Inilah, 12 Cara Menjadi Sahabat dan Teman Yang Baik

0

Ada kata kata indah yang berbunyi, “Setiap orang pasti punya teman, namun tidak semua orang punya sahabat”, ketika kamu memiliki kenalan, hal yang pertama paling kamu cari tahu ialah apakah dia seorang yang baik atau tidak, apalagi jika orang itu baru kita kenal,

Bicara tentang teman dan sahabat, dua kata kata ini mempunyai makna yang sama namun agak berbeda, jika teman itu adalah orang yang hanya sekedar kenal saja, dan sahabat adalah orang yang paling akrab dan yang paling kenal dengan kita, jika kamu ditanya, seperti apa teman dan sahabat idaman itu ? bisa dipastikan jawabannya adalah orang yang baik, sopan, dapat saling membantu, pengertian, dan harus selalu ada setiap saat.

Lalu, apakah hanya kamu saja yang ingin punya sahabat yang baik seperti itu ? tentu tidak, karena bisa jadi kawan kamu juga ingin memiliki teman dan sahabat yang baik, yaa jika memang begitu, kawan yang baik bagi sahabat kamu tidak lain tidak bukan yaa kamu sendiri, jika kamu mengharapkan punya kawan yang baik, kamu semsetinya harus baik juga kepadanya. seperti timpal balik begitu, jangan sampai dikatakan mau enaknya sendiri dan dicap sebagai orang yang egois,

Memang, kita sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup tanpa orang lain, kamu bisa saja bilang tidak butuh orang lain sekarang, namun apakah kamu sanggup berkata seperti itu selamanya, tidak jauh-jauh perumpamaannya, jika kamu sedang bosen di rumah, mungkin teman jadi salah satu tempat pelarian untuk kamu menghilangkan rasa jenuh tersebut.

Memiliki sahabat atau inggrisnya best friend itu sungguh sangat memberikan kesenangan, tidak hanya kesepian yang hilang, kamu juga bisa sharing pengalaman atau mungkin sekedar jadi teman bercanda untuk menghabiskan waktu yang membosankan. namun dengan begitu, dalam sebuah pertemanan, juga harus ada garis etika agar cerita yang telah diukir tidak rusak dan pecah yang ujung-ujungnya bermusuhan dan tak lagi saliig sapa menyapa, karena kadang, musuh yang paling dekat adalah orang yang paling dekat dengan kita saat.

Baca Juga : 25 Kata Kata untuk Orang yang Egois dan tidak Mau Mengalah

Yaa, namanya juga persabahatan, pasti ada yang namanya konflik, yang biasanya terjadi karena hal sepele seperti berbeda pendapat atau berbeda pandangan, berkhianat dan lain sebagainya, namun dengan begitu bukan berarti dia adalah teman yang buruk untuk kamu, karena mubngkin ada alasan tepat untuk dia, begitupun sebaliknya, nah untuk menghindari ini, kamu akan bertanya-tanya, bagaimana sih cara dan tips menjadi sahabat dan teman yang baik ? berikut 12 caranya agar kamu bisa introspeksi diri.

 

1. Suka ketemuan dengan niatan silaturahmi semata, bukan kalau hanya ada kepentingan saja

 
Salah satu ciri-ciri sahabat yang baik adalah tidak keberatan bertemu cuma sekedar menghabiskan hari bersama-sama, bukan alasan ingin bertemu hanya ada kepentingan dan lagi ada maunya saja, jangan tersinggung deh, karena banyak sekali tuhh di jaman sekarang yang begitu, “dekat karena ada maunya, hilang ketika jaya”. Oppss

 

2. Kalau hendak menasehati, berusaha mengatur kata-katanya agar tepat namun tak menyakitkan hati

 

Kadang perkataan itu adalah harimau yang menerkam, jagalah perkataan kamu walaupun itu bertujuan memperbaiki, tidak hanya sama orang lain, bahkan orang terdekat seperti sahabat kamu pun bisa tersinggung jika kamu tidak menjaga kata-kata, dan walaupun kata kata tersebut berbentuk nasehat, tapi perkataannya menjerumus ke kasar atau menusuk hati ya itu sama saja. maka dari itu belajarlah memikirkannya terlebih dahulu sebelum berkata-kata.

3. Senantiasa memberi apresiasi

 

Siapa sih yang nggak mau dipuji, apalagi pujian itu datang dari orang terdekat kita, bahagia banget pasti rasanya, bukan hanya kamu saja yang senang bila dipuji, sahabatmu juga pasti akan senang bila mendapat pujian dari kamu, berikanlah sebuah apresiasi jika dia berbuat baik, karena bisa jadi kamu adalah orang yang paling dia harapkan untuk mendengar tepuk tanganmu walau hanya sekali tepuk yang sangat pelan.

 

4. Suka memberi, meski kadang hanya basa-basi

 
Semua orang pasti akan senang jika diberikan hadiah, tidak hanya yang menerima saja, namun pihak pemberi akan merasakan senang juga, bagaimana tidak, apa yang kamu beri walaupun hanya sekedar sepotong roti akan membuat kamu merasa berharga dan si sahabat kamu juga akan merasa sangat diperhatikan

 

5. Jangan mengungkit-ungkit pemberian

 

Jangan pernah mengungkit-ungkit yang telah lalu, pemberian, kebaikan dan sebagainya, karena hal itu cukup menyakitkan hati dan dirasa sangat tidak etis bila sebuah pemberian diungkit demi mendapatkan perlakukan yang sama, dan lagi mengungkit-ungkit sesuatu mencermikan seorang yang tidak pernah ikhlas, jangan sampaii begitu yaa !!!

6. Jika ingin meminta bantuan dia, mintalah dengan permohonan, dan jangan memaksa

 

Namanya juga hidup, pasti akan mendapatkan sebuah cobaan dan masalah,  tidak jarang untuk keluar dari masalah tersebut kita membutuhkan bantuan dari orang lain, ada perbedaan arti kata “minta tolong” dan “memaksa”, ketika kamu meminta tolong kepada seseorang dan orang tersebut tidak mau menolong, apakah kamu akan memaksanya ? kadang orang tersebut bukannya tidak mau, bisa jadi kan orang tersebut tidak tahu cara membantu kamu,

Terus ketika kamu memang benar ingin meminta bantuan, biasakanlah untuk dengan cara meminta tolong dengan sopan, dan bila dia tidak mau, yaa jangan dipaksakan, Positive Thingking


7. Jangan menjadi sok tahu

 

Kadang menjadi orang yang sok tahu itu ngeselin dan nyebelin loohh, menjadi sok pintar yang kadang buat kita merasa paling bodoh sendiri, nggak mau kan begitu, nah mulai dari sekarang jadilah orang yang kalem supaya orang yang ada didekatmu merasa nyaman.

8. Selalu menepati janji. Usahakan jangan sampai ingkar janji

 

Gimana perasaan kamu saat kamu janji sama seseorang, tiba-tiba dia mengingkari janji tersebut, nyesek pastinya, yaa begitupun dengan sahabat kamu, bukan hanya dia sih, namun semua orang akan ielfil jika kamu suka tidak menepati janji, janji ibaratkan hutang lohh, mengingkari janji juga sama saja berbohong dan berdusta, maka dari itu untuk menghindari kamu dijauhi seseorang, mulai dari sekarang tepatilah janji kamu, namun bila tidak bisa menepatinya berikan alasan yang masuk akal.

9. Cobalah berempati dan memahami

 

Dalam menjaga sebuah hubungan termasuk kisah pertemanan salah satunya dengan cara selalu berempati dan memahami satu sama lain, mengenal sifat dan sikap serta kondisi dan keadaan, pahamilah tentang sahabatmu dan orang-orang terdekat kamu agar menghindari kesalahan di kemudian hari.


10. Jangan bersandiwara

 

Jika kamu memang orang baik, lalu kenapa harus pura-pura baik, hello, ini dunia nyata bukan dunia sinetron yang awalnya bisa baik namun 5 menit kemudian menjadi jahat, bak sungai yang bermuka dua, mengerikan dan menghayutkan, hal ini jelas cara yang tidak sehat dalam kisah pertemanan.

Baca Juga  : Hidupmu Ribet ? 6 Kebiasaan Buruk yang Harus Kita Buang Agar Hidup lebih Mudah

11. Jangan suka membicarakan keburukannya di belakang

 

Salah satu alasan kenapa seseorang merasa banyak yang menjauhi dan menghindar darinya adalah karena seseorang itu suka berbicara dari belakang, tuhan memberikan manusia mulut didepan itu bukanlah tanpa alasan, sederhananya agar manusia tidak berbicara di belakang, sahabat dalah orang yang paling tahu tentang kita, maka sepantasnya kita juga harus melindunginya.

12. Jangan harap balasan kebaikan darinya.

 
Dan yang terakhir, kadang kebaikan itu dirasa berkurang makna nya jika kita masih mengharapkan tentang balas budi, memang dalam sebuah persahabatan harus ada rasa timbal balik, saling melengkapi agar maju bersama, seperti roda yang berputar, kamu berdua ada di kedua sudut, jika satu sudut ada diatas, sudut yang lain pasti ada dibawah, namun tergantung hasil kerjasama kalianlah yang membuat seberapa kencangnya roda itu berputar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here