10 Cara Positif agar Kita Tidak Diremehkan Orang Lain

0

Diremehkan kata bakunya “remeh” adalah sebuah sikap yang tidak menganggap penting atau tidak bisa menghargai sesuatu dengan cara merendahkan dan mengabaikan sesuatu tersebut. Banyak bentuk tentang remehan itu, contohnya meremehkan benda-benda yang tak berharga, dan meremehkan orang lain.

Bicara tentang meremehkan orang lain. Bentuk remehan ini adalah hal yang sangat sering kita temui, dimana seseorang dengan mudah menilai orang lain lalu meremehkannya. Pertanyaannya, apakah kamu termasuk yang sering meremehkan seseorang, atau justru kamu yang sering diremehkan orang lain ?.

Pada umumnya, banyak sekali alasan kenapa orang sering meremehkan satu sama lain.  Namun biasanya remehan terjadi ketika ada seseorang yang menganggap dirinya lebih baik atau lebih “wah” dari orang lain. Misalnya kamu menganggap bahwa kamu memiliki banyak prestasi sedangkan temanmu tidak memilikinya. Lalu dengan alasan tersebut kamu menganggap bahwa kamu lebih baik dan dengan mudah memandang rendah teman mu itu.

Nah dari hal ini, secara tidak langsung kamu sudah menganggap remeh orang lain loh. Kamu perlahan sudah terjerumus dari sifat sombong karena membanggakan diri sendiri. Memang harus diakui kamu punya banyak prestasi, tapi bukan berarti kamu bisa mengecilkan dan memandang sepele orang lain.

Bisa jadikan, seseorang yang selama ini tidak dianggap dan tidak diperhitungkan, malah lebih “wah” dari yang lain, hanya saja dia tidak mau pamer atau mungkin dia tidak mau di puji dengan segala pencapainya. Dia lebih suka menyembunyikan semua prestasi karena dirasa hal tersebut dapat membuatnya lebih tenang dan lebih nyaman.

So. jangan sampai remehan-remehan kamu berbalik menyerang dirimu sendiri. Kamu menganggap rendah dan memandang remeh orang lain, padahal nyatanya kamu lebih rendah dari orang yang kamu diremehin.

Dan juga, kamu sejatinya harus berhati-hati dengan seseorang yang sering diremehin, Karena remehan itu sangat identik dengan proses memperbaiki diri. Mungkin saja, satu atau dua bulan kemudian, dia si anak bawang bisa jauh lebih “wah” ketimbang dirimu saat ini.

Berikut ini adalah 10 Cara dan Tips supaya kamu tidak mudah diremehkan orang lain. Simak Penjelasannya.

10 CARA SUPAYA TIDAK MUDAH DIREMEHKAN ORANG LAIN

1. Introspeksi Diri

Cara pertama adalah dengan mengintrospeksi diri sendiri terlebih dahulu. Kadang remehan mereka tak semuanya bersifat mengada-ngada, dengan kata lain remehan tersebut memang nyata adanya. Cari tahu apa yang salah pada diri kamu sendiri. mungkin cara kamu yang salah atau sifat dan sikap kamu yang membuat orang lain tidak nyaman.

Baca Juga: 30 Kata Kata Mutiara untuk Introspeksi diri agar Berubah Menjadi Lebih Baik

Ketika kamu sudah mengetahui kesalahan pada diri kamu sendiri, maka hal yang harus kamu lakukan adalah segera memperbaiki kesalahan tersebut. Jangan menganggap sepele kesalahan tersebut karena bisa jadi membuat kesalahan itu semakin membesar, dan pada akhirnya kamu akan selalu diremehkan orang lain.

2. Bersikap dan Betindak Secara Profesional

Cara kedua adalah berusaha bersikap dan bertindak secara profesional. Kadang remehan orang lain muncul karena kamu nyatanya masih memiliki sifat kekanak-kanakan. Ibaratnya seorang bocah yang melakukan sesuatu seenaknya saja, Misalnya dalam hal pekerjaan, coba kamu rasakan gimana kalo punya teman kantor yang melakukan pekerjaan seenaknya saja. Mungkin kamu agak sedikit jengkel dan kesal.

Nah perasaan jengkel dan kesal ini biasanya di barengi dengan sikap remehan kepada orang tersebut. “Ah orang ini ga bisa kerja”. dan lain sebagainya.

Berbanding terbalik jika teman kamu bekerja secara profesional. Secara tidak langsung kamu memiliki rasa hormat karena segan kepadanya. Oleh karena itu, mulai dari sekarang biasakan bersikap profesional apapun yang sedang dilakukan agar kamu bisa dihormati dan disegani orang lain.

3. Sesekali Tunjukan Prestasi yang Sudah dicapai

Pada poin ini bukan mengajarkan kita untuk bersikap pamer dan sombong, tapi hal ini hanyalah bentuk perkenalan diri Anda kepada orang lain. Sudah dijelaskan diatas bahwa salah satu alasan kenapa remehan muncul karena seseorang menganggap dirinya lebih baik dari orang lain.

Jika posisi orang lain itu adalah kamu, lalu apa yang akan kamu lakukan. Hanya berdiam diri dan mendengarkan remehannya aja, atau mencegah remehan tersebut ?. Ya terkadang tidak ada salahnya kamu sesekali menunjukan prestasi apa yang sudah kamu capai selama ini, sekedar memperkenalkan diri kamu sendiri. karena boleh jadi orang yang sering meremehkan kamu mungkin tidak tahu siapa diri kamu sebenarnya, apa yang sudah kamu lewati, dan apa yang sudah kamu capai.

Menunjukan prestasi itu bukan berarti kamu harus berteriak dengan keras tentang prestasi kamu kepada orang lain, cukuplah secara halus supaya mereka mengerti dan mulai mengenal siapa diri kamu yang sebenarnya.

4. Jangan Banyak Bicara

Coba kamu bandingkan sikap seseorang kepada orang yang pendiam dan orang yang banyak bicara. Apa perbedaannya. ? Ya perbedaan yang sangat ketara adalah orang yang pendiam seringkali di segani, dan orang yang banyak bicara kebanyakan dianggap remeh orang lain. Kenapa bisa begitu ?.

Contohnya dalam hal persaingan, orang yang sesumbar bahwa dia bisa mengalahkan si pendiam dengan mudah bisa jadi orang ini hanya menutup kelemahannya dengan cara sombong dan merasa paling hebat sendiri, atau dengan kata lainnya hanya ingin menghibur dirinya sendiri.

Berbeda dengan si orang pendiam yang terlihat tetap tenang. Mungkin dari kita sudah mengetahui bahwa si pendiam akan menang karena memang kita tahu si pendiam mempunyai kualitas yang tinggi.

Inti dari contoh diatas adalah lebih baik kita diam lalu diakui orang lain, daripada banyak bicara hanya untuk memaksa mendapatkan pengakuan dari orang lain.

5. Tunjukan Sikap Mandiri

Bicara tentang seberapa pentingkah sikap mandiri itu dalam kehidupan kita, jawabannya sangatlah penting. Mandiri adalah salah satu bentuk penilaian kita di mata orang lain. Mandiri bukan berarti kamu melakukan segala sesuatu sendirian tanpa bantuan orang lain, tapi mengacu pada melakukan sesuatu dengan kemampuan sendiri.

Percaya atau tidak, dengan mengurangi ketergantungan pada orang lain juga akan mengurangi sikap orang yang meremehkanmu, karena mereka akan menganggap kamu sebagai seseorang yang bisa diandalkan. Selain itu, kemandirian juga akan menambah pengalaman hidup yang mungkin saja kamu butuhkan di masa depan.

6. Lebih perkaya Pengetahuan

Kamu boleh jadi merasa pengetahuan kamu sudah sangat banyak, namun kamu tidak menyadari bahwa ilmu itu sangatlah luas. Walaupun kamu sudah menguasai suatu bidang dengan lihai, tapi bukan berarti kamu harus menutup pengetahuan sampai disitu saja. Masih banyak yang belum di eksplore dan dikembangkan.

Apakah kamu tahu, ketika kamu berhenti untuk belajar, secara gak sadar, kamu sudah membuka pintu orang lain untuk meremehkan dirimu. Hal ini terjadi karena proses memperbaiki diri kamu terhenti sedangkan perkembangan orang lain semakin membesar.

Ibaratnya sebuah perlombaan yang awalnya kamu jauh meninggalkan semua pesaing, namun terhenti ditengah jalan, maka cepat atau lambat, kamu akan tersalip oleh pesaing.

Maka dari itu, tingkatkanlah terus kemampuan dan pengetahuan, jangan pernah cepat merasa puas. Karena kemampuan diatas rata-rata akan mengubah remehan menjadi penghormatan.

7. Lebihi Ekspektasi Orang Lain

Cara selanjutnya adalah melebihi ekspektasi orang lain. Maksudnya seperti apa. Contohnya, Jika seseorang menilai kamu hanya pantas menjadi nomor dua, maka yang harus kamu lakukan adalah berusaha untuk memantaskan diri menjadi nomor satu.

Terkadang kita men-judge diri sendiri hanya karena alasan dari penilaian orang lain. Disaat orang lain menilai kamu pantas menjadi nomor dua, kamu menerimanya saja tanpa berambisi kenapa aku tidak jadi yang nomor satu.

Inti dari poin ketujuh ini adalah jangan pernah sekedar memenuhi harapan orang lain. Tapi lakukan semuanya melebihi ekspektasi orang lain. Karena saat kamu hanya berusaha mencapai apa yang diharapkan orang lain, maka yang kamu dapatkan hanyalah nilai standar.

Baca Juga: 30 Kata Kata Sindiran Orang yang selalu Merasa Pesimis

Menjadi nomor satu memang tidak mudah. Tapi Kalo memang kamu pantas menjadi nomor satu, kenapa tidak.

8. Lakukan Yang Terbaik

Apapun yang sedang kamu lakukan saat ini, maka berusahalah untuk melakukan yang terbaik. Hal ini adalah salah satu reaksi yang baik disaat remehan-remehan terus berdatangan kepadamu.

Dengan melakukan yang terbaik, mungkin saja kamu akan mendapatkan sebuah prestasi yang bisa menjadi senjata utama untuk mematikan remehan-remehan orang lain. Segaligus membuktikan bahwa apa yang selama ini mereka remehkan terhadap dirimu adalah sesuatu yang salah.

9. Jangan Pernah Meremehkan Orang Lain

Poin ke sembilan ini adalah rasa timbal balik yang harus kita semua lakukan. Jika kamu sama sekali tidak suka diremehkan orang lain, maka jangan pernah meremehkan orang lain juga. Terkadang, karma itu berlaku, kamu yang suka meremekan orang lain, maka jangan marah kalo orang lain pun akan meremehkan kamu.

Makna dari poin ke sembilan ini adalah biasakanlah untuk bersikap pengertian dan memahami satu sama lain. Perlakuan yang tidak kamu suka, jangan di salurkan untuk melakukannya kepada orang lain. Terkadang, perlakuan orang lain tergantung perlakukan kita terhadap orang lain.

10. Abaikan Mereka

Dan cara terakhir adalah mengabaikan mereka. Harus diakui bahwa waktu kamu sangatlah berharga jika hanya sibuk mengurusi remehan-remehan mereka yang tidak penting. Seharusnya, kamu berterima kasih kepada orang yang selalu meremehkanmu karena mereka sudah bersusah payah memperhatikan dan memberitahu kelemahan kamu supaya kedepannya kamu bisa menjadi lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here