10 Cara Positif Agar Tak Mudah Mengantuk di Pagi Hari

0

Mengantuk adalah sebuah masalah bagi kebanyakan orang, salah satunya mereka yang mempunyai segudang aktivitas dan pekerjaan, tentu hal ini akan menghambat produktivitas apalagi kamu yang sudah kerja, mengantuk terjadi karena ketidakmampuan atau gagal fokus yang menjadi penyebab ngantuk, tapi bisa juga karena bosan serta jenuh. jadi tak semua alasan mengantuk itu ingin tidur, bisa juga karena faktor lain diluar pengaruh tubuh kita.

Lalu apa yang akan kamu lakukan ketika ngantuk, dan disisi lain kamu lagi banyak pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan ? apa kamu kuat untuk menahan rasa kantuk tersebut, atau terpaksa meninggalkan aktivitas kamu untuk tidur dan istirahat sejenak ?, memang ngantuk dirasa cukup menganggu ketika kita dalam kondisi tersebut,

Ada yang bilang ngantuk itu identik dengan rasa ingin untuk tidur, yaa memang demikian, rasa ngantuk akan muncul saat kamu kelelahan apalagi jika sebelumnya kamu kurang tidur, mengantuk juga gak kenal tempat dan waktu, bisa dimana saja, di kantor, tempat kerja, di kampus, di sekolah dan di rumah, pun bisa terjadi kapan saja, pagi, siang, sore dan malam, namun biasanya, ngantuk itu terjadi ketika pagi hari.

Baca Juga : 10 Penyebab Kamu Tiba-Tiba Down, Hilang Motivasi dan Semangat

Mengantuk di pagi hari memanglah agak menyebalkan, bagaimana tidak, mengantuk kadang menjadi alasan utama saat-saat kamu hendak bangun tidur, “masih lemeslah, masing ngantuklah dan sebagainya”, dan bahkan yang paling ngeselin saat kamu sudah tidur lelap di malam hari tapi pada pagi harinya masih aja mengantuk, menguap-nguap gak jelas ;D. nah lalu bagaimana cara dan tips mengatasi dan menghilangkan rasa mengantuk ? Berikut 10 cara yang positif agar tak mudah mengantuk.

 

1. Tidur yang cukup

 
Salah satu alasan kenapa kamu sering mengantuk, yaa jelaslah kamu mungkin kurang tidur, pertanyaannya sekarang, “berapa lama kamu tidur setiap hari ?”. manusia membutuhkan setidaknya 8 jam untuk tidur, jika kurang dari 8 jam, hal ini akan menyebabkan gangguan pada tubuh seperti kurang fokus dan konsentras bahkan gangguan pada mata. maka tidak heran jika kamu mengantuk disebabkan kamu kurang tidur, biasakanlah untuk mengatur pola tidur kamu setidaknya 8 jam setiap harinya.

2. Saat sarapan, jangan terlalu kenyang

 
Tubuh membutuhkan asupan makanan saat pagi hari, bahkan menurut penelitian, membiasakan untuk sarapan akan melatih kosentrasi dan kecerdasan, tapi kadang kita semua tidak memperhatikan makanan kita dengan menyantap semua yang telah dihidangkan hingga kekenyangan, dan salah satu penyebab mengantuk itu adalah karena kekenyangan, ada guyonan yang tepat untuk hal ini berupa “ketika kamu kenyang, pasti enaknya tidur bukan”. nah mulai dari sekarang biasakanlah sarapan tapi jangan berlebihan.



3. Minum air putih yang banyak

 

Sebagai solusi klasik untuk sebagian besar penyakit, meminum air secara teratur sepanjang hari akan membuat kamu merasa segar dalam waktu singkat. Sering kali rasa lelah dan lesu disebabkan tidak lain oleh dehidrasi biasa. Minumlah segelas air segera setelah anda bangun di pagi hari untuk memulai metabolisme, dan terus minum beberapa gelas sepanjang hari.

 

4. Perbanyak olahraga

 
Aktivitas fisik berfungsi agar kamu tidak mudah kelelahan, untuk menghilangkan mengantuk tidak mestii melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan seperti berjalan kecil atau sekedar meregangkan semua tubuh, Meningkatkan sirkulasi darah dan menghirup udara segar akan membuat anda bersemangat dan segar dalam waktu singkat

5. Biasakan terkena sinar matahari pagi

 
Ada satu alasan mengapa anda menjadi lebih lamban pada musim dingin; paparan sinar matahari memberikan vitamin D yang banyak bagi tubuh anda, yang memberi anda dorongan energi. Jika anda cukup beruntung untuk memiliki cuaca yang baik, pergilah ke luar untuk menyingkir sejenak dari pekerjaan anda yang membuat suntuk di dalam ruangan. Lakukan dua manfaat sekaligus, dan berolahragalah juga di luar ruangan!

6. Mendengarkan musik

 

Ketika kamu ngantuk dengan alasan bosan dan jenuh, salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mendengarkan musik, tapi hindari musik yang mellow karena justru akan menambah rasa kantuk yang kamu rasakan, pilihlah musik yang rame seperti rock dan sebagainya agar dapat membantu meningkatkan semangat dan menghilangkan ngantuk yang kamu rasakan.

 

7. Asupan Kafein pada kopi

 
Lagi-lagi solusi klasik, ketika kamu berpikir untuk mengatasi rasa kantuk, insting pertama kamu mungkin akan meminum secangkir kopi, kafein memang berfungsi untuk mengembalikan energi kembali, namun kamu juga harus memperhatikan jumlah kafein yang akan kamu konsumsi, jangan samapi berlebihan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan salah satunya sulit untuk tidur.
 

 

8. Mandi air dingin

 

Ada persepsi yang salah mengatakan “mandi dingin itu tidak baik, apalagi saat pagi hari”, namun kenyataannya tidaklah demikian, menurut penelitian, membiasakan mandi dengan air dingin benar-benar berdampak baik bagi tubuh kita, bukan masalah segar atau tidaknya, tapi mandi dengan air yang dingin akan meningkatkan sirkulasi peredaran darah yag membuat kamu lebih berkosentrasi dari sebelumnya.

 

9. Istirahat sejenak

 

Jika memang kamu sudah sangat mengantuk dan tidak mampu lagi menahannya, jangan sesekali untuk menahan kantuk tersebut, kamu boleh beristirahat hingga tidur sejenak sekedar melepaskan hastrat untuk tidur suapaya kemudian kamu lebih fresh dan segar.

 

10. Ubah suasana disekitar anda

 
Belajar atau bekerja dengan cara dan tempat yang sama cenderung membuat anda mudah lelah dan mudah cepat bosan. Daripada membuat diri anda mudah lelah dengan berada di tempat dan cara yang sama yang tidak jarang membuat cepat bosan dan mengatuk, ubahlah cara dan tempat tersebut dengan suasana baru, kamu bisa berpindah tempat hingga mengubah posisi supaya menghindarkan kamu dari rasa kejenuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here