in

11 Tips Jualan di Marketplace yang Dijamin Laku Keras

Jualan di Marketplace

Di jaman sekarang ini, istilah berdagang secara online sudah bukan hal yang tabuh dan jarang dilakukan. Bahkan saat ini sudah banyak marketplace atau situs jual beli online yang menjamur, baik berupa aplikasi, website, maupun di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Masing-masing memiliki karakteristik dan pelayanan yang berbeda-beda walaupun intinya sama.

Tidak bisa dipungkiri bahwa marketplace banyak berkontribusi dalam perdagangan jual beli saat ini. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat, baik bagi penjual maupun pembelinya, keduanya sama-sama mendapat kemudahan. Dan tentunya ini akan memberikan pendapatan yang banyak untuk para penjual.

Selain mudah dan aman, transaksi online menggunakan marketplace juga gratis. Penjual hanya tinggal menjajakan barang dagangan menggunakan gambar atau video beserta deskripsinya. Setelah itu produk penjual akan menjangkau seluruh Indonesia, bahkan dunia. Akan tetapi, Anda butuh strategi yang tepat ketika berjualan di marketplace atau toko online. Berikut adalah tips jualan di marketplace agar laku keras:

1. Buat Nama Toko yang Menarik dan Mudah Diingat

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak sekali toko online yang menjual produk sejenis bahkan sama dengan toko online Anda. Untuk mencuri perhatian customer, Anda harus menggunakan nama toko yang menarik dan mudah di ingat. Tentunya nama toko yang Anda gunakan harus sesuai dengan produk yang Anda jual.

Karena nama toko yang menarik dan memiliki keunikan akan lebih mudah menempel di ingatan customer. Apalagi kalo nama toko Anda berhubungan langsung dengan produk-produk yang Anda jual.

Misalnya, Anda menjual berbagai produk kecantikan, maka gunakan saja nama toko yang ada kaitannya dengan kecantikan, bisa mengguakan beauty, clean, dan lain-lain, begitu juga dengan produk lainnya.

2. Gunakan Foto Profil dengan Logo

Foto profil toko online akan menjadi daya tarik kedua setelah orang-orang melihat nama toko Anda. Kebanyakan dari mereka tertarik dengan logo. Jadi, usahakanlah mendesain logo semenarik mungkin dan harus original, jangan sampai menjiplak.

Bagaimanapun, karya itu mahal. Jadi Anda harus mendesain sendiri atau menggunakan jasa desainer untuk membuat logo.

3. Gunakan Ekspedisi yang Variatif

Semakin banyak ekspedisi yang Anda gunakan, maka semakin banyak pula customer yang tertarik dengan toko online Anda. Karena Ekspedisi ini cukup mempengaruhi keputusan para customer dalam memilih toko online ataupun ecommerce. Terkadang setiap customer punya ekspedisi favorit yang berbeda-beda.

Ada yang mempertimbangkan harga, ada yang mempertimbangkan kecepatan, ada pula yang mempertimbangkan pelayanan. Setiap jasa ekspedisi memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Jadi tidak ada salahnya, jika memungkinkan, Anda pilih semua jasa ekspedisi yang tersedia di sekitar lokasi Anda.

4. Gunakan Gambar Produk yang Real

Gambar asli atau lebih sering dikenal dengan kata realpict sangat mempengaruhi keputusan pembeli. Ada banyak pelanggan yang mempertimbangkan kualitas produk sesuai dengan gambarnya.

Di dunia jual beli online, gambar menjadi daya pikat utama dalam menunjukkan produk seperti apa yang Anda jual. Jadi, usahakan Anda memajang gambar produk serapih dan semenarik mungkin.

Akan tetapi, seperti apapun keadaan produk yang Anda jual, alangkah baiknya Anda memajang gambar asli pada toko Anda. Artinya gambar yang Anda pajang merupakan hasil jepretan sendiri, bukan asal comot dari google atau dari gambar toko lain.

5. Deskripsikan Produk dengan Detail

Selain gambar, deskripsi produk juga merupakan salah satu penentu utama bagi customer untuk memutuskan akan membeli atau tidak. Para customer biasanya akan malas ketika menemukan produk yang tidak ada deskripsi. Karena bagaimanapun, deskripsi merupakan cara menggambarkan produk dengan sekalian promosi.

Oleh karena itu, Anda harus mendeskripsikan produk Anda secara jelas. Jelaskan tentang bahan, variasi warna, ukuran, jumlah stok tersisa, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, para customer akan tertarik melalui deskripsi Anda. Selain menarik perhatian, deskripsi yang jelas juga akan membantu menghindarkan Anda dari banyaknya pertanyaan.

6. Pasang Harga yang Bersaing

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak toko yang menjual jenis produk serupa, bahkan untuk satu jenis brand produk saja, bisa ada ratusan toko yang menjualnya. Nah, salah satu cara bersaing dengan kompetitor lainnya adalah Anda harus pandai memainkan harga produk yang Anda jual.

Sebelum Anda menentukan harga, ada baiknya Anda melakukan survei harga terlebih dahulu. Kemudian, pasang harga yang lebih murah dari pasaran biasanya.

Tidak terlalu jauh dalam menurunkan harga tidak masalah, yang penting harga yang Anda tawarkan nampak lebih murah walaupun tidak seberapa.

Misalnya produk Anda harga dipasarannya 100 ribu, Anda bisa memainkan harganya menjadi 99 ribu. Psikologi pembeli biasanya akan menganggap harga 99 ribu jauh lebih murah dibandingkan 100 ribu. Padahal sebenarnya cuma beda seribu rupiah saja.

7. Promosikan Toko online Anda

Cara terpenting agar bisa membuat toko online anda berkembang dengan cepat adalah dengan mempromosikan toko Anda. Promosi adalah cara untuk memperkenalkan produk Anda kepada konsumen. Dan biasanya cara promosi yang baik bisa menggandakan permintaan pembeli yang sangat banyak.

Lalu gimana cara promosi? Jika anda menggunakan situs jual beli online seperti ecommerce dan marketplace, biasanya situs-situs tersebut menyediakan space untuk Anda beriklan di platformnya. Biasanya ini akan meningkatkan keberadaan dan keterlihatan pencarian produk Anda di Marketplace tersebut.

Namun jika anda menggunakan media sosial, anda bisa beriklan di media sosial, iklan di media sosial punya banyak keuntungannya. Salah satunya Anda bisa menargetkan kepada siapa yang bisa melihat iklan produk anda. Misalnya Anda menjual produk pakaian, maka anda bisa menargetkan pengguna media sosial yang menyukai pakaian.

8. Usahakan Selalu Fast Respon

Biasanya, ada beberapa pembeli yang bertanya terlebih dahulu melalui chat tentang produk yang ingin dibeli. Misalnya tentang ukuran, warna, stok maupun lain-lain yang berkaitan dengan produk.

Nah, usahakan Anda selalu memberikan respon yang cepat bagi mereka agar mereka tidak kelamaan menunggu balasan. Jangan terlalu lama memberikan respon, karena menurut penilitian, respon penjual online yang lama membalas pertanyaan pembelinya, sangat besar akan ditinggal pembelinya.

Nah, agar Anda dapat memberikan respon yang cepat, sebaiknya Anda tentukan jam kerja atau jam buka toko Anda.

Misalnya, Anda membuka toko dari pukul 07.30 sampai 16.30, jadi Anda harus standby pada jam tersebut untuk melayani pembeli. Pada jam buka tersebut, Anda selalu siap merespon chat dari customer.

9. Tanggap dalam Menerima Pesanan

Salah satu tantangan besar yang seringkali dihadapi oleh para penjual di marketplace biasanya malas untuk segera menanggapi pesanan dari pembeli. Padahal, respon yang cepat dalam menanggapi pesanan merupakan nilai plus untuk meningkatkan kredibelitas toko Anda.

Jangan meremehkan pesanan pembeli, karena jika respon Anda lama dalam menerima atau mengirim pesanan, customer Anda akan memberikan review negatif.

Jadi, usahakan Anda menerima pesanan di tanggal yang sama dengan pesanan dibuat bahkan dikirim. Bila perlu aktifkan notifikasi agar Anda tidak ketinggalan informasi kalo ada yang membeli.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online

10. Packing Barang Pesanan dengan Segera

Packing barang merupakan salah satu tantangan terberat yang harus dilalui oleh para penjual di marketplace. Seringkali mereka menunda-nunda untuk packing barang ketika menerima pesanan dari pembeli. Padahal, dengan pengemasan yang cepat, toko Anda akan direkomendasikan oleh pembeli kepada calon pembeli lainnya.

Nah, jika ingin produk Anda laku keras, maka jangan pernah menunda-nunda untuk segera mengemas barang. Karena waktu pengemasan atau packing yang lama akan mengurangi reputasi toko Anda. Jadi, bangun reputasi toko Anda di marketplace sebaik mungkin agar banyak pembeli berdatangan.

11. Layani Customer dengan Ramah

Melayani customer memang susah-susah gampang. Beruntung jika Anda dihadapkan dengan customer yang pengertian, selalu membaca deskripsi sebelum membeli.

Nah, kadang ada pembeli yang tidak membaca deskripsi produk sebelum membeli, sehingga produk yang dia beli tidak sesuai dengan yang diharapkannya.

Karena hal kecil itu, mereka terkadang memberikan ulasan yang negatif tentang toko Anda. Padahal bukan Anda yang salah, pembeli yang tidak teliti dengan yang ia pesan. Tapi itulah salah satu resiko jual beli online.

Nah, untuk menghadapi pembeli seperti ini, Anda harus ramah. Jelaskan saja dimana letak kesalahan pembeli dengan cara yang ramah. Begitupun dalam membalas chat atau melayani berbagai pertanyaan pembeli, Anda harus sabar dan ramah.

Membangun toko di marketplace memang sangat mudah, namun tidak dengan membangun reputasinya. Karena reputasi merupakan kunci utama kesuksesan sebuah bisnis. Semakin baik reputasi, biasanya akan semakin ramai pembeli. Karena reputasi yang baik mencerminkan produk yang baik.

Jadi, itulah beberapa tips jualan di marketplace yang dapat Anda lakukan agar jualan Anda laku keras. Semoga Bermanfaat.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *