Kisah Sukses Pendiri e-commerce Amazon – Jeff Bezos

0
Pelajaran Bisnis Dari Jeff Bezos CEO Amazon

Kalian tahu Amazon.com ? Amazon adalah salah satu situs atau toko jual beli online terbesar di dunia, bahkan jaringan Amazon.com sudah ada hampir di seluruh dunia, hal ini mengantarkan pendiri nya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Lalu apakah kalian tahu siapa sosok dibalik kesuksesan Amazon ? dia adalah Jeff Bezos pengusaha sukses dari Amerika Serikat sekaligus founder dan CEO dari Amazon, lalau adakah cerita inspiratif dari Jeff Bezos ? Berikut kita akan mengenal profil dan biografi singkat serta kisah sukses dari pembuat situs toko online Amazon Jeff Bezos yang mungkin memberikan pelajaran hidup yang berharga untuk kita semua, Simak Penjelasannya.

Biografi Jeff Bezos

Pria yang bernama lengkap Jeffrey Preston Bezos ini lahir pada tanggal 12 Januari 1964 di daerah Albuquerque, Kota New Mexico, ketika Jeff Bezos berusia 2 tahun, ke dua orang tuanya tidak lagi bisa mempertahankan rumah tangga nya dan memutuskan untuk bercerai. namun 3 tahun kemudian, ibunya yang bernama Jackie Bezos kembali menikah dengan seorang insinyur bernama Miguel Bezos. Setelah itu, Jeff Bezos dan keluarga baru nya pindah ke Houston, Texas mengikuti ayah tirinya bekerja.

Di masa kecil nya, Jeff Bezos di nilai sudah menunjukan ketertarikan yang cukup besar dalan dunia teknik, hal ini dirasakan ketika suatu hari ia membongkar tempat tidurnya hanya dengan obeng, tidak hanya sebatas dalam dunia teknik, Jeff Bezos pun sudah tertarik dalam bidang sains dan elektro di usia yang masih terbilang anak-anak, pada suatu hari ketika dia masih duduk di sekolah dasar, ia bahkan pernah membuat alarm listrik sederhana yang dipasang di rumahnya sendiri. Dengan alarm tersebut ia bisa mengawasi adik-adiknya agar tidak keluar rumah.

Baca Juga : Sering diremehkan Orang ? 3 Alasan Kita harus Lebih Sukses darinya.

Bakat dan minatnya ini semakin terasah keika ia melanjutkan studi di bangku sekolah menengah atas, pada saat itu, ia mengikuti sebuah pelatihan sains yang diadakan di Universitas Florida, dan berkat kemampuan dan prestasinya, ia mendapatkan sebuah penghargaan Silver Knight Award,

Setelah lulus SMA, Jeff Bezos memutuskan untuk melanjutkan studinya dengan mengambil jurusan Computer Science and Electrical Engineering di Princeton University, di universitas inilah ia mendalami ilmu yang diminatinya, dengan beberapa prestasi yang miliki oleh Jeff Bezos, setelah lulus kuliah, ia pun cukup mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Pengalam pekerjaan Jeff Bezos dimulai dari bekerja di Wall Street sebagai bidang ilmu komputer, selanjutnya dia juga pernah masuk di beberapa perusahaan ternama seperti perusahaan jaringan perdagangan internasional Fitel, perusahaan jasa keuangan Banker Trust dan yang terakhir perusahaan finansial DE Shaw Company, dengan segala pengalaman yang ia miliki, Disinilah ia semakin percaya diri dan semangat kewirausahaannya mulai muncul dan semakin besar.

Mendirikan Amazon.com

Jeff baru memulai dan mengembangkan usaha nya sendiri pada tahun 1994, pada saat itu Jeff Bezos melihat potensi usaha ritel buku di Amerika Serikat, menkipun sudah banyak sekali perusahaan percetakan dan ritel buku, namun di sisi lain juga ia melihat banyak sekali masalah dalam pengoprasiannya, salah satunya tidak ada tempat (katalog) yang lengkap untuk semua buku-buku, selain itu, media promosi yang hanya melibatkan email juga tidak efektif karena akan memakan biaya yang besar jika melakukan penawaran lewat mail-order.

Dari situlah, ide untuk membuat sebuah fortal yang memanfaatkan internet pun tercetus, dimana portal atau plattform tersebut bisa memperkenalkan semua produk buku dengan mudah dan praktis, hal ini juga seiring dengan penggunaan teknologi internet yang sudah mulai besar pada waktu itu, selanjutanya Jeff Bezos melakukan tahap riset pasar dengan memperbanyak menemui produsen serta pengusaha ritel buku yang ada di AS, Tidak hanya itu dirinya juga mengamati keperluan konsumen serta langkah startegis bagaimana websitenya nanti bisa dengan cepat dikenal masyarakat luas.

Pada mula nya, Jeff Bezos memberi nama usaha nya dengan nama Abrakadabra, namun pada akhirnya jeff memutuskan untuk mengubah nama tersebut menjadi Amazon karena karena terpukau dengan kemegahan sungai yang berada di Brazil tersebut.

Baca Juga : 30 Kata Kata Perjuangan dan Pengorbanan Hidup Tiada Akhir

Setelah masa pengembangan dan telah mendapat cukup banyak pasokan buku, akhirnya Jeff Bezos resmi mmebuka usaha website nya Amazon.com pada tahun 1999, Dalam menjalankan bisnis ini, kedua orangtua Bezos mendukungnya dengan memberikan tabungan pensiunnya sebesar US$ 300 ribu, mereka sepertinya tahu, dana sebesar itu akan mengantarkan anak mereka menjadi miliarder.

Dan benar saja, Amazon bisa dengan mudah dikenal oleh banyak konsumen karena dipasarkan lewat jaringan internet. Hanya dalam beberapa tahun Amazon yang dulunya bermarkas di bekas garasi rumah Jeff kini telah berkembang menjadi beberapa gudang penyimpanan super besar plus kantor pusatnya yang berada di Seattle Washington.

Setelah beberapa waktu, Jeff pun mengembangkan produk jualan Amazon agar lebih variatif. Kini Amazon menjual berbagai macam barang, seperti produk elektronik, kebutuhan rumah tangga dan masih banyak lagi, serta jasa aplikasi penyimpanan data online. Meskipun begitu produk buku dan ilmu pengetahuan masih mendominasi di Amazon.

Dengan pencapaian Amazon yang luar biasa tersebut, kini Jeff yang merupakan CEO dari Amazon Inc. berhasil meraup kekayaan hingga lebih dari US$72,8 miliar (2017), dan menduduki posisi ke 3 di forbes sebagai orang terkaya di dunia.

Profil Singkat

Jeff Bezos Nama Lengkap : Jeffrey Preston Bezos
Nama Tenar : Jeff Bezos
Tempat, Tanggal Lahir : Albuquerque, 12 Januari 1964
Kebangsaan : Amerika
Pendidikan : Jurusan Computer Science and Electrical Engineering, Princeton University
Karir Saat ini : CEO Amazon Inc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here