in

7 Alasan Kenapa Kita Harus Selalu Bersyukur Dalam Kondisi Apapun

Apakah Kamu punya sifat yang mudah berputus asa, mudah jatuh dan susah untuk bangkit kembali, atau kamu merasa memiliki banyak kelemahan dan kekurangan? Jika ternyata iya. apakah kalian sudah bersyukur hari ini? Kenapa? Apa manfaat bersyukur itu? Berikut adalah Alasan kenapa kita harus tetap bersyukur. Simak Penjelasanya

Bersyukur adalah suatu bentuk ketaqwaan dan keimanan seseorang atas pemberian Tuhan dengan menerima apa yang telah diberikanNya secara ikhlas. Memang bersyukur itu tidaklah mudah. Apalagi terkadang kita lupa untuk bersyukur, baik itu dalam keadaan susah, senang, bahagia, lapang, sedih dan lainnya sebagainya. Ini mungkin karena kita selalu sibuk dengan urusan dunia dan cenderung membanding-bandingkan diri sendiri sama orang lain.

Apapun kondisi kita saat ini. dengan bersyukur membuat hati kita menjadi tenang dan tentram. Sungguh banyak sekali karunia dan nikmat yang saat ini kita rasakan. Mulai dari bernafas. kesehatan, makanan, harta, dan lain sebagainya. Pertanyaannya, darimana karunia tersebut berasal? dari Tuhan semesta alam.

Kadang ada pertanyaan yang mengelitik. “Saat mendapatkan cobaan yang dirasa amat berat, apakah kita masih harus bersyukur?” Jawabannya iya. Kenapa?

Cobalah ambil sisi positifnya, percayalah cobaan yang saat ini kita rasakan itu menandakan Allah SWT sedang mengingat kita dan ingin menguji keimanan kita. Bukan berarti Allah SWT tidak menyayangi kita. justru sebaliknya. Dia sangat perhatian dengan kita.

Jika kita mampu melewati ujian tersebut, itu tandanya derajat kita akan ditinggikan. Seharusnya kita bersyukur, karena dari sekian banyak manusia di muka bumi ini, Allah SWT masih mengingatmu. Kamu adalah manusia pilihanNya, jadi jangan pernah mengecewakanNya dengan cara berputus asa.

Nah berikut adalah alasan kenapa kita harus selalu bersyukur dalam kondisi apapun.

7 ALASAN HARUS BERSYUKUR

1. Nikmat Allah yang Tak Terhingga

Mengapa semua manusia diharuskan untuk selalu bersyukur? Alasan yang paling utama adalah karena nikmat Allah tidak pernah terhitung jumlahnya dan tak pernah putus masanya.

Nikmat yang diberikan Allah bukan hanya dalam bentuk materi seperti uang dan kekayaan yang melimpah saja, tapi semua yang kita miliki dan rasakan saat ini juga termasuk nikmat dari Allah SWT.

Misalkan air. Coba bayangkan kalau bumi ini tidak ada air sama sekali, apakah kita masih akan bisa hidup? Coba bayangkan kalau bernafas saja kita harus bayar dan tidak gratis, apakah kita mampu membayarnya? Saya rasa, sekaya apapun orangnya, dia tidak akan mampu membayarnya.

Sama seperti firman Allah SWT, di Al-Quran, surat Ar-Rahman, yang artinya, “Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan?

Baca Juga : Kumpulan Kata Kata untuk ayah tercinta

2. Melihat ke bawah untuk urusan duniawi

Dengan melihat ke bawah, kita akan mengetahui bahwa kita jauh lebih beruntung dibandingkan jutaan manusia di muka bumi ini.

Banyak saudara kita yang tidak dapat makan, tidak memiliki tempat tinggal, menderita penyakit parah, hidup di daerah konflik, atau mengalami musibah bencana alam. Jika dibandingkan dengan mereka, bukankah apa yang ada pada diri kita jauh lebih baik? Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur bukan?

3. Syukuri kenikmatan yang sudah diberikan, 

Jangan hanya berkeluh kesah tentang penderitaan yang baru saja datang. Sebab jika kita bandingkan dengan kenikmatan yang sudah diberikan, sesungguhnya itu jauh lebih besar melebihi penderitaan yang saat ini kita rasakan. Sebab kurangnya bersyukur merupakan cacat yang harus dibersihkan. Karena bisa saja, cobaan datang kepada kita karena kurangnya kita untuk bersyukur.

4. Ada Kelapangan di Balik Rasa Syukur

Pernah merasa sangat sedih? Putus asa karena banyak hal yang kamu impikan tidak berjalan dengan lancar. Saat terpuruk seperti ini, bersyukur adalah cara yang paling dianjurkan dalam Islam. Seperti kekuatan senyum saat kita terluka, bersyukur membuat hati kita lebih lapang dan lebih kuat menjalani hari-hari selanjutnya.

Cobalah selalu mengucap Alhamdulillah untuk mensyukuri apa pun yang masih kamu miliki. Lihatlah masalah dengan kacamata yang positif untuk bisa mendapatkan apa yang bisa kamu syukuri. Resapi dan renungkan, kamu akan merasa ada kelegaan tersendiri bahkan ketika kamu sedang merasa sedih.

5. Janji Allah Tentang Orang-orang Bersyukur

Dengan bersyukur Allah SWT akan senantiasa menambahkan nikmat yang diberikan, namun bila kita mengingkari nikmat yang Allah berikan, maka sesungguhnya azab Allah itu sangat pedih.

“Sesungguhnya barang siapa yang bersyukur, maka akan Kutambah nikmatmu, dan barang siapa yang mengingkarinya, maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.”(Q.S. Ibrahim : 7)

Salah satu cara untuk bersyukur adalah dengan sedekah atau berbagi apa yang sudah kita miliki untuk orang lain yang membutuhkan, seperti bersedekah harta maupun ilmu. Karena sesungguhnya, berbagi tidak akan membuat seseorang kekurangan. Sebaliknya, dengan berbagi, segala nikmat justru akan ditambahkan Allah SWT.

6. Terhindar dari Keserakahan

Alasan lain mengapa kita harus bersyukur adalah karena manusia tak akan pernah berhenti untuk berharap dan berharap. Karena itu, untuk menjaga agar kita tidak menjadi orang yang serakah, bersyukur akan membuat kita lebih menjaga, menyayangi, dan mencintai apa yang sudah kita miliki.

Misalnya, ketika orang-orang di sekeliling kita berlomba-lomba menjadi yang ter-update dengan selalu membeli gadget terbaru, sedangkan kita belum memiliki rezeki untuk ikut-ikutan, apa yang harus kita lakukan?

Daripada bingung mencari cara agar bisa melakukan hal yang sama yang bahkan bisa menimbulkan rasa iri dan dengki, bukankah lebih baik kita mensyukuri apa yang sudah kita miliki saat ini? Selagi gadget kita masih bisa berfungsi dan masih layak digunakan, kenapa memaksakan untuk membeli yang baru? Tujuanmu itu untuk pamer atau apa? Bersyukurlah!

Baca Juga : Kisah Inspiratif Pendiri Facebook

7. Bersyukur Membuat Hidup Bahagia

Kunci hidup bahagia salah satunya adalah dengan bersyukur. Mensyukuri apa yang sudah diberikan Allah akan membuat hidup kita terhindar dari rasa iri, riya, dan sifat-sifat buruk lainnya.

Kita tidak perlu pusing dengan pendapat orang lain, karena yang terpenting adalah kita bisa selalu bersyukur. Kita juga tidak perlu dirundung keputusasaan jika banyak hal yang tidak berjalan sesuai harapan, karena bersyukur membuat kita lapang. Dengan begitu, hidup akan lebih tenang dan juga bahagia.

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *