10 Cara Positif untuk menjadi Lebih Pintar dan Cerdas dari Kamu yang sekarang

0

Jadi pintar dan cerdas. Di jaman yang serba menuntut seperti sekarang ini, kita harus sadar bahwa hidup di dunia ini sedikit rumit dan tidaklah mudah. Kita mau tidak mau harus tampil sebagai orang yang smart untuk menunjang karir ataupun imej yang sedang di bangun. Akan tetapi, pernah tidak kamu merasa bahwa kalah bersaing dengan teman-teman atau rekan kerja kamu, pekerjaan dia sering dipuji sedangkan pekerjaan kamu dianggap biasa-biasa saja. Lalu kenapa ini bisa terjadi ?

Sering kali kita merasa khawatir karena tidak mau dipadang sebelah mata. kita takut bahwa apa yang semua kita lakukan tidak berharga di mata orang lain. Tidak jarang juga kita merasa minder dan tidak percaya diri karena merasa kalah pintar dan cerdas dari seseorang. Namun dengan begitu, merasa iri juga tidaklah ada guna sama sekali, lebih baik kamu pelajari bagaimana cara dan tips mereka bisa jadi pintar dan cerdas ketimbang kamu selalu menyalahkan diri sendiri.

Orang pintar adalah orang yang mempunyai ilmu yang dalam dan memanfaatkan pengetahuan sebagai senjatanya. orang pintar sering mempunyai daya ingat dan IQ yang tinggi karena ketika mereka ditanya, mereka lebih suka menjawab berdasarkan hafalan dan logika ketimbang pengertian.

Sedangkan orang yang cerdas adalah orang yang tidak pintar namun mereka mampu memanfaatkan peluang dari kesempatan sekecil apapun untuk menjadi yang unggul. Pintar dan cerdas memang agak-agak berbeda namun tujuannya sama. Sama-sama ingin menjadi yang terbaik dari yang terbaik. sosok yang jenius untuk menggapai kesuksesan dan keberhasilan.

Lalu seberapa pentingnya menjadi pintar dan cerdas ?. Kita bisa menyimpulkan hal ini sangatlah penting, apalagi kamu yang masih muda. Ada kata kata mutiara ” Yang muda yang kreatif”. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang kreatif, apalagi hampir sebagian besar penduduk indonesia adalah anak muda.

Baca Juga : 30 Kata Kata Mutiara untuk Introspeksi diri agar Berubah Menjadi Lebih Baik

Lalu pertanyaannya sekarang, apakah kamu hanya akan duduk dan mengaku kalah ? tidak kan, Nah mulai dari sekarang bangunlah kepercayaan untuk berkata “Saya Bisa”. ketika orang lain pintar dan cerdas, kenapa kamu yang harus kebagian bodohnya. Sebenarnya tidak ada istilah Bodoh, kita semua pintar. Namun tergantung kemauan yang membedakannya. Untuk itu, berikut 10 Tips untuk menjadi orang yang pintar dan cerdas dari sebelumnya.

Cara Menjadi Pintar dan Cerdas dari sebelumnya

1. Belajarlah 3 kali sehari

Belajarlah 3x sehari, kayak minum obat ya ;D. Ya memang, ketika kamu memikirkan “kenapa harus menum obat 3x dalam sehari ?” Jawabnya adalah untuk memaksimalkan kerja serap obat tersebut di dalam tubuh.

Begitupun dengan belajar, dengan melakukannya 3 kali dalam sehari, hal ini dapat membantu melatih daya ingat dan memaksa otak untuk terus bekerja. Manusia memiliki otak kecil dan otak besar. Otak kecil berguna menyimpan memori ingatan dan otak besar berguna untuk menampung ingatan sementara.

Ketika ingatan itu tidak penting, ingatan tersebut akan dibuang dari otak besar dan tidak masuk ke otak kecil. Nah dengan belajar dan mengulang pelajaran 3 kali dalam sehari. hal ini membuat pelajaran tersebut akan terekam dan masuk ke dalam otak kecil kita.

 

2. Kembangan rasa ingin tahu

Ketika bertanya kenapa orang tahu segalanya ? Jawaban sederhananya adalah karena mereka mencari tahu dahulu sebelumnya. Bohong jika mereka mengatakan tahu karena kebetulan. Jadi jika kamu tidak ada rasa ingin tahu, maka selamanya kamu tidak akan pernah tahu akan sesuatu hal. Jadi intinya, mulailah dari sekarang untuk menumbuhkan rasa ingin tahu agar jangkauanmu lebih tinggi dan semakin luas.

 

3. Berpikir Berbeda

Banyak yang menganggap bahwa berpikir berbeda itu aneh. Bayangkan ketika kamu beda sendirian dari yang lain, pasti mereka menganggap kamu orang yang sangat aneh. Namun, kamu juga harus tahu bahwa berbeda juga seringkali menjadi pusat perhatian, seringkali meledak.

Coba deh kalo kalian melihat sesuatu yang sama berulang kali. Awalnya memang kamu kagum, namun jika berulang kali mungkin kamu akan menganggap hal itu sudah biasa dan tak menarik lagi. Nah begitupun dengan cara berpikir yang harus kita lakukan. belajarlah berpikir berbeda dengan yang lain.

 

4. Banyak-Banyaklah membaca

Ada kata pepatah ” Buku adalah sumber pengetahuan”. mungkin hal itu memang demikian. Dengan membaca buku atau artikel internet, kamu dapat membuka jendela pengetahuan yang lebih luas. Jadilah pembaca yang lahap. dengan begitu kamu tidak akan ketinggalan informasi dari perkembangan dunia.

5. Banyak bersosialisasi

 

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, artinya manusia tidak bisa hidup tanpa adanya orang lain. Jangan pernah membuat tembok pembatas antara kamu dan orang lain. Luaskan koneksi dan jaringan kamu dengan bersosialisasi. Tidak jarang kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan baru dari orang-orang disekitarmu.


6. Lakukan sesuatu yang baru

 
Hal ini adalah lanjutan dari poin yang ketiga. Bahwa jangan pernah melakukan sesuatu yang sudah ada dan jangan pernah sesekali berpikir untuk meniru. Lakukanlah dengan cara dan versi eksperimen kamu sendiri. Jika memang hasilnya tidak baik. Banggalah bahwa itu benar-benar hasil kemampuan yang kamu kembangkan sendiri. setidaknya kamu mendapatkan pengalaman baru.
 

7. Paksalah untuk memecahkan masalah sendiri

 
Hal yang paling ampuh untuk melatih kecerdasan adalah dengan memecahkan masalah kamu sendirian. Jangan pernah langsung meminta bantuan sama orang lain sebelum kamu melakukannya dan mencobanya terlebih dulu. jika memang benar-benar tidak bisa barulah minta bantuan pada orang lain.
 
Seringkali kita merasa kalah sebelum bertempur. Padahal sebenarnya banyak jalan untuk menuju Roma. Bisa jadi ketika kamu berani mencoba menyelasaikan masalah tersebut sendiri, kamu mungkin dapat menemukan jalan tikus untuk keluar yang bisa jadi hanya kamu sendiri yang tahu jalannya nanti.
 

 

8. Menjalin hubungan dengan orang-orang yang cerdas dan pintar.

 
Jalinlah hubungan yang baik dengan orang-orang yang pintar dan cerdas. Namun bukan berarti kamu justru memilih-milih orang. Akan tetapi biasanya ketika kita sering bergaul dengan mereka yang pintar dan cerdas. kita mungkin akan mendapatkan pengalaman mereka yang sangat berharga.
Pelajaran yang berharga itu didapat dari pengalaman, dan pengalaman itu tidak hanya datang dari kamu sendiri, namun bisa juga dari orang lain. Dan lagi menurut penelitian, orang yang sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan ini adalah orang-orang disekitar kita.

9. Mendengarkan, Memperhatikan dan Diam

 
Untuk menambah wawasan kamu semakin luas. ada baiknya kamu harus lebih banyak untuk mendengarkan, lebih sering memperhatikan dan mampu untuk diam. Dengan lebih banyak untuk mendengarkan kamu akan bisa mendapatkan pengatahuan baru yang belum sama sekali kamu mengetahuinya.
Dan dengan lebih sering memperhatikan, kamu akan lebih membuka mata dari kenyataan dan merasakan semua perkembangan yang terjadi. Dan dengan diam, kamu mungkin bisa menolak kebodohan orang lain atau kebodohan kamu sendiri.

10. Luangkan waktu untuk sendiri

 
Kesunyian adalah waktu yang tapat untuk menjernihkan pikiran. kesunyian juga akan membatu kamu untuk tetap tenang dan menjauhkan kamu dari rasa stress. Kadang kita sangat membutuhkan waktu untuk sendiri, hanya untuk Introspeksi diri dengan harapan ingin menjadi lebih baik. Luangkanlah waktu sedikit untuk sendirian. Kamu bisa memikirkan apa yang kamu sukai, tampil tanpa beban karena merasakan kebebasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here