10 Tips Liburan Ke Pulau Jeju Korea Selatan yang Menyenangkan

Trip Ke Pulau Jeju Korea Selatan

Belakangan ini Korea menjadi salah satu negara yang menjadi kiblat bagi para anak muda. Tidak hanya soal fashion, musik, atau beberapa genre drama Korea saja, tetapi negara satu ini juga menjadi destinasi liburan yang indah. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Pulau Jeju yang ada di Korea Selatan.

Pulau Jeju merupakan salah satu tempat yang cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga karena keindahan alam yang benar-benar menakjubkan. Menyenangkannya lagi saat berlibur di Pulau Jeju ialah anda tidak membutuhkan visa. Sama dengan Seoul dan Busan anda akan menemukan tempat-tempat menakjubkan seperti yang dilihat di Drama Korea.

Dapat dikatakan bahwa Pulau Jeju merupakan Hawai dari Korea, bahkan karena terlalu indah tempat ini, pulau jeju masuk dalam 7 Wonders of Nature di dunia. Untuk anda yang belum pernah berlibur di Pulau Jeju maka berikut ini beberapa panduan agar lebih mudah menjalankan liburan di tempat asing nan indah seperti Pulau Jeju.

1. Berkunjung ketika musim semi dan musim gugur

Musim yang ada di Korea memang berbeda dengan di Indonesia. Korea merupakan negara dengan empat musim, sebab itu anda harus memperhatikan pada musim apa anda akan berlibur di Pulau Jeju.

Pada musim semi (Maret-Mei) atau ketika musim gugur (September-November) warna yang ditawarkan benar-benar berbeda. Pada musim semi Pulau Jeju akan benar-benar sangat indah, warna bunga yang sedang bermekaran akan membuat liburan anda semakin menyenangkan.

Bunga bermekaran dan daun-daun tumbuh dengan warna hijau yang segar. Pemandangan alam akan benar-benar anda dapatkan. Tetapi ketika anda datang di musim gugur maka hampir semua pulau berwarna coklat namun hal tersebut tidak menghilangkan keindahan dari Pulau Jeju.

2. Menggunakan pesawat untuk sampai lokasi

Untuk bisa sampai ke Pulau Jeju rasanya tidak mungkin langsung menuju kesana jika anda berangkat dari Indonesia, tentu saja anda harus transit terlebih dahulu. Jika ingin lebih mudah sampai di Pulau Jeju maka bisa menggunakan pesawat dari Seoul.

Harga tiket pesawatnya hanya sekitar 50 USD untuk perjalanam pulang dan pergi. Tetapi jika anda tidak ingin singgah di Seoul maka anda bisa menggunakan pesawat dari Singapura atau Malaysia.

Berbeda lagi jika anda berangkat dari Busan sebab anda dapat menggunakan kapal ferry. Waktu yang harus ditempuh untuk bisa sampai di Pulau Jeju menggunakan kapal sekitar semalaman. Rasanya memang lebih enak jika anda berangkat dari Malaysia atau Singapura agar tidak membutuhkan visa.

Baca Juga: 13 Tips Travelling ke Singapura dengan Biaya yang Terjangkau

3. Gunakan Bus daripada menggunakan taksi

Jika baru pertama kali datang ke Pulau Jeju maka banyak hal yang harus dicari tahu dulu agar liburan anda tidak dirugikan. Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah gunakan Bus daripada menggunakan taksi.

Jika anda naik taksi dari bandara menuju ke lokasi penginapan yang dekat dengan lokasi liburan maka bandrolan harga taksi bisa sampai 200 ribu rupiah. Tetapi jika anda bisa menggunakan kartu Bus mungkin hanya dibandrol sekitar 3000 won.

Untuk lebih amannya lagi anda bisa mengisi kartu Bus anda sebanyak 5000-9000 won untuk mengelilingi pulau Jeju. Tapi ingat.. ketika Anda memilih naik bus pastikan tidak membawa koper yang terlalu besar.

4. Pilih penginapan yang strategis atau murah

Di pulau Jeju banyak tempat penginapan yang disediakan untuk para wisatawan. Mulai dari penginapan yang murah, berkualitas, atau penginapan yang dekat dengan semua lokasi yang indah. Jika memang anda ingin memilih penginapan yang murah saja maka bisa mencarinya di sekitar bandara, tetapi dari tempat tersebut anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkau beberapa lokasi berlibur.

Jika ingin lebih dekat dengan beberapa tempat wisata maka anda bisa coba cari tempat penginapan di dekat Jeju Intercity Bus Terminal. Namun untuk penginapan yang murah maka bisa mencari di daerah Aewol, harganya sekitar 150 ribu rupiah sampai dengan 3 jutaan sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

5. Selalu sedia kertas dan pena.

Berlibur di tempat asing tidak selalu mengasikkan, beberapa bagian anda akan direpotkan dengan tempat yang belum pernah ditemui, orang-orang yang berbeda bahasanya, dan bingung ke mana tujuan yang harus anda datangi.

Tetapi pepatah mengatakan “malu bertanya sesat dijalan” memang ada benarnya. Jika anda membutuhkan bantuan untuk bertanya maka kertas dan pena yang anda bawa akan sangat bermanfaat.

Warga Korea Selatan tidak terlalu banyak yang bisa bahasa Inggris jadi pastikan anda bertanya dengan menggunakan bahasa Korea yang dituliskan pada kertas. Atau jika terlalu sulit cukup tulis alat yang ingin anda tuju. Setelah mereka memberikan rute lewat gambaran kertas jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

6. Gunakan internet

Hal penting lainnya yang jangan sampai anda lewatkan saat berada di Pulau Jeju adalah internet. Anda bisa mencari lokasi penginapan di ponsel anda. Untuk jaringan internet bisa anda dapatkan secara gratis ketika ada di terminal, bandara, dan juga penginapan.

Jika memang anda membutuhkannya di perjalanan maka bisa membeli voucher seharga 3000 won paling murah di minimarket. Tidak perlu membeli kartu sebab harganya mahal dan tidak terlalu di butuhkan. Sesampainya di penginapan anda juga akan terhubung dengan internet wifi gratis.

7. List tempat yang diinginkan untuk didatangi

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan saat liburan di Pulau Jeju adalah membuat list tentang tempat yang ingin anda datangi. Ada banyak tempat berlibur yang bisa didatangi di Pulau Jeju mulai dari laut, pegunungan, museum, dan tempat liburan yang menyenangkan lainnya.

Agar anda tidak merasa bingung maka pastikan membuat daftarnya dengan melihat rute peta di Pulau Jeju, pastikan mengunjungi lokasi dengan arah yang tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya. Jangan sampai mengambil rute yang memutar, selain menghabiskan waktu anda tentunya juga menghabiskan dana untuk perjalanan bolak-balik.

8. Pelajari peta Jeju travelling

Sebelum berlibur ke pulau jeju, anda harus tahu dulu tentang peta Pulau Jeju. Untuk itu sangat penting mempelajari peta Pulau Jeju. Mulailah mencari lokasi wisata yang dekat tempat tinggal anda. Peta Pulau Jeju ini penting untuk dibawa setiap anda akan keluar menuju lokasi berlibur.

Jika anda tersesat maka peta Pulau Jeju tersebut akan mempermudah Anda untuk menemukan jalan kembali. Mulai petakan dengan baik lokasi liburan mana yang akan anda kunjungi agar tidak bingung sesampainya di lokasi.

9. Pastikan menikmati makanan khas Pulau Jeju

Berlibur ke Pulau Jeju mungkin jadi kesempatan yang berharga untuk anda, maka dari itu anda harus membuat liburan anda terasa lengkap. Salah satunya adalah dengan mencoba membeli makanan khas Pulau Jeju yang belum pernah anda rasakan sebelumnya.

Pulau Jeju terkenal dengan makanan seafood yang diolah begitu lezat. Tidak sulit untuk mendapatkan makanan khas Jeju tersebut sebab banyak pedagang di pinggir jalan yang berjualan makanan ini khususnya di malam hari.

Selain seafood yang diolah dengan berbagai macam, ternyata ada jeruk khas Jeju yang sudah cukup terkenal dan tentu saja memiliki rasa yang cukup lezat. Anda bisa dengan mudah menemukan jeruk Jeju di beberapa penjual buah di sekitar penginapan atau pasar tradisional Pulau Jeju.

10. Cari oleh-oleh terjangkau

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh dari Pulau Jeju untuk keluarga anda di rumah. Rasanya memang kurang pas kalau liburan ke luar negeri tapi tidak membeli buah tangan. Nah anda bisa cari oleh-oleh yang terjangkau di Dongmun Market. Di tempat tersebut banyak sekali souvenir khas Pulau Jeju yang pas dijadikan oleh-oleh.

Itulah beberapa tips liburan di Pulau Jeju Korea Selatan. Selain mengupayakan liburan yang menyenangkan jangan lupa untuk membuat liburan anda tetap aman. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here