10 Cara Positif Menghilangkan Rasa Cemburu yang Berlebihan

0

Semua orang pasti merasakan perasaan cemburu, dan lazimnya rasa cemburu atau jealous dialami oleh pasangan kekasih yang sedang jatuh cinta, kadang saat pacar kamu lagi dekat dengan seseorang, maka rasa sakit hati karena cemburu akan perlahan tubuh seiring semakin dekatnya dia sama orang tersebut, jika masalah cinta, rasa cemburu kadang sebagai pelengkap sebuah cerita, rasa cemburu itu ada karena mungkin kamu sudah sangat sayang dan cinta dan tak mau kehilangan dia.

Tak hanya itu, rasa cemburu juga dapat terjadi saat kamu merasakan iri, memang cemburu dan iri cukup sama artinya tapi lain maknanya, contohnya saat kamu melihat keberhasilan orang lain, dan lagi rasa cemburu juga dapat terjadi sama sahabat, teman bahkan keluarga, contoh sederhananya, kamu mungkin cemburu ketika orang tua kamu memberi perhatian lebih sama saudaramu (kakak atau adik), dan kamu merasa orang tuamu kayak pilih-pilih kasih karena dapat perlakuan yang berbeda, dan sebagainya

Sebenarnya banyak sekali alasan dan penyebab rasa cemburu datang, namun terdapat 2 ciri-ciri cemburu, yaitu cemburu yang baik dan tidak baik, cemburu yang baik contohnya cemburu terhadap pasangan atau pacar kamu, bahkan bagi yang beragama islam, cemburu dengan pasangan sangat dianjurkan oleh Rosullulloh sebagai tanda bahwa kamu sungguh-sungguh menyayangi dan mencintai dengan tulus. bisa kamu nilai sendiri dehh, jika pasangan kamu tidak ada rasa cemburu, berarti dia gak sayang sama kamu, mungkin yaa.

Kemudian cemburu yang tidak baik, yaa itu tadi, mencampurkan rasa cemburu dengan rasa iri, kadang bukan cemburu yang kamu rasakan melainkan rasa benci, ini yang tidak boleh kita tiru karena jelas-jelas hal ini adalah salah satu penyakit hati,

Baca Juga : 10 Cara Memperbaiki diri Kita Supaya Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi

Terlepas dari hal tersebut, cemburu memang baik jika alasamnya tepat, namun menjadi buruk kalo kamu merasakan cemburu secara berlebihan walaupun alasannya baik, untuk itu, cemburulah dengan sewajarnya, lalu, bagaimana cara dan tips menghilangkan rasa cemburu ? nah jika kamu sudah terlanjur mengalami rasa cemburu hingga berlebihan, berikut 10 cara mengatasi  rasa cemburu yang berlebihan

1. Percaya.

 

Rasa cemburu berawal dari rasa tak saling percaya terhadap seseorang dan pasangan, kadang juga kamu lebih mempercayai omongan orang lain daripada percaya sama pacar kamu, nah dari sinillah benih-benih cemburu dan rasa curiga akan perlahan tumbuh dan sampai kepuncaknya ketika kamu melihat bahwa apa yang dikatakan orang lain adalah benar, walaupun mungkin ada alasan yang tepat dari dia, namun kamu tak menghiraukannya karena sudah terbakar oleh rasa cemburu.

Jika kamu menyayanginya dan saling mencintai satu sama lain, berhenti mendengarkan perkataan orang lain, ada baiknya kamu percaya pada pasangan kamu baik saat dia berada didekatmu maupuan saat dia tak disisimu dan lagi jauh, dengan begitu, kamu akan mengatasi perasaan cemburu tersebut.

 
 

2. Cari tahu penyebab rasa cemburu.

Sebelum kamu mengatakan bahwa kamu lagi cemburu, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kenapa dan apa penyebab kamu menjadi cemburu, contohnya, “oh ternyata aku cemburu karena dia dekat dengan orang lain”

Tanyakan pada dirimu sendiri, karena ketika kamu menanyakan masalah sama dirimu sendiri, kadang membuat hati kita lebih tenang dan lebih mudah untuk mengntrol emosi, setelah kamu tahu penyebab rasa cemburu tersebut, ubahlah persepsi dan pola pikir agar rasa cemburu kamu sedikit berkurang.

3. Bicara dan terbuka kepada pasangan.

Jika terlalu sering merasa cemburu, mulailah bicarakan dengan pasangan untuk tidak membuat kamu merasa cemburu terus menerus. Jika cinta pasti akan berusaha menjaga hati. Selain itu juga perlu memperbaiki diri agar tidak terlalu mudah merasa cemburu. Beritahu pasangan tentang kecemburuan itu.

Jika apa yang dia lakukan membuat kamu cemburu, minta tolong padanya untuk mengubah kebiasaan atau menghindari hal yang bisa memberikan rasa cemburu tersebut. saling menjaga hati satu sama lain, untuk menghindari pertengkaran sebaiknya sampaikan ketika keadaan sedang santai atau saat kalian sedang bercanda. mudah-mudahan dia mau mengerti.

4. Berhenti membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

 

Saat kamu membanding-bandingkan diri kamu dengan orang lain itu sama saja kamu menghina diri sendiri, jika kamu tidak mau dihina orang lain, ini kenapa kamu yang menghina diri sendiri, setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, fokuslah pada kelebihan dan abaikan kelemahan, atau tutup kelemahan dengan kelebihan yang kamu miliki, kembangkan kualitas agar kamu dapat dibanggakan orang lain tak terkecuali pasangan kamu.

Memang adalah hal yang umum bahwa manusia sering membandingkan dirinya dengan orang lain, namun untuk menghentikan kebiasaan ini, tanamkan rasa syukur dan terima semua yang sudah diberikan tuhan saat ini.

 

5. Berpikir positif.

 

Yang paling penting dalam sebuah hubungan adalah selalu ‘Positive thinking’ terhadap pasangan. Jangan terlalu banyak curiga padanya, karena itu dapat memicu kecemburuan-kecemburuan yang tidak penting dan kadak tanpa beralasan. Percayalah bahwa pasangan tidak akan macam-macam, dan semuanya akan baik-baik saja, dengan begitu cemburu kamu akan memudar dengan sendirinya.

 

6. Jangan bersikap berlebihan namun realistislah.

 

Berpikir dengan realitistis artinya kamu tidak harus mendahulukan ego dan emosi di setiap tindakan dan pikiran kamu. jika dia memang tipe yang setia kenapa juga kamu harus khawatir untuk cemburu dengannya, dan lagi sikap yang berlebihan juga tidak hanya membuat kamu makin cemburu, tapi juga bisa buat pasangan kamu semakin risih dan kadang merasa terkekang. oelh karena itu belajarlah bersikap realistis.

 

7. Berhenti berimajinasi.

Rasa cemburu biasanya datang karena kadang kamu terlalu banyak berimajinasi dan memikirkan berbagai hal yang negatif. berhenti berandai-andai “nanti dia seperti ini,nanti dia seperti itu”, dan pikiran negatif lainnya. Jika ini dibiarkan berlarut-larut, maka rasa cemburu akan terus ada pikiran kamu. Oleh karena itu, jangan berikan ruang bagi pikiran ini terus membayangimu, terutama pikiran yang jelas-jelas tidak bersumber dari kenyataan yaitu imajinasi.

Kadang kamu berpikir yang nggak-nggak ketika kamu sedang gak ada kerjaan, maka dari itu untuk mencegah pikiran ini, coba fokuskan ke hal-hal yang bermanfaat atau sekedar memalingkan pikiran dengan bermain game atau hiburan lainnya agar rasa cemburu tidak datang.

8. Bangun rasa percaya diri.

 
Kadang rasa cemburu muncul saat kamu seringkali mengecilkan atau merendahkan diri sendiri, yakinkan bahwa kamu orang yang punya kualitas yang tak kalah dari orang lain, dan kamu adalah orang yang pantas dan layak bersanding dengan dia, sehingga kamu berpikir dia tak akan pernah berpaling dari kamu, saat kamu berpikir seperti ini, yakinlah bahwa rasa percaya diri kamu akan meningkat dan rasa cemburu akan pergi tak tersisa.

 

9. Jika memang tak bisa ditahan, jangan menujukan perasaan cemburu itu.

 

Jika kamu memang tak bisa menahan rasa cemburu yang sedang dirasakan, dan dia tahu bahwa kamu sedang cemburu saat ini, upayakanlah bersikap biasa saja, diamkan dia sesaat,  karena mungkin dengan begitu, jika memang benar dia mencintai kamu, dia akan introspeksi diri tentang kesalahan-kesalahan yang dia perbuat.

 

10. Bersosialisasilah.

 
Ada kalanya dimana kamu butuh adanya orang lain sekedar ingin curhat dan cerita tentang perasaan yang sedang kamu rasakan, cobalah untuk membagi perasaan dengan orang-orang terdekat, seperti saudara dan sahabat baik. tidak hanya hati kamu bisa plong, kamu juga mungkin dapat nasehat dan solusi yang baik dari orang lain.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here