Pierre Omidyar – Kisah Sukses Pendiri eBay.com

0

Mendengar kata eBay, tentunya kebanyakan dari Anda sudah tahu apa itu eBay atau bahkan pernah menggunakan layanan yang diberikan oleh eBay. Yuppss,  Situs ini menyediakan layanan jual beli dan lelang secara online. eBay adalah salah satu e-commerce terbesar didunia saat ini yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi jual beli secara online.

Tidak hanya skala dunia, namun eBay perlahan telah masuk ke pasar Indonesia dengan mendirikan situs eCommerce Blanja.com yang merupakan usaha patungan antara eBay dan Telkom.

Dibalik nama besar eBay, apakah kamu tahu siapa sosok dibalik eBay ? dia adalah Pierre Omidyar sang pendiri situs eBay. Lalu bagaimana kisah saat mendirikan eBay ?. Nah berikut kita akan mengenal biografi dan profil serta cerita inspiratif dari Founder eBay “Pierre Omidyar” yang mungkin memberikan pelajaran hidup yang berharga untuk kita. Simak Penjelasannya.

 

Biografi Pierre Omidyar

Pierre Omidyar lahir pada tanggal 21 Juni 1967 di kota Paris, Prancis, ia adalah pria keturunan Iran-Amerika. Ayah Pierre Omidyar adalah seorang dokter bedah di salah satu rumah sakit di Paris, sedangkan ibu Pierre merupakan seorang doktor di bidang linguistic di Sorbonne. Ketika Pierre berusia 4 tahun, kedua orang tuanya memutuskan untuk menetap di Amerika.

Kehidupan Pierre kecil sama seperti anak-anak lain pada umumnya, namun yang membedakan adalah bakat serta minatnya yang besar di bidang teknik komputer. Hal tersebut  ia tunjukkan sejak di bangku kelas 9 di sekolah nya St Andrew’s Episcopal School di Potomac, Maryland. Disana ketertarikannya pada ilmu komputer makin besar bahkan hingga setelah ia lulus pada tahun 1984.

Salah satu bukti bakat yang ia miliki adalah ketika ia mengerjakan sebuah proyek di perpustakaan sekolah menengah tempat ia belajar. Pierre ingin membantu sekolahnya agar sistem perpustakaan di sekolah tersebut bisa lebih baik. hingga akhirnya, ia berhasil membuat sebuah sistem katalog online yang dapat memberikan kemudahan dalam mengelola seluruh arsip perpustakaan tersebut. Tidak disangka niat baik serta kesuksesan tersebutlah yang mengantarkan dirinya untuk mendalami seorang ahli programing komputer.

 

Karir Pierre Omidyar

Setelah lulus di Universitas Tufts pada tahun 1988 dengan gelar B.S (Bachelor of Science) ilmu komputer.  Sebuah perusahaan IT bernama Claris tertarik untuk meminangnya. Claris sendiri merupakan salah satu anak perusahaan raksasa Apple Computer. Disana ia mulai karir dengan menjabat sebagai Consumer Software Engineer,

Pada tahun 1994, Pierre mendirikan sebuah usaha miliknya sendiri yang ia beri nama Inc. Development Corporation. Perusahaan yang akhirnya berubah nama menjadi eShop tersebut adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan perangkat teknologi berbasis internet.  Pada tahun 1996, eShop dilirik oleh Microsoft dan akhirnya diakuisisi. Dari sinilah jalan kesuksesan besar Pierre dimulai.

Baca Juga : 60 Kata Kata Bijak Sebagai Motivasi Untuk Meraih Kesuksesan

 

Mendirikan eBay

eBay didirikan dengan niat untuk membantu teman Pierre menjual produknya secara online. Pierre mulai membuat script website menjadi sebuah platform penjualan online yang rencananya akan digunakan temannya tersebut.

Namun tak disangka, niat iseng membantu temannya ini akhirnya berubah menjadi ladang bisnis bagi Pieree. Awalnya Pierre memberi nama situs ini dengan echobay, namun nama echobay sendiri sudah terdaftar dan akhirnya diberinama eBay setelah mempertimbangkan beberapa hal serta terinspirasi oleh teman dekat Pierre pada waktu itu.

Beberapa tahun kemudian, perkembangan eBay melebihi ekspektasi awal pembuatannya. eBay berkembang tidak hanya untuk menjual produk namun juga sebagai media jual beli dan lelang online. Dari awalnya pengguna eBay hanya di seputaran Amerika, lambat laun eBay kian populer dan menyebar hingga keluar benua Amerika bahkan Eropa dan Asia.

Untuk memperhankan bisnisnya, tentu eBay harus mempunyai management yang lebih kuat lagi. Tercatat beberapa nama yang mengisi posisi strategis eBay diantaranya, Jeffrey Skoll, juga Meg Whitman yang masuk sebagai CEO eBay pada waktu itu, dan pada tahun 2015 Devin Wenig mengambil alih sebagai CEO eBay.

Hari demi hari, eBay tumbuh lebih besar dan lebih progresif lagi. Hingga pada pembukaan saham perdananya, nilai saham eBay mencapai $ 4,5 miliar. Saham eBay terus meningkat seiring dengan inovasi dan ekspansi yang dilakukan eBay. Hal tersebut tentunya menjadikan Pierre yang notabene sebagai pendiri eBay menjadi  salah satu miliader terkaya. Menurut Forbes, kekayaan bersih Pierre Omidyar (2017) mencapai  USD 9,6 Miliar atau (Rp 124 Triliun).

 

Biodata Singkat

Nama : Pierre Omidyar
Lahir: 21 Juni 1967 , Paris, Perancis
Pasangan: Pamela Kerr
Orang Tua: Elahé Mir-Djalali Omidyar
Pendidikan: Tufts University (1988), St. Andrew’s Episcopal School
Kebangsaan: Prancis, Iran, Amerika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here