10 Cara Sederhana Supaya Hidup Terasa Lebih Bahagia

0
background image of a lined paper spiral-bound note book

Ada yang tidak mau bahagia ?, saya pikir setiap orang pasti menginginkan hidupnya bahagia. Bahagia adalah salah satu emosi manusia dimana kita merasa lega dan senang untuk menjalani kehidupan. Bahagia itu terkait dengan perasaan hati, saat hatimu merasa tenang dan tentram, bisa dipastikan kamu akan bahagia. Sebaliknya, jika hatimu merasa cemas dan khawatir, tentu kamu mungkin akan mudah merasa sedih.

Untuk mengukur kebahagiaan seseorang itu relatif, karena setiap orang pasti mempunyai caranya tersendiri untuk bisa membuat mereka bahagia. Ada dengan caranya yang mewah, dan ada juga dengan cara yang simple atau sederhana. Tergantung tujuan untuk apa kita bahagia, lalu kebiasaan kita sehari-hari yang sedikit mempengaruhi cara pandang kita untuk bahagia.

Contohnya seperti ini, ada seseorang yang hidup mewah, lalu dia diberikan sebuah hadiah yang mewah juga. Pertanyaannya apakah dia akan merasa bahagia dengan hadiah tersebut ?. mungkin tidak. Kenapa ? mungkin saja hadiah itu adalah sesuatu yang biasa dalam kehidupannya.

Contoh kedua, seseorang yang hidup sederhana, kemudian dia diberikan sebuah hadiah yang mewah. Lalu pertanyaannya apakah dia akan merasa bahagia ?. Mungkin tidak juga, kenapa ?, bisa jadi orang ini tidak nyaman dengan pemberian tersebut, dia merasa bahwa hadiah ini bukanlah kebiasaannya atau bukan jalan hidupnya.

Dua contoh diatas membuktikan bahwa salah satu kebahagiaan seseorang itu tergantung dari bagaimana kebiasaan hidupnya. Tapi ingat ini cuma salah satunya, karena kebahagiaan manusia itu maknanya sangat luas, sulit untuk bisa ditebak, dan sulit untuk kita rencanakan.

Hal ini sejalan ketika kamu sering merasa tiba-tiba down, tiba-tiba galau, atau tiba-tiba senang dan bahagia. Emang sih ini terasa sedikit aneh dimana sebuah perasaan yang sedang kita rasakan berubah sekejab dan menghilang begitu saja. Namun dalam kehidupan, hal ini adalah sesuatu yang biasa terjadi, karena setiap yang ada di dunia ini bersifat sesaat, artinya hanya sementara, tidak kekal dan tidak tahan lama, begitupun dengan perasaan manusia.

Tidak selamanya kamu merasa sedih, dan tidak selamanya kamu merasa senang. Jadi mulailah untuk bersyukur kalo hidup kamu selalu bahagia, dan belajarlah untuk menerima dan berusaha jika hidup kamu tak bahagia. karena itu hanyalah sementara. Seperti malam yang hanya menunggu waktunya pagi, dan siang yang hanya menunggu waktunya malam.

Untuk membantu kita selalu merasakan bahagia, berikut ini 10 cara dan tips supaya hidup rerasa lebih bahagia. Simak penjelasannya

1. Mendekatkan diri Kepada Allah

Cara pertama sekaligus cara paling ampuh adalah dengan memperbanyak beribadah. Kamu sadar gak kalo setiap kali selesai beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan membuat hati dan jiwa kita merasa tenang dan tentram, pasti semuanya sudah pada tahu kan.

Beribadah bukan hanya dilakukan saat ditimpa cobaan dan masalah kehidupan saja, melainkan juga harus dilakukan ketika sedang ada diposisi kelapangan dan kebahagiaan. Jujur biasanya kita beribadah saat dalam keadaan genting saja, dan justru melupakan Allah saat dalam keadaan bahagia.

Tapi mari kita pikirkan kembali, jika dalam keadaan susah saja bisa membuat kita merasa tenang, bagaimana jika kita beribadah dalam keadaan bahagia. tentu berlipat-lipat kebahagiaan yang akan kita rasakan.

2. Selalu Bersyukur

Alasan utama kenapa kita sering merasa tidak bahagia adalah karena kurangnya rasa bersyukur. Kata syukur adalah sebuah ungkapan terimakasih sekaligus menerima semua kenyataan dan pemberian Tuhan. Walaupun manusia diciptakan sebagai makhluk yang sempurna, tapi bukan berarti manusia tidak punya kekurangan.

Biasanya seseorang yang tidak bisa bersyukur dikarenakan dia lebih fokus dengan kekurangannya daripada sekedar mencari tahu apa kelebihan yang ada pada dirinya. Dan rasa syukur akan semakin menjauh jika kita terus-menerus membanding-bandingkan hidup kita dengan hidup orang lain.

Oleh karena itu, belajarlah untuk mengucap syukur di segala kondisi apapun, Karena bersyukur akan membuat hati kita senantiasa tenang dan merasa berkecukupan. Dengan perasaan seperti ini, maka tidak sulit untuk mendapatkan kebahagiaan.

3. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif adalah salah satu bentuk cara hidup yang bisa langsung kamu terapkan dalam keseharian. Dengan selalu menjaga berpikiran positif, maka kamu akan bisa mengendalikan pikiran-pikiran buruk yang bisa saja dapat menghambat munculnya rasa bahagia.

Memang sih dalam hidup ini, kita harus juga memikirkan hal-hal yang buruk, ini berfungsi untuk menjaga sikap kehati-hatian kita dalam menjani segala hal. Namun bukan berarti hal ini menjadi alasan kita untuk selalu berpikiran negatif. Perhatikanlah, orang yang bisa menjaga pikirannya selalu positif jauh lebih bahagia dibanding mereka yang sibuk memikirkan keburukan dalam hidup.

4. Acuhkan Orang yang Membenci

Hidup memang penuh dengan pro dan kontra. Jika ada yang menyukai, pasti ada juga yang membenci. Salahnya kita menyikapi hal ini adalah terkadang kita sangat memperdulikan orang-orang yang membeci kita. Lalu pertanyaannya, apa sih untungnya kamu memperdulikan orang yang benci sama kamu ?.

Sama sekali tidak ada gunanya, malahan kita akan sering tertekan dengan pendapat-pendapat mereka yang menjatuhkan. Ingat, semakin tinggi pohon semakin lebat pula angin yang berhembus. Bisa jadi kan mereka yang membenci kamu hanya karena iri atau malah terganggu akan keberadaan kamu.

Oleh karena itu, acuhkanlah orang-orang yang membenci kamu saat ini, karena hidup kamu terlalu singkat jika terus peduli dengan orang tersebut. Anggaplah mereka sebagai pengawal pribadi kamu yang rela menghabiskan waktunya untuk terus memperbaiki dirimu sendiri menjadi lebih baik lagi.

5. Pedulikan Orang yang Menyayangi

Poin ini adalah lanjutan dari poin yang keempat. Daripada kamu sibuk mengurusi orang yang membeci, lebih baik kamu memperdulikan orang yang peduli sama kita. Walaupun di dunia ini terasa banyak sekali yang membeci hidup kamu, tapi masih akan ada seseorang yang selalu setia di belakang mu. Seperti keluarga, teman, sahabat, dan pasangan hidup.

Percaya atau tidak, dengan berkumpul dengan orang-orang yang tulus menyayangi kamu, dapat membuat hati kamu merasa lebih tenang dan bahagia. Lalu jangan pernah meninggalkan orang-orang seperti ini, karena mereka lah yang bisa menerima apa adanya dengan selalu ada di saat kamu senang ataupun susah.

6. Menjadi diri sendiri

Alasan kenapa kita tidak bahagia karena kehidupan ini biasanya karena kita memaksakan diri untuk menjadi orang. Arti dari menjadi orang lain adalah dimana saat kita menganggap kehidupan atau gaya hidup seseorang itu mengagumkan sehingga kita berkemauan untuk mengikutinya.

Dalam poin ini adalah poin yang sering kita temui, artinya yang biasa dilakukan dalam hidup ini, dimana kita cenderung selalu meniru kehidupan orang lain dengan harapan kita juga bisa merasakan kebahagiaan seperti mereka.

Namun salahnya adalah dimana kita memaksakan diri menjadi orang lain. Ada kata “memaksakan diri”, artinya kita terus menjadi orang lain, padahal dalam tanda kutipan “kita tidak mampu seperti mereka”. Percaya deh, kalo misal kita terus memaksakan diri, cepat atau lambat, kita akan merasa lelah sendiri.

Oleh karena itu, berusahalah menghargai diri sendiri. Ada kata mutiara mengatakan “Jika kita tidak mampu menghargai diri sendiri, bagaimana kita bisa dihargai orang lain”. Nah mulai dari sekarang, berhenti mengkhawatirkan dengan penilaian-penilaian yang tidak jelas tentang dirimu.

Baca Juga : 40 Kata Kata Punya Komitmen, Prinsip, dan Pendirian Hidup

7. Banyak Berbagi

Berbagi terhadap sesama merupakan cara sederhana tapi mempunyai dampak yang besar dalam menciptakan rasa bahagia. Disaat kita berbagi, bukan hanya membuat kita bahagia saja, melainkan bisa juga membuat orang lain behagia karena tindakan kita.

Berbagi tidak harus berkaitan dengan masalah materil, karena makna dari berbagi itu bisa dilakukan dalam banyak hal. Contoh sederhananya adalah membantu orang lain membersihkan lingkungan, membagikan artikel-artikel yang bermanfaat di media sosial, atau meringankan beban pikiran orang lain dengan berbagi cerita (curhat). dan sebagainya.

8. Banyak Tertawa

Kemudian cara selanjutnya untuk bisa membuat hidup terasa lebih bahagia adalah dengan cara perbanyak senyum dan tertawa. Tak peduli seberapa banyak masalah yang sedang kamu hadapi, dengan memperbanyak ketawa, akan membuat hati kamu merasa lebih tenang. Tertawa juga dapat melepaskan beban stres walaupun hanya sejenak.

Menurut penelitian, ketika kita tertawa maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat menciptakan rasa bahagia. tertawa juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh bekerja 87% lebih efektif daripada kita tidak tertawa. Maka dari itu, perbanyaklah untuk senyum dan tertawa agar hidup terasa bahagia dan tentunya lebih sehat.

Baca Juga: 30 Kata Kata Lucu, Kocak, Menghibur yang Bikin Ngakak

9. Adakalanya kamu butuh waktu sendiri

Apakah kamu terus melakukan kegiatan yang berhubungan dengan orang lain ?. Lalu apakah kamu sudah meluangkan waktu buat dirimu sendiri ?. Adakalanya dalam hidup ini kita membutuhkan waktu untuk sendiri, bisa menikmati hidup untuk menjadi apapun yang kita mau,.

Dikala rasa stres memuncak, tidak ada salahnya kita sedikit menghibur diri dengan berjalan-jalan keluar atau melakukan hobi yang positif. Tapi kalo kamu punya kepribadian yang tidak menyukai kerimaian, kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang hening dan tenang, seperti ke museum dan perpustakaan.

Dalam poin ini bukan berarti kamu adalah orang yang sombong, namun disinilah kamu akan merasakan kebahagiaan yang belum pernah kamu rasakan. Melakukan aktivitas yang menyenangkan sendirian akan membuat kita merasa lebih bebas, rileks, dan nyaman.

10. Jangan pernah Membenci

Cara yang terakhir untuk bisa membuat hidup lebih bahagia adalah dengan cara tidak membeci orang lain. Sadar gak, ketika kamu membenci orang lain, hidup yang sedang kamu jalani terasa lebih berat dan tidak bahagia. Hal ini mungkin dikarenakan kita terus mengingat keselahan orang lain dan tidak bisa memaafkan kesalahan tersebut.

Rasa dendam yang terus kamu simpan akan membuat hidup kamu semakin tertekan, dan menjauhkan rasa bahagia dalam hidup kamu sendiri. Maka dari itu, mulailah untuk belajar memaafkan kesalahan orang lain, karena kamu pun tak luput dari kesalahan. Percayalah, ketika kita mampu memaafkan oranglain atau dengan kata lain “Tidak Punya Musuh”, hidup ini terasa lebih indah dan tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here