in

11 Tahapan Skincare Malam Hari yang Bikin ‘Glowing Skin’

Photo by cottonbro From Pexels

Impian seorang wanita ialah memiliki wajah cantik nan rupawan. Tidak sedikit pula yang berpendapat, bahwa good looking hanya diperoleh dari genetic atau DNA saja. Sayangnya, pendapat tersebut mampu dipatahkan dengan melakukan perawatan wajah secara rutin dan konsisten.

Meskipun tidak terlahir dari keluarga good looking, tapi bukan berarti wanita tidak bisa memiliki wajah cantik dan sehat, bukan.

Siapa nih yang bermimpi memiliki wajah cantik, tapi malas melakukan perawatan wajah? Beauties, mie instan aja butuh proses untuk direbus. Bagaimana kulit wajah yang berhubungan dengan jaringan. Pastinya butuh usaha dong!

Bayangkan, sejak pagi hingga sore hari beauties melakukan aktivitas di luar rumah. Berhadapan langsung dengan sinar matahari, terpapar polusi, dan belum lagi make up yang menempel di wajah seharian.

Beauties, kulit kita juga memiliki kapasaitas lho! Ia juga bisa letih dan kurang nutrisi. So, jangan pernah lupa meluangkan waktu di malam hari untuk melakukan perawatan wajah.

Menggunakan skincare pada malam hari mampu meregenerasi kulit wajah yang rusak lho. Selain itu, kandungan skincare malam juga membantu menutrisi kulit, menjaga kelembaban kulit, serta ada kandungan lain yang mampu mencerahkan wajah keesokan harinya.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka sebaiknya ikuti tahapan skincare malam hari yang benar. Berikut rangkaiannya!

1. Makeup remover

Urutan perawatan wajah malam hari yang terpenting ialah make up remover. Kenapa bisa begitu? Sebab, selama seharian penuh melakukan aktivitas di luar rumah. Pastinya banyak kotoran yang menempel di wajah. Belum juga dengan sisa-sisa make up dan kosmetik yang telah digunakan.

Apabila tidak dibesihkan dengan benar, maka kotoran tersebut bisa tertimbun di dalam kulit. Pada akhirnya, kulit tidak terjaga kesehatannya dan timbul dampak negatif akibat kotoran yang mengendap di wajah.

Sebaiknya, pilihlah jenis make up remover yang berbahan dasar minyak guna menghapus make up yang memiliki ketahanan long lesting, gitu.

2. Cleanser

Pada tahapan ini, sebaiknya lakukan double cleansing. Meskipun wajah sudah dibersihkan dengan make up remover. Tidak ada salahnya jika membersihkan kembali dengan menggunakan cleanser.

Proses ini cukup efektif dalam membersihkan wajah secara maksimal. Diketahui, cleanser sendiri berfungsi untuk mengangkat residu yang tersisa di kulit wajah.

Sudah tahu belum sih, jika face cleansing memiliki tiga jenis. Ada milk cleanser, water cleanser, dan oil cleanser. Pilih salah satu dari ketiga cleanser tersebut.

Meskipun memiliki fungsi yang sama untuk membersihkan wajah. Namun ketiga jenis cleanser tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda lho. Jadi gunakan sesuai kebutuhan dan jenis kulit beauties juga, ya.

3. Facial Wash

Berikutnya, bersihkan wajah kembali dengan menggunakan facial wash (sabun cuci muka). Urutan skincare malam hari ini sering dikenal dengan sebutan triple cleansing. Setelah membersihkan wajah dengan make up remover, cleanser, dan facial wash.

Facial wash terbuat dari bahan dasar cair dengan formulasi yang berbentuk batangan, gel, ataupun busa. Sabun wajah ini mampu membersihkan dan menyapu minyak di pori-pori wajah.

Ingat! Facial wash bisa digunakan untuk semua jenis, tergantung kandungannya. Saat malam hari, sebaiknya gunakan facial wash yang memiliki kandungan untuk melembabkan tanpa memberi efek seperti tertarik.

4. Produk Eksfoliasi atau scrub wajab

Tahapan skincare selanjutnya yaitu eksfoliasi atau scrub wajah. Meski begitu, jenis skincare yang berfungsi untuk eksfoliasi tidak dianjurkan digunakan harian. Cukup gunakan 1-2 dalam seminggu.

Hal ini karena produk jenis eksfoliasi bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tidak baik jika digunakan setiap hari. Jika hal tersebut terjadi, maka akan malah merusak skin barrier.

5. Toner

Apabila kulit wajah sudah bersih, urutan skincare berikutnya ialah dengan pengaplikasian toner wajah. Ada sebagian yang berpendapat bahwa toner tidak begitu penting, padahal toner memiliki segudang manfaat.

Jika diaplikasikan menggunakan kapas, toner mampu membantu membersihkan wajah. Namun, tidak sedikit pula yang langsung ‘tap-tap’ ke wajah.

Asal kalian tahu, beberapa rangkaian sebelumnya mampu menghilangkan pH kulit kita, lho. Tapi tenang saja, toner akan menyeimbangkan pH kulit wajah yang telah hilang tadi.

Selain itu, toner juga diguanakan untuk detoksifikasi dan mengencangkan pori. Sehingga, skincare selanjutnya akan lebih maksimal dalam berkerja.

Toner memiliki banyak berbagai macam kandungan yang bisa beauties pilih. Pastikan untuk menyesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.

6. Essence

Skincare berikutnya dan tidak boleh terlewatkan yaitu essence. Meskipun berbahan dasar air, namun konsentrasi bahan aktifnya tinggi. Sehingga, mampu membantu dalam proses pelembaban kulit wajah.

Selain menutrisi kulit dan menenangkan kulit kemerahan. Essence mampu mencegah proses penuan pada kulit wajah. Hal ini karena adanya kandungan seperti gliserin, asam hialuronat, dan vitamin C.

Tidak hanya itu, essence akan membantu skincare lainnya agar bisa meresap lebih baik dan maksimal ke dalam kulit.

7. Eye Cream

Tahapan skincare yang membedakan dengan pagi hari ialah penggunaan eye cream. Produk eye cream menjadi wujud dari keresahan para wanita yang memiliki kantung mata atau mata ‘panda’ selama ini.

Banyak sekali jenis eye cream yang beredar. Akan tetapi, sebaiknya Pilihlah eye cream dengan memiliki kandungan konsentrasi tinggi, seperti peptida dan antioksidan.

Aplikasikan eye cream di area bawah mata, gunakan jari manis dan jangan lupa sedikit diberi tekanan halus.

8. Serum

Setelah menggunakan eye cream, berikutnya skincare yang tidak boleh ketinggalan ialah serum wajah. Skincare ini tergolong yang paling intens dari seluruh rangkaian.

Hal ini karena serum termasuk skincare yang memiliki kandungan konsentrasi zat aktif paling tinggi. Tektur yang cair membuat produk ini sangat efektif dan mudah meresap secara maksimal dibanding pelembab.

Karena termasuk skincare yang intens atau paling penting. Tidak heran cara kerja skincare ini lebih cepat memberikan hasil yang optimal.

9. Cream malam

Apabila serum telah meresap sempurna, urutan skincare selanjutnya yaitu dengan menggunakan cream malam. Fungsi dari cream malam tidak jauh berbeda dengan pelembab di pagi hari.

Akan tetapi, jika dilihat dari kandungannya. Cream malam memiliki fungsi yang lebih khusus seperti memudarkan noda hitam, menyamarkan warna kulit dan kerutan, menutrisi wajah, serta memberi kelembaban pada kulit.

10. Sleeping Mask

Tahapan skincare ini bisa dibilang ‘suka-suka’, artinya jika tidak digunakan tidak apa-apa. Namun, bila digunakan akan memberikan efek yang bagus untuk wajah.

Sleeping mask memiliki fungsi untuk melembabkan dan tentunya memberikan ketenangan pada kulit wajah.

Jika ingin menggunakan tahapan sleeping mask, sebaiknya pahami dulu karakteristik kulit beauties. Sebab, jenis kulit pada setiap orang memiliki penerimaan yang berbeda-beda.

Ada jenis kulit yang menerima cream <