10 Penyebab Kamu Tiba-Tiba Down, Hilang Motivasi dan Semangat

0
Tired woman in the office


Jika kamu sering merasa tiba-tiba down, hilang motivasi dan nggak semangat untuk ngapa-ngapain, yaa, itu hal yang lumrah yaa, semua orang pasti pernah mengalaminya serupa, tidak jarang kamu sudah membuat list daftar aktivitas yang akan kamu kerjain, dan merasa akan bersemangat untuk menyelesaikannya, ehh tiba-tiba saat hendak mengerjakan hal tersebut, gairah kamu mendadak hilang, sehingga semua pekerjaanmu tak kunjung selesai dan beres, malahan akan menumpuk pekerjaan yang baru.

Emang agak kesal yaa, jika kita ada di posisi tersebut, bingung mau ngapain padahal daftar aktivitasnya sudah kita tulis, malahan kita hanya membuang-buang waktu, ngemil di kamar atau tidur-tiduran seharian, apa yang kita lihat dan ingin lakukan kadang kita bilang, “males ah, lemes, nanti aja, besok kan ada” 😀

Lalu apa sih penyebabnya ? Bagaimana cara dan tips menghilangkan perasaan mendadak down, hilang semangat dan motivasi ? jawabannya kembali lagi kepada diri kita sendiri, kamu sendiri yang bisa menentukannya, jangan pernah bertanya tentang dirimu kepada orang lain jika kamu sendiri tidak tahu jawabannya, karena itu mungkin akan membuat kamu jatuh lebih dalam, dan jika kamu yakin bisa, janganlah sesekali berprasangka buruk, lebih baik kamu simak penjelasan kenapa kamu sering tiba-tiba down dan hilang semangat berikut ini yang mungkin bisa mengatasinya.

1. Anda Cuma Ngelihat Sisi Buruk Dari Segala Sudut


Biasanya, orang yang punya motivasi besar, akan melihat semua sisi baik dari semua kejadian, mereka tidak pernah berpikiran negatif yang jelas-jelas tidak ada manfaatnya sama sekali, 

Misalkan, kamu gagal dalam sebuah keinginan, atau kompetitirmu semakin kuat dan kamu merasa tak sanggup menyainginya, percaya atau tidak, jika kamu berpikir positif, kamu akan menganggap itu semua sebagai pelecut semangat agar lebih giat berusaha dan memperbaiki diri supaya dikemudian hari kamu bisa mendapatkan semua keinginan dan harapanmu.

Baca Juga : 6 Alasan Positif Untuk tetap Bersyukur Meski Mengalami Kegagalan

Intinya, cobalah melihat sisi baik dalam sebuah kejadian, jangan menyalahkan dirimu sendiri walaupun kenyataannya kejadian tersebut amat tidak mengenakan, namun kita harus percaya akan ada sesuatu yang baik.

2. Anda Lupa Dengan Hasil yang Akan Anda Dapat

 

Kadang seseorang ingin bekerja seharian kenyataanya malah bermalas-malasan, mereka lupa tanggung jawab yang mereka pinggul, tidak jarang juga mereka menganggap apa yang akan dilakukan tidak ada gunanya dan membuang-buang waktu saja, karena bisa jadi, jika yang kamu lakukan adalah sesuatu yang baik, ada banyak orang yang akan membutuhkan jasa yang kamu tawarkan.

3. Anda Menentukan Tujuan yang Nggak Realistis


Kadang ada yang mengatakan, menentukan target yang tinggi-tinggi itu bagus karena akan memicu motivasi. Namun, ternyata ada riset yang menunjukkan bahwa target yang tinggi-tinggi malah membuat orang mejadi stress, hingga kadang malah jadi pesismis dan enggak bergerak.

Jadi, milikilah tujuan maupun target yang sesuai dengan kapasitas kamu. Karena tidak mungkin kamu tak kunjung melakukan sesuatu yang padahal jelas-jelas kemarin kamu sudah berhasil melakukannya, dan sekarang pun kamu masih bisa melakukannya.

Sekiranya memang beban kamu besar, pecahlah menjadi kecil-kecil. Kita memang tidak bisa memakan sapi dalam satu kali makan, apalagi satu kali gigit, tapi kita bisa memotongnya menjadi kecil-kecil, dan kita bisa makan daging sapinya pada perlahan-lahan, waktu demi waktu. Serta kita pun bisa minta bantuan orang lain untuk ikut bareng menghabiskan daging sapi tersebut.

 

4. Anda Kebablasan Main-Main

 
Semua orang juga pasti ingin bersantai-santai, menikmati hidup dengan bermales-malesan, tidur-tiduran, bermain game untuk menghilangkan beban sejenak, yaa, itu adalah sesuatu yang sangat di anjurkan. akan tetapi jangan sampai hal tersebut menjadi kebiasaan, karena kadang sesuatu akan menjadi kebiasaan jika sudah nyaman melakukannya, enak kalo sesuatu itu hal yang produktif, bagaimana jika sebaliknya ? jadi intinya, jangan terlena dalam zona yang nyaman, ketika kamu berhenti di zona nyaman, kamu juga berhenti untuk memperbaiki diri.

 

5. Anda Belum Membiasakannya

 

Dalam hidup ini, kita harus pintar-pintar untuk membiasakan diri, pekerjaan, tempat, status dan sebagainya, bisa jadi apa yang kamu rasakan seperti mendadak down, hilang semangat dan motivasi dikarenakan kamu belum terbiasa dengan kondisi saat ini, jika memang demikian, mungkin hanya masalah waktu yang akan menjawabnya.

6. Anda Tidak Menangkap Peluang

 

Kamu bisa lihat.. ada orang-orang yang miskin motivasi, hobi banget ngomong, “Nggak mungkin..” tanpa bisa membuktikan, kenapa nggak mungkin? dan over motivasi bergerak hanya bermodalkan semangat tanpa kesadaran, tanpa perhitungan, hingga akhirnya menerobos segala hal. yang ujung-ujungnya jika mengalami kegagalan akan terjun dan jatuh bebas (over down), dan malah akan menjadi trauma karena tidak berhasil-berhasil terus.

Baca Juga : 7. Anda Tidak Bijak Menyikapi Waktu

 
 

Jangan sesekali kamu dikendalikan oleh waktu, karena itu akan buat kamu menjadi tertekan dan ujung-ujungnya akan buat putus asa, kendalikan waktumu secara baik dengan menghargai waktu sebaik mungkin, ingat waktu itu tidak akan pernah kembali, jangan sia-siakan waktumu denga hal-hal yang tidak pentiing, jika tidak ingin menyesal di kemudia hari.

8. Anda Merasa Diri Anda Nggak Berbakat

 

Sudah dikatakan sebelumnya, bahwa minset baik atau buruk itu terjadi karena kamu membiarkan pikiran negatif terus menggerogoti semangat yang kamu miliki. kamu terus-terusan berkata “tidak bisa, tidak mungkin dan tidak berbakat” dan sebagainya, apakah kamu lupa, tuhan menciptakan kita semua ini sama, sama-sama makan dan sama-sama tidur, jika orang lain bisa kenapa kamu tidak bisa, kamu bisa melakukannya lebih baik ketimbang orang tersebut, lakukanlah.

9. Anda Terlalu Sering Menggunakan Perasaan

 

Jangan sesekali mencampurkan perasaan dengan semangat yang kamu miliki, misalkan “perasaan aku tidak bisa dehh, perasaan aku kemarin bisa, perasaan tidak mungkin dehh” dan sebagainya. kamu terus menyalahkan perasaan sebagai pelarian dan alasan terakhirmu. 

Maka tidak heran jika kamu terus melakukan hal tersebut, kamu mungkin akan susuh move on dan terus-terusan baper ;D

10. Anda Kurang Bertaqwa Kepada Allah

 
Jika kamu mendadak down, hilang motivasi dan lenyapnya semangat hidup, kamu bisa mendekatkan diri kepadanya, dan percayalah rasa cemas yang kamu rasakan akan hilang begitu saja. perbanyaklah bersykur dengan mengucapkan “Alhamdullillah.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here