baku, karena tidak semua pengunjung blog kalian dapat memahami apa yang kalian maksud dari kata baku tersebut. Lebih baik pilihlah bahasa sehari-hari agar mereka bisa mengerti apa yang kalian sampaikan.

8. Gunakan satu platform media sosial dengan baik

Kalian tidak perlu ada di semua media sosial untuk menjadi seorang blogger. Karena kalian akan menghabiskan waktu sepanjang hari hanya untuk mengurusi orang-orang di Twitter, Instagram dan Facebook secara bersamaan. Hal ini akan menghambat aktivitas dan menyelesaikan sesuatu!

Sebagian besar travel blogger saat ini berfokus pada Instagram karena merupakan media sosial paling populer di dunia. Tetapi jika Instagram bukan untuk kalian, maka fokuslah pada media sosial lain yang lebih menjanjikan, dan jangan memaksakannya di Instagram.

Jauh lebih baik punya satu media sosial namun banyak pengikut daripada punya semua media sosial namun interkasi pengikutnya kecil.

9. Pelajari tentang hal-hal teknis

Perlu diketahui menjadi travel blogger tidak hanya fokus di tulisan dan media sosial saja, tetapi banyak hal-hal teknis yang perlu kalian pelajari. Seperti hosting, website, SEO, editing, programming, dll. Meskipun terdengar agak menyusahkan, namun kalian bisa mendapatkan semua tutorialnya di internet, terutama Google dan YouTube yang dapat memandu kalian mempelajari hal teknis tersebut.

10. Jangan lakukan itu demi uang

Untuk memulai menjadi travel blogger, kalian jangan dulu memikirkan mendapatkan penghasilan melalui blog dan media sosial kalian. Karena banyak kasus seorang travel blogger baru bisa mendapatkan penghasilan setelah 3 tahun fokus membangun blognya. Tentu ini akan mematahkan semangat kalian menjadi seorang travel blogger.

Daripada terlalu dini memikirkan uang, lebih baik fokuslah bagaimana blog kalian bisa terkenal dan memiliki banyak pembaca. Jika hal ini sudah terwujud, maka penghasilan perdetik akan kalian dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here