Kisah Sukses Pendiri Samsung – Lee Byung-chung

0

Ketika kamu mendengar nama samsung, terlitas dipikiran kamu sebuah smartphone canggih dangan semua fitur kelas tinggi, yaa, nama samsung sudah sangat familiar di telinga kita, karena hampir semua orang mungkin pernah membeli hp samsung, jika kamu ditanya kenapa memilih samsung, tidak lain tidak bukan jawabannya adalah soal teknologi yang kekinian, dan lagi mungkin salah satu alasannya adalah faktor gengsi.

Sebenarnya tidak hanya smartphone saja, namun banyak sekali gadget yang di keluarkan oleh perusahaan samsung antara llain, LCD, Televisi, notebook dan teknologi lainnya, namun kita hanya mengenal smartphone samsung karena memang, samsung salah satu raja smartphone di dunia.

Dari kesuksesan dan nama besar samsung, apakah kamu semua tahu siapa sosok dibalik kesuksesan samsung, dia adalah Lee Byung-chung pendiri dan faunder dari samsung, lalu bagaimana kisah sukses saat ia mendirkan samsung ? berikut kita akan membahas profil dan biografi singkat serta cerita inspiratif Lee Byung-chung sebagai otak dibalakang layar sekaligus bapak pendiri samsung yang mungkin dapat memberikan pelajaran hidup yang sangat berharga, simak penjelasannya.

 

Biografi Lee Byung-chung

Lee Byung-chung lahir pada 12 Februari 1910 dan meninggal 19 November 1987. Ia terlahir sebagai putra dari keluarga yang kaya pemilik tanah yang sangat luas, ia juga sempat menempuh pendidikan perkuliahan di Universitas Wesda Tokyo walau ia tidak sampai lulus. memang sejak kecil Lee Byung-chung sudah menyukai dunia wirausaha, Lee Byung-chull menggunakan warisannya untuk memulai usahanya dengan membuka penggilingan padi, sayangnya usaha itu tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga : 30 Kata Kata Motivasi Penyemangat Hidup Terbaik

Tidak berhenti disitu, Lee Byung-chung kemudian mendirikan perusahaan perdagangan ekspor di negaranya. Ikan, sayuran, dan buah-buahan menjadi salah satu komiditi yang dipasarkannya ke luar negeri salah satunya China. Perusahaan tersebut berkembang dengan pesat yang pada akhirnya pada tahun 1947 Lee Byung-chung memutuskan untuk memindahkan kantor pusatnya ke Seoul.

 

Mendirikan Samsung

 
Kisah Sukses Pendiri Samsung

Ketika terjadi perang korea, Lee Byung-chul terpaksa meninggalkan Seoul dan mulai merintis usaha pabrik gula yang dia berinama Cheil Jedang di Busan. Pabrik Cheil Jedang ini adalah pabrik gula pertama yang ada di korea. Pada tahun 1954, Dia mendirikan pabrik wol yang bernama Cheil Mojik di Chimsandong, Daegu. Perusahaannya ini terus berkembang pesat dan menjadi perusahaan wol terbesar di korea.
Lee Byung-chul Kemudian mendirikan perusahaan Samsung yang bergerak di berbagai bidang usaha.

Pada tahun 1958, Samsung mulai melakukan ekspansi di berbagai industri seperti di bidang keuangan, media, bahan kimia dan pembuatan kapal. Pada tahun 1960-an, Samsung mulai berbisnis di bidang Elektronik dan membagi kerja dalam bentuk divisi-divisi agar perusahaanya dapat berkembang dengan pesat seperti divisi Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mekanika Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co. Samsung mengeluarkan produk pertamanya berupa Televisi hitam-putih.

Pada tahun 1980, Samsung diakuisisi Oleh Hanguk Tongsin Jeonja dan mulai membuat perangkat telekomunikasi di gumi. Produk telekomunikasi awal yang dibuat oleh perusahaan ini adalah switchboards, kemuadian samsung mulai memproduksi telepon dan faks dan akhirnya menjadi Samsung’s mobile phone manufacturing.

Pada akhir 1980-an, Samsung Electronics mulai berinvestasi dalam penelitian dan pembangunan untuk mendorong perusahaan ke garis depan dalam industri elektronik global. Pada tahun 1980-an Samsung adalah perusahan manufaktur, distributor, dan menjual berbagai macam peralatan dan produk elektronik di seluruh dunia.

Pada tahun 1982, Samsung membangun sebuah pabrik perakitan televisi di Portugal. Kemudian Samsung membangun sebuah pabrik senilai $ 25 juta di New York. Dan, Samsung juga membangun fasilitas lain senilai $ 25 juta di Inggris.

Di tahun 1987 pendiri samsung Lee Byung-Chull meninggal dunia dan Kun-Hee Lee mengambil alih sebagai CEO Samsung, setelah itu,  Pada tahun 1990, Samsung mulai mengembangkan Mobile Phones Radio, komponen Komputer dan perangkat elektronik lainnya.dan membangun pabrik untuk memperluas perusahaanya secara global di Amerika Serikat, Britania Raya, Jerman, Thailand, Meksiko, Spanyol dan Cina sampai 1997.

Baca Juga : Seperti Apa Perkembangan Teknologi Dimasa Depan ? Inilah Jawabannya

Pada tahun 1997 hampir semua bisnis di Korea mengalami krisis besar dan yang juga menimpa Samsung. dari musibah ini, samsung memutuskan untuk menjual beberapa unit bisnisnya untuk meringankan utang dan merumahkan karyawan menjadi 50.000 karyawan. Namun berkat inovasi di industri elektronik, mereka berhasil untuk bertahan dan terus berkembang hingga saat ini.


Besarnya Samsung

Saat ini samsung telah menjadi raja smartphone dunia mengalahkan pesaing berat mereka yaitu Apple dengan brand Iphone. karena apa, karena inovasi mereka yang terus membenamkan teknologi baru dan beda di perangkat mereka, namun jika kamu memperhatikan suksesnya samsung menjadi besar bukanlah hal yang instant karena butuh proses yang lama, perjalanan Samsung untuk menjadi produsen smartphone terbesar di dunia diawali pada bulan 27 April 2009 ketika Samsung meluncurkan handphone Android pertamanya, yakni Samsung i7500 hingga saat ini samsung masih menjadi yang terdepan dalam pengembangan perangkat mobile smartphone android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here