15 Tanda & Ciri Kamu Termasuk Orang Yang ber-IQ Tinggi

0

IQ singkatan dari Intelligence Quotient (Kecerdasan Intelektual) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang terdiri dari sejumlah kemampuan, antara lain kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, dan belajar.

Mungkin kamu pernah tes IQ di sekolah ? gimana hasilnya ?. Ya, tes IQ sendiri dirasa tidaklah mutlak, karena kamu yang nyatanya memiliki IQ yang rendah ketika di tes, bukan berarti kamu itu orang yang bodoh. Banyak orang yang percaya bahwa orang yang dirasa lambat berpikir, atau bahasa lainnya lambat nalar adalah orang yang nggak cerdas. Kenyataannya nggak begitu kok, Karena setiap hari manusia itu selalu berkembang, bukan hanya berkembang secara fisik, namun pikiran, otak, dan perasaan pun bisa berkembang.

Lalu gimana caranya mengetahui bahwa seseorang itu memiliki IQ yang tinggi ? Perlu diketahui bahwa 15 ciri-ciri orang yang memiliki IQ tinggi dibawah ini bukanlah tanda-tanda yang mutlak mengetahui apakah seseorang memang memiliki IQ yang tinggi ataupun rendah. Namun ciri-ciri dibawah ini adalah pengamatan yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang cerdas, unggul dan pintar.

1. Selalu Mencari Tahu

Ciri ciri pertama adalah mereka yang selalu mencari tahu. Tentang apa ? tentang sesuatu yang ganjal yang sedang mereka rasakan. Seseorang yang memiliki IQ tinggi nggak selalu mudah percaya tentang apa yang ia dengar dan apa yang ia lihat, dia lebih suka mencari tahu terlebih dahulu sebelum percaya, dan kemudian membuat kesimpulan untuk mengambil sebuah keputusan.

2. Cepat Bosan

Percaya atau tidak, seseorang yang memiliki IQ tinggi adalah orang yang sejatinya gampang merasa bosan. Ia tidak mau menghabiskan waktunya yang berharga untuk melakukan hal-hal yang sama sekali tidak bermanfaat.

3. Suka Melakukan Hal Baru

Jika kita perhatikan, seseorang yang memiliki IQ tinggi nyatanya sangat menyukai sesuatu hal yang baru. Ia menganggap bahwa sesuatu yang baru mungkin saja akan mendapatkan pencapaian yang baru pula. Sebetulnya sih, poin ini adalah lanjutan dari poin yang kedua, dimana orang yang ber-IQ tinggi adalah orang yang cepat merasa bosan. Nah kata kata bosan inilah, yang memaksa mereka untuk melakukan hal yang baru.

4. Memiliki Keinginan yang Mutlak

Tanda yang keempat adalah dia yang memiliki keinginan yang mutlak. di poin ini artinya, ketika dia sudah memutuskan apapun yang dirasanya baik untuk dilakukan. Maka keputusan tersebut tidak bisa lagi untuk diganggu gugat oleh siapapun, dan karena apapun. Sekali ia sudah memutuskan sesuatu, dia akan tetap dengan pendiriannya.

5. Sukar menghargai Orang Lain

Ciri ciri kelima adalah mereka yang sedikit sukar menghargai orang lain, Namun bukan berarti mereka orang yang munafik karena tidak bisa menghargai orang lain ya, Karena makna dari kata menghargai orang lain disini adalah dia yang tetap care dengan pencapaian orang lain, namun tetap berusaha menjadi yang terbaik.

6. Sering Melakukan Apapun Sendirian

Tanda orang yang memiliki IQ tinggi selanjutnya adalah dia yang lebih suka melakukan sesuatu sendirian. Mungkin hal ini agak terkesan sombong, tapi memang orang yang memiliki IQ tinggi lebih nyaman untuk bekerja sendirian, Orang ini mencoba menyelesaikan masalah dengan kemampuan diri sendiri terlebih dahulu, dan ketika mereka merasa mengalami kebuntuan untuk memecahkan masalah, barulah mereka membuka saran dari orang lain.

7. Dia yang Tidak Mau Kalah

Tanda ketujuh adalah mereka yang tidak mau kalah dari orang lain. Mereka terus memaksakan diri untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal. Khususnya bersaing karena prestasi, ataupun pencapaian. Dan pada saat orang tersebut dinyatanya kalah, orang ini tidak akan berlama-lama meratapi kesedihan ataupun kekalahan. ia lebih suka memperbaiki diri dan mencari tahu apa yang membuatnya kalah, agar suatu saat nanti ia menjadi yang pemenang.

8. Selalu Cepat bertindak

Salah satu tanda yang cukup ketara adalah mereka yang cepat untuk bertindak. Walaupun orang yang lambat bertindak bukan berarti IQ-nya rendah, tapi mengacu kepada hukum alam, sesuatu yang lambat akan jauh ketinggalan dengan sesuatu yang berjalan cepat.

Seseorang yang ber-IQ tinggi akan cepat merespon segala tindakan, dan lebih cepat beradaptasi dengan semua perubahan. Karena jika mereka lambat, ucapkanlah selamat jalan kepada orang-orang yang berjalan cepat.

9. Selalu khawatir

Apakah kamu orang yang mempunyai prestasi ?. Apakah prestasi kamu akan bertahan selamanya ?. tentu tidak. Karena setiap orang kemungkinan menginginkan juga prestasi yang sedang kamu rayakan saat ini. Nah orang-orang yang ber-IQ tinggi akan selalu merasa khawatir tentang semua pencapaian yang sudah ia miliki.

Orang-orang ber-IQ tinggi merasa khawatir dikarenakan selalu bertanya-tanya “apakah besok saya bisa mempertahankan prestasi hari ini ?, atau mungkin. Apakah besok saya bisa mencapai sesuatu yang lebih baik dari ini?”.

Secara tidak langsung, rasa khawatir seperti ini akan membuat terus introspeksi dan memperbaiki diri sendiri supaya menjadi lebih baik lagi. Nah jika diantara kita merasakan khawatir seperti ini, bisa jadi kita adalah orang yang ber-IQ tinggi.

10. Tidak Populer

Orang-orang yang ber-IQ tinggi adalah orang yang bisa memilah-milah yang mana yang penting dan yang tidak penting. menjadi populer karena dianggap cerdas adalah sesuatu yang sama sekali tidak penting bagi orang-orang ber-IQ tinggi. Karena bagi mereka, pujian ibaratkan racun yang bisa memberhentikan proses memperbaiki diri.

11. Lebih Banyak Diam daripada Berbicara

Salah satu ciri-ciri yang cukup ketara dari orang yang ber-IQ tinggi adalah mereka lebih suka diam daripada banyak bicara. Orang yang diam bukan berarti dia tidak mengetahui tentang sesuatu, karena kadang, Seseorang diam hanya karena untuk menolak kebodohan orang yang banyak bicara.

12. Orang yang sedikit tidak nyambung

Ciri-ciri selanjutnya adalah mereka yang sedikit tidak nyambung dengan seseorang sebaya dengan umurnya. Contohnya ketika sedang mengobrol atau berbicara berdua, seringkali pembahasannya sedikit tidak nyambung atau mungkin pembahasannya susah untuk dipahami. “Kita ngomong apa, dia malah jawab apa” :D. Hal ini dikarenakan orang-orang yang memiliki IQ tinggi sudah mempunyai pemikiran dan pengetahuan yang luas.

13. Lebih banyak Memperhatikan

Coba bandingkan “Orang yang bertindak tanpa pengetahuan, dengan orang yang berpengetahuan lalu bertindak”. Seseorang yang memiliki IQ tinggi tidak akan bertindak sebelum ada persiapan. Ia sudah memikirkan dampak atau hasil apa yang mungkin ia dapat jika melakukan sesuatu. Oleh sebab itu, untuk menghindari kesalahan, mereka terlebih dahulu memperhatikan orang-orang yang pernah melakukan kesalahan, dan menjadikanya sebagai pelajaran kehidupan.

14. Selalu Tersenyum

Ciri ciri selanjutnya adalah mereka yang akan menumukan alasan untuk sering tersenyum dalam kondisi apapun. Tak peduli apakah perasaannya sedang sedih ataupun bahagia. seseorang yang memiliki IQ tinggi selalu memberikan senyum yang paling indah kepada orang lain. Pun ketika ia sedang sedih, orang-orang seperti ini lebih memilih untuk menyimpan beban hidupnya sendiri ketimbang menyusahkan orang lain karena dirinya.

15. Selalu Mendekatkan diri Kepada Tuhan

Tak peduli seberapa pintar dan cerdasnya kita saat ini, jika kita tidak sesekali mendekatkan diri kepada Tuhan, itu sama saja kita termasuk orang-orang yang bodoh. Karena segala ilmu, segala pengetahuan, bahkan segala yang ada pada diri ini, datangnya dari Tuhan. Untuk itu, orang-orang yang memiliki IQ tinggi akan selalu bersyukur atas pemberianNya, dan selalu mendekatkan diri padaNya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here