10 Cara Sederhana Untuk Menjadi Diri Kamu Sendiri Apa adanya

0

Gimana rasanya jika kamu menjadi orang lain ?. berpura-pura menjadi sosok yang bahkan sama sekali tidak kamu kenal, dan menyembunyikan pribadi kamu yang sebenarnya ?. Mungkin aja kamu saat ini merasa tidak nyaman, atau mungkin tidak bahagia karena merasa lelah menjadi orang lain. Ada kata kata bijak mengatakan “menjadi orang lain itu melelahkan”, apa makna dari kata kata mutiara tersebut ?

Makna dari kata kata tersebut adalah kadang kita terlalu sulit menjadi orang lain, berpura-pura kaya atau pintar dihadapan orang lain supaya mereka bisa menghormati atau menghargai kita. Padahal kenyataannya kita gak lah sepintar atau sekaya yang dilihat orang lain, tapi kita kadang masih bersikeras menjadi sosok yang sempurna hanya demi menghapus sikap remehan orang lain.

Tapi percaya atau tidak, jika kita terus menerus memaksakan apa yang sama sekali tidak ada pada diri kita niscaya kita akan merasa kelelahan sendiri. Walaupun kamu dengan pandai menutupi semua kebohongan yang terjadi, namun “sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga”. Akan ada waktunya kamu bisa ketahuan sama orang lain.

Menutupi topeng dengan menjadi orang lain juga ada sisi negatifnya, bisa jadi kamu disukai orang lain hanya karena kelebihan kamu aja. Orang tersebut mungkin saja mau berteman dengan kamu karena kamu dipikirnya mempunyai banyak kelebihan. Kamu pintar, kamu kaya. dan sebagainya. Dan ujung-ujungnya kamu hanya dimanfaatin orang aja. Kalo kenyataannya seperti ini, apakah kamu masih bahagia dan mau bertahan menjadi orang lain ?.

Coba bandingkan disaat seseorang menjadi diri sendiri apa adanya. tidak menunjukan semua kelebihan yang kita miliki, karena mungkin hidup kita sangat sedikit kelebihannya. Walaupun apa adanya, tapi rasanya kita bisa tampil tanpa beban dan bisa menikmati hidup lebih bermakna.

Keuntungan kita menjadi diri sendiri adalah kita bisa mendapatkan seorang teman yang bisa menerima kita apa adanya, Walaupun kita berbeda, namun mereka tak peduli apakah kita mempunyai kelebihan ataupun kekurangan, seseorang itu bisa dengan tulus berteman dengan kita.

Jadi intinya, lebih baik menjadi diri sendiri apa adanya ketimbang menjadi orang lain, ada kata kata bijak mengatakan “lebih mudah menjadi diri sendiri karena menjadi orang lain itu tidak mudah”. Namun untuk menjadi diri sendiri juga tidak gampang yang kita kira,

Kita harus siap mental dan batin, karena bisa jadi ada aja orang-orang yang akan tidak suka sama kita atau dengan kata lain akan benci sama diri kita sebenarnya. Tapi kalo kamu bingung untuk memulainya dari mana. Barikut adalah 10 Tips dan Cara mengatasi agar kita menjadi diri sendiri apa adanya.

 

10 Cara Menjadi Diri Sendiri Apa adanya

1. Terima Diri Kamu Sendiri Apa Adanya.

 

Jika kamu selama ini hanya berpura-pura menjadi orang lain, pertanyaannya kenapa kamu melakukannya ?. Selah satu alasan kenapa kamu menjadi orang lain adalah karena kamu tidak puas dengan kehidupan yang sekarang dijalani, hal ini bisa juga dibarengi dengan perasaan malu dan gengsi, gak mau dilihat lemah sama orang lain, dan berbagai alasan lainnya.

Tak ada gunanya untuk malu dengan kehidupan yang kamu jalani saat ini, bukan bermaksud berkata kasar atau apa, mungkin aja kamu kurang bercermin untuk melihat seberapa besarnya nikmat kehidupan yang patut kamu syukuri.

Jika kamu tidak bisa menghargai hidup kamu apa adanya, bagaimana bisa orang lain menghargai kamu juga coba. Oleh karena itu, cobalah menerima kehidupan kamu apa adanya, terima apa kekurangan dan mensyukuri segala kelebiha. Percaya deh, kalo kamu sudah bisa menerima diri sendiri apa adanya, kebahagiaan dan ketenangan sudah didepan mata.

Baca Juga : 30 Kata Kata Mutiara untuk Introspeksi diri agar Berubah Menjadi Lebih Baik

 

2. Meluangkan waktu untuk mengenal diri sendiri.

 

Kadang kita terlalu sibuk mencari tahu bagaimana menjadi dia atau orang itu, sampai-sampai kita malah melupakan untuk mengenal siapa sebenarnya kita ini, memang sih menjadi orang lain itu menyenangkan, namun bisa jadi kan kamu juga adalah orang yang istimewa. malah gak kalah dari orang selalu kamu tiru itu.

Luangkanlah waktu untuk mengenal siapa sih kamu itu, apa prestasi dan pencapaian yang sudah kamu dapatkan, apa yang sudah kamu lewatkan, perjuangkan dan korbankan. Teruslah introspeksi diri kamu sendiri sampai kamu tahu siapa diri kamu sebenarnya. Bisa jadi ada orang lain yang ingin menjadi diri mu saat ini sedangkan kamu malah sibuk ingin menjadi orang lin.

 

3. Abaikan semua pendapat orang lain kepada dirimu.

Image: MyArabLife

Alasan yang masuk akal lainnya kenapa kamu ingin menjadi orang lain adalah karena kamu selalu peduli dengan apa pendapat dan pikiran orang lain tentang dirimu, kamu seolah sudah makan sugensti dengan pendapat itu lalu menyalahkan kenapa hidup kamu seperti itu.

Maka dari sekarang, berhentilah untuk mendengarkan hal-hal yang tidak penting, berhentilah merasa khawatir dan cemas apa pendapat dan apa pikiran orang lain tentang dirimu, jangan biarkan orang lain mengendalikan hidupmu, jadilah seperti kapten nahkoda yang bisa mengendalikan kapal menuju sebuah tempat sesuka hatinya.

 

4. Terima pendapat orang yang peduli kepada dirimu.

 


Terkadang kamu juga tak mesti harus selalu menutup telinga dengan pendapat orang lain tentang dirimu, khususnya orang-orang yang sudah kamu kenal dekat, seperti keluarga ataupun teman dan sahabat. Orang-orang yang berharga ini biasanya tidak akan memberikan pendapat tentang kamu yang menjatuhkan, malah pendapatnya bersifat neasehat yang membangun dan memperbaiki diri kamu sendiri.

Maka dari itu, kamu patut untuk mendengarkan dan menerima semua penilaian orang-orang terdekat kamu untuk kebaikan dirimu sendiri. Lebih baik memperbaiki diri dari penilaian yang membangun ketimbang penilaian orang lain yang ingin menjatuhkan.

 

5. Memperhatikan perkembangan yang Terjadi pada dirimu.

 

Image: Hitsss

 

Memang baik untuk memperhatikan perkembangan yang ada di sekeliling kamu, karena jika mengabaikan perkembangan dunia, kamu akan ketinggalan kereta. Namun kamu juga gak harus selalu terpaku dengan perkembangan orang lain, takutnya rasa kagum sama seseorang akan semakin membesar.

Salah satu alasan kenapa kamu ingin menjadi orang lain adalah karena kamu terlalu kagum sama orang tersebut, dari perasaan kagum ini maka munculah keinginan untuk meniru agar orang lain bisa juga mengagumi kamu.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengurangi perasaaan kagum tersebut dan lihat perkembangan yang terjadi pada dirimu sendiri. Mungkin aja, sudah banyak sekali perkembangan yang mestinya dibanggakan malah kamu abaikan.

 

6. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain.

Image: Hipwee

 

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitupun dengan dirimu, jika kamu memiliki kekurangan, pastinya kamu juga memiliki kelebihan. Namun terkadang, kamu hanya fokus pada kekurangan dan mengacuhkan kelebihan yang ada pada dirimu sendiri.

Salah satu alasan kenapa kamu tidak bisa bahagia adalah karena kamu keseringan membanding-bandingkan kehidupan kamu dengan hidup orang lain. Kamu merasa gak, ketika kamu membandingkan sesuatu dengan orang lain itu hanya akan menimbulkan kekecewaan.

Oleh karena itu untuk menjadi diri sendiri, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah jangan pernah membanding-bandingkan kamu dengan orang lain, karena jika kamu membanding-bandingkan maka kamu sama aja menghina dirimu sendiri.

 

7. Fokus pada tujuan akhir.

 
 

Dalam hidup ini kita harus mempunyai tujuan hidup, karena dengan adanya tujuan hidup, maka hidup kamu akan terasa sangat bermakna. Kita pasti mempunyai tujuan untuk apa sih hidup kamu jalani, namun terkadang, ada-ada aja yang mesti membuat kamu untuk berbelok arah, dengan kata lain gak konsisten dengan tujuan awal.

Salah satu alasan kenapa kamu gak konsisten dengan tujuan akhir adalah karena adanya pengaruh orang lain, ketika kamu melihat orang lain berhasil dan sukses dengan cara mereka, kadang kamu akan meniru yang sudah mereka buat supaya kamu juga akan sukses sepertinya.

Gak perlu ikutan-ikutan dengan jalan orang lain, kamu pun mempunyai jalan dan cara kamu sendiri untuk mencapai cita-cita dan semua harapan dan impian. Percaya deh, saat kamu sukses dan berhasil dengan cara kamu sendiri, kesuksesan kamu akan sangat bermakna ketimbang kamu mengikuti jalan orang lain. Maka dari itu, konsistenlah dengan tujuan awal yang sudah kamu rencanakan, tetaplah pada pendirian awal.

Baca Juga : 30 Kata Kata Motivasi untuk Fokus pada Tujuan Hidup

 

8. Fokus pada kebahagiaan yang kamu dapatkan.

Image: foranyinfo

Alasan selanjutnya kanapa kamu sangat ingin menjadi orang lain adalah karena kamu sedang ingin mencari kebahagiaan yang baru, boleh aja kok kamu mencari kesenangan dan kebahagiaan yang baru, namun jangan sampai pernah melupakan kebahagiaan yang pernah kamu dapatkan, karena salah satu sifat manusia yaitu cenderung melupakan susatu ketika ada sesuatu yang baru datang.

Coba telusuri lagi apa-apa aja yang sudah membuat kamu bahagia selama ini, kapan kamu terakhir kali tersenyum bahagia, bagaimana perjuangan kamu di masa lalu hanya sekedar ingin bahagia. Jika kamu sudah tahu, maka jangan pernah meninggalkan kebahagiaan itu atau bahkan melupakannya, karena hal itulah yang selama ini sudah membetuk pribadi kamu hingga saat ini.

 

9. Sampaikanlah kekurangan kamu kepada orang lain dengan halus.

 
 
Untuk mempermudah kamu menjadi diri sendiri adalah kamu harus tahu bagaimana untuk membuat mereka bisa menerima kamu apa adanya, bagaimana membuat mereka tidak sesekali peduli dengan kekurangan dan kelebihan yang kamu punya,

Hal ini gak akan terjadi jika kamu terus-menerus menutupi kekurangan dan selalu menunjukan kelebihan kamu kepada orang lain. Harusnya seseorang yang benar-benar tulus berteman dengan kamu itu akan dengan mudah menerima kamu apa adanya, orang itu gak akan peduli bagaimana kamu dan siapa kamu sebenarnya. Namun jika memang kamu merasa khawatir dengan pendapat orang lain tentang kekurangan dirimu, kamu bisa menunjukan secara perlahan kepadanya, agar orang tersebut bisa perlahan menerima kamu apa adanya juga.

 

10. Tunjukan bahwa Kamu sudah berbeda.

Image: forbes
Jika kamu mempunyai masa lalu yang gak baik, maka kamu bisa buktikan bahwa kamu sudah berbeda dengan masa lalu, kamu gak lagi terpaku dengan masa lalu karena saat ini telah menatap masa depan dengan penuh semangat,
 
Begitupun untuk menjadi diri kamu apa adanya, jangan terlalu fokus pada masa lalu yang kamu miliki. Jika kamu dulunya sering meniru orang, maka saat ini kamu sudah bisa tampil apa adanya. Percayalah akan ada seseorang yang bisa menyukai dan menerima kamu apa adanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here