in

Aneh Tapi Unik, 10 Festival Paling Unik yang Hanya Ada di Jepang

10 Festival Paling Unik yang Hanya Ada di Jepang

Semua orang pastinya menyukai Jepang karena masakannya yang lezat, kuil yang indah dan kimono yang cantik. Jepang juga terkenal karena memiliki budaya yang sangat aneh dan unik. Yang paling unik adalah festival, tradisi, dan kompetisi yang kadang tidak masuk akal, termasuk kompetisi bayi menangis atau festival mengecat wajah di perut. Baru-baru ini yang menjadi berita hangat adalah kompetisi di mana orang harus melemparkan meja teh untuk melampiaskan kemarahannya. Nah berikut adalah 10 festival paling unik yang hanya di temukan di Jepang:

1. Naki Sumo – Festival bayi menangis

Naki Sumo Misturi, adalah salah satu festival paling aneh yang pernah kita dengar. Kompetisi tangisan bayi ini melibatkan dua pegulat sumo yang masing-masing memegangi bayi. Wasit kemudian mengenakan topeng menakutkan dalam upaya untuk membuat bayi menangis. Bayi yang menangis paling keras dan terpanjang dinyatakan sebagai pemenang. Tradisi yang berusia 400 tahun ini dianggap bisa menjaga kesehatan bayi.

Festival ini biasanya diadakan pada bulan Mei di Kuil Sensoji di Tokyo, jika Anda berkunjung ke sana, pastikan untuk menyaksikan festival aneh ini! Karena merupakan salah satu festival paling unik di Jepang yang wajib Anda saksikan.

2. Kanamara Matsuri – Festival Lingga Besi

Jika ada satu ritual Jepang paling aneh yang pernah Anda dengar atau lihat di televisi, mungkin ini salah satunya. Kanamara Matsuri atau Festival Iron Phallus jelas merupakan festival yang harus disaksikan.

Kembali ke tahun 1600-an, festival ini awalnya diadakan sebagai sarana untuk menjaga terhadap penyakit menular (PMS).  Anda akan melihat bentuk topi phallic, boneka, kostum dan bahkan lolipop!  Ini adalah salah satu momen langka dimana Anda akan melihat orang-orang Jepang yang biasanya pendiam berkeliaran di jalanan Kawasaki. Ini Merupakan salah satu festival paling unik di Jepang yang wajib Anda saksikan.

3. Hokkai Heso Matsuri – Belly Button Festival

Tanggal Festival: 28 hingga 29 Juli.

Dirayakan pada bulan Juli di Furano, Hokkaido, Hokkai Heso Matsuri atau festival pusar adalah salah satu yang akan Anda sukai untuk menjadi bagian di dalamnya! Pusat tubuh seseorang adalah pusar dan penduduk setempat telah memasukkan konsep pusar ke dalam festival mereka.

Penari akan mengecat wajah di dada dan perut mereka, menggunakan pusar sebagai karakter mulut.  Mereka kemudian melanjutkan untuk menari perut di jalan-jalan! Ini Merupakan salah satu festival paling unik di Jepang yang wajib Anda saksikan.

4. Melempar kacang Mamemaki saat festival Setsubun

Tanggal Festival: 3 Februari

Setsubun adalah hari libur di Jepang yang dirayakan pada malam hari sebelum Musim Semi dimulai. Orang Jepang percaya bahwa selama periode ini, setan cenderung muncul di dunia. Orang tua di seluruh Jepang kemudian akan mengenakan topeng Oni dan mencoba menakuti anak-anak mereka. Sebagai imbalannya, anak-anak ini harus melempar kacang kedelai panggang untuk menakuti setan-setan tersebut. Ini Merupakan salah satu festival paling unik di Jepang yang wajib Anda saksikan.

5. Festival Shukatsu – Festival pemakaman

Sementara banyak dari kita menghindari untuk berpikir atau berbicara tentang kematian, orang Jepang malah memiliki festival tentang kematian. Festival Shukatsu di Jepang mengajarkan orang-orang tentang ketidakpastian kematian dan mengajarkan mereka bagaimana mempersiapkannya.

Ini termasuk pelajaran persiapan psikologis dan pengujian berada di peti mati. Anda bahkan dapat mencoba pilihan riasan dan rambut untuk orang mati. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa mereka akan sepenuhnya siap untuk mempersiapkan upacara kematian mereka. Ini merupakan salah satu festival paling unik di Jepang yang wajib Anda saksikan.

6. Festival Paantu – Mengusir roh jahat

Festival Paantu telah ada selama berabad-abad, di mana pria berpakaian seperti roh-roh jahat berkeliaran di jalanan Miyakojima, Okinawa untuk mengejar anak-anak dan orang dewasa. Orang-orang ini akan tertutup lumpur dan dedaunan dan mereka yang disentuh oleh seorang paantu dianggap akan memiliki nasib baik untuk tahun yang akan datang. Ini merupakan salah satu festival paling unik di Jepang yang wajib Anda saksikan.

7. Hadaka Matsuri – Festival pria dengan cawat

Hadaka Matsuri di Okayama adalah festival dengan 9000 orang pria yang hanya mengenakan cawat berjuang untuk memperebutkan 2 tongkat. Setiap tahun, seorang imam akan melemparkan sepasang tongkat suci ke kerumunan orang dari jendela 4 meter di atas tanah. Kerumunan orang kemudian harus berjuang untuk mendapatkan tongkat ini dan memasukkannya ke dalam kotak pengukur kayu dengan harapan bisa menerima keberuntungan dan kebahagiaan di tahun ini.

8. Akutai Matsuri – Festival kutukan

Festival Akutai Matsuri menampilkan 13 pendeta berpakaian seperti Tengus-setan mitos Jepang saat mereka melakukan perjalanan ke Gunung Atago. Sepanjang jalan, orang-orang didorong untuk meneriaki iblis-iblis ini dan mencoba mencuri persembahan mereka untuk keberuntungan. Bahkan jika Anda tidak tahu cara mengutuk dalam bahasa Jepang, Anda bisa meneriakkan kutukan dalam bahasa Inggris. Ini merupakan salah satu festival paling unik di Jepang yang wajib Anda saksikan.

9. Festival Hinamatsuri

Hinamatsuri adalah perayaan setiap tanggal 3 Maret di Jepang yang diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Keluarga yang memiliki anak perempuan akan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyō.

Satu set boneka terdiri dari boneka kaisar, permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), dan pemusik istana yang menggambarkan upacara perkawinan tradisional di Jepang. Pakaian yang dikenakan boneka adalah kimono gaya zaman Heian. Ini merupakan salah satu festival paling unik di Jepangyang wajib Anda saksikan.

10. Kontes membalik meja teh saat marah

Festival ini telah berjalan selama 12 tahun, kompetisi Chabudai-Gaeshi sangat cocok bagi mereka yang ingin melampiaskan amarah dan menghancurkan beberapa furnitur. Peserta harus meneriakkan ungkapan kemarahan, frustrasi, gairah atau harapan sebelum melemparkan meja teh sejauh mungkin.

Akan ada seorang wanita tua yang mengenakan pakaian koki yang akan dengan lembut menepuk pundak kontestan dan menyuruh mereka untuk berhenti. Itu juga isyarat bagi mereka untuk meneriakkan keinginan dan kekuatan hati mereka sambil melemparkan meja. Akan ada ikan plastik yang diletakkan di atas meja yang tujuannya adalah untuk melemparkan ikan sejauh mungkin.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *