10 Cara Menjadi Orang Yang Berwibawa, Agar dapat Dihormati dan Mempengaruhi

0

Saat kamu lihat orang yang sangat dipandang dalam sebuah lingkungan, kamu mungkin akan bertanya, mengapa dia dipandang oleh orang lain, apakah karena prestasi, harta yang kaya, dia seorang pejabat atau memang dari keluarga yang terpandang ? mungkin lebih dari itu, karena kadang banyak orang yang biasa-biasa saja masih juga disegani oleh orang lain.

Kenapa bisa begitu, ? salah satu alasannya adalah mereka berwibawa, kamu mungkin saat ini sedang kesal dan mengeluh, “kenapa orang lain begitu mudahnya menyepelekan kamu”, lalu pertanyaannya sekarang, apakah kamu memiliki wibawa ? kamu bisa saja mengatakan sudah memiliki wibawa, namun apakah wibawa tersebut dirasakan oleh orang lain. kadang kita tidak bisa menilai diri kita sendiri, orang lainlah yang bisa menilai diri kita ini. kamu merasa berwibawa namun tidak dimata orang lain.

Jika kamu melihat orang-orang yang punya status sosial yang tinggi, dengan pengaruh yang mereka punya, mereka mungkin dapat dengan mudah mempengaruhi seseorang yang dibawahnya hingga komunitas dan organisasi, dengan kekuasaan, uang dan lain sebagainya, namun apakah kamu ingin selamanya diperlakukan seperti itu oleh orang lain ? tidaklah,

Ada juga orang yang biasa-biasa saja namun dia sering dihormati orang banyak, mengapa bisa demikian ? mungkini dia bisa seperti karena kebiasaan-kebiasaan yang ia lakukan setiap harinya, dia sangat tegas dengan wibawa yang dia punya, sudah dikatakan sebelumnya, bahwa untuk dihormati, disegani, dianggap ada dan dipandang hingga dihargai itu tidak semuanya dilihat dari materi dan sebuah kedudukan,

Baca Juga : 30 Kata Kata Diabaikan, Dicuekin, dan dianggap Tidak Ada oleh seseorang

Manusia diciptakan sama, tidak ada yang beda, sama-sama punya tangan, otak, telinga hingga kaki, maka dari itu, kamu cukup berjalan dengan menegakan kepala alias tidak minder dan kecil hati, lagi pula, banyak sekali keuntungan jika kamu berwibawa, kamu bisa terlihat serius dan tegas, lebih menarik dan misterius dimata orang lain dan sebagainya, lalu pertayaannya, bagaimana cara dan tips jadi orang yang berwibawa ? Nah Berikut 10 cara yang bisa kamu contoh.

1. Jangan bercanda berlebihan. 

 

Bercanda memang adalah hal yang baik untuk dilakukan, sekedar mencairkan suasana atau hanya sekedar merefresh pikiran guyonan dan ketawa-ketawa kecil, namun jika bercandanya berlebihan juga dirasa tidaklah bagus, kenapa ? yaa jika kondisinya lagi serius namun kamu masih juga bercanda, bagaimana penilaian orang lain terhadap kamu coba,

Maka untuk bercanda, kamu juga harus tahu tempat dan kondisi sekitar terlebih dahulu, jika memang suasana lagi ceria dan lagi nggak serius, yaa, kamu boleh saja bercanda pun sebaliknya, jangan sampai niatnya ingin menghibur kamu justru dinilai orang yang konyol yang nggak bisa serius.

2. Jangan rakus.

 

Semua yang berlebihan itu tidaklah baik, bisa jadi salah satu tujuan kamu adalah ingin membuat orang kagum dengan melakukan semua hal termasuk hal yang tidak penting sekalipun, itu namanya kamu sangat rakus, tak ada salahnya jika kamu memiliki ambisi yang besar, namun jika kamu tak memperhatikan apa yang sedang kamu kerjakan kadang hasilnya akan terlihat sia-sia. dan lagi orang yang terlalu banyak menginginkan dan mengerjakan hal-hal tak penting, bisa saja akan kelihatan sepele di mata orang lain. Sehingga, kehilangan kewibawaan.

3. Selalu jujur, jangan suka bohong.

 
 

Salah satu kebiasaan yang akan menghancurkan seseorang adalah suka berbohong dan berdusta, jika kata “suka berbohong” sudah melekat pada kamu dipikiran orang, bagaimana bisa kamu dipercayai seseorang, dan bila kamu sudah tidak dipercayai seseorang, bagaimana juga kamu bisa dihormati ? nah untuk itu mulai dari sekarang belajarlah untuk selalu jujur agar wibawa kamu tidak sesekali luntur karena suka berbohong.

4. Jangan hanya banyak bicara, namun kecil tindakan.

 

Kadang orang yang paling banyak berbicara itu adalah orang yang paling bodoh, dia menutupi kebodohannya dengan cara menjadi orang yang sok tahu, namun dengan begitu masih saja kelihatan bodohnya, dari pada seperti itu, lebih baik kamu diam tapi biarkan tindakan kamu yang berbicara, maka kewibawaan kamu akan meningkat seiring dengan taunya mereka tentang tindakan yang sudah kamu lakukan. lebih elegan bukan.

5. Kalau ingin membuktikan sebuah kesalahan, jangan asal-asalan.

 

Ini yang paling berbahaya, namanya juga manusia, pasti ada rasa iri dengan pencapaian orang lain, bila sudah begitu, kamu mungkin akan menghalalkan segala cara untuk bisa setara dengannya, yaa, ketika dirasa sudah kehabisan akal, terpaksa dehh ngeluarin jurus pamungkas yaitu “mencari kesalahan-kesalahan dia, dan tidak jarang kesalahan tersebut adalah fitnah,

Tapi hati-hati, jika fitnah kamu tidak terbukti dan hanya asal-asalan kamu, kamu akan mendapatkan rasa malu yang amat dalam lohhh ;D. ibarat senjata makan tuan, maka dari itu, jangan sesekali kamu melakukan hal yang tidak baik karena kemakan ambisi dan tujuan yang tinggi,

6. Berani mengapresiasi jika ada orang yang berprestasi.

 

Mengakui keberadaan seseorang apalagi saat mereka berprestasi bukan berarti kamu tidak berharga atau kalah darinya, namun disinilah kamu dapat belajar mengenai kenyataan bahwa kamu harus lebih giat lagi untuk belajar. dan hasilnya wibawa kamu akan meningkat seiring bertambah dewasa dirimu

7. Sabar, jangan mudah tunjukan rasa marah atau sedih.

 
Ketika kamu sedang kesal, marah, ataupun galau, kadang kamu luapkan di media sosial yang kamu miliki, dan tidak jarang dengan bahasa yang kurang etis dan kasar, namun sadar atau tidak, jika kamu melakukan hal tersebut, bisa jadi wibawa kamu akan berkurang seirang banyaknya orang yang menilai kamu dengan melihat luapan emosi kamu di sosial media. Maka dari itu, mulai dari sekarang berhenti melakukan hal-hal yang konyol, karena wibawa kamu lebih berharga untuk kamu jaga.

8. Berempati dan bisa mengerti.

 

Menjadi orang yang berwibawa bukan berarti kamu buat orang jadi takut dan gemetar, memang salah satu ciri orang yang berwibawa itu bersifat tegas, namun jangan sampai kata tegas jadi alasan kamu untuk mengekang seseorang, jadilah tegas namun masih bersifat friendly. dapat mengerti, memahami dan berempati supaya orang lain bisa nyaman dengan sikap tegas yang kamu miliki.

9. Berpikir sebelum bertindak. Karena setiap tindakan itu harus bisa dipertanggungjawabkan.

 
Salah satu sifat manusia itu adalah ceroboh, ceroboh dalam berbicara dan bertindak, hal ini tidak jarang menjadi alasan kenapa seseorang melakukan banyak kesalahan, untuk menghindar dari hal tersebut. caranya adalah sebelum kamu bertindak, coba pikirkan terlebih dahulu, apakah akan berdampak baik atau buruk, dampak jangka panjang atau jangka pendek. dengan begitu, kamu mungkin sudah menyiapkan strategi untuk mempertanggung jawabkan dampak tersebut, dengan senantiasa siap bertanggungjawab seperti itu, maka kita akan menjadi berwibawa.

 

10. Jangan pernah berantakan dan bau, sebaiknya senantiasa rapi dan wangi.

 
Kadang kita menganggap sepele hal yang terakhir ini, tapi jika kamu menyadari hal tersebut, kamu akan sadar bahwa salah satu penilaian pertama seseorang terhadap kamu adalah masalah penampilan, bukan berarti kamu juga bisa menilai seseorang dari penampilan pula, tapi kita juga harus berpikir realistis saja, biasakanlah berpenampilan menarik, tidak perlu mewah asalkan rapi dan wangi saja sudah cukup menambah wibawa kamu dimata orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here