Kisah Sukses Larry Ellison – Pendiri Oracle Corporation

0

Oracle adalah salah satu perusahaan teknologi yang fokus mengembangkan sistem manajemen basis data (database management system) terbesar di dunia. Untuk para pengembang teknologi, mungkin sudah sangat akrab dengan nama Oracle, khususnya dengan produk-produk keluaran Oracle antara lain, Oracle RDBMS, Mysql, dan Java.

Kesuksesan Oracle Corporation untuk membuat ketergantungan para pengguna produknya membuat pendiri Oracle bertengger di 10 besar orang terkaya di dunia. Lalu siapa sosok di balik kesuksesan Oracle ?. Dia adalah Larry Ellison Founder sekaligu CEO Oracle. siapa sangka Larry yang bahkan tidak lulus kuliah mampu menjadi orang yang paling berpengaruh dalam bidang teknologi. Bagaimana cerita suksesnya ?.

Nah berikut ini kita akan membahas kisah inspiratif Pendiri Oracle, Larry Ellison, dari profil, biografi, hingga perjalanan hidup yang mungkin memberikan kita pelajaran yang berharga. Simak Penjelasannya.

Biogarfi Larry Ellison

Larry Ellison bernama lengkap Lawrence Joseph Ellison, ia lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, pada tanggal 17 Agustus 1944. Ayah Larry adalah seorang pilot angkatan udara Amerika Serikat yang di ketahui berasal dari Italia, dan ibunya adalah seorang yahudi . Masa-masa kecil Larry tidaklah telalu menyenangkan, hal ini dikarenakan Larry di vonis menderita radang paru-paru di usianya masih 9 bulan.

Karena hal ini Larry kemudian diadopsi oleh bibi dan pamannya bernama Lillian and Louis Ellison atas permintaan ibunya. Ibu Larry menginginkan anaknya mendapatkan kehidupan yang lebih baik untuk melanjutkan kehidupan. Bersama orang tua angkatnya, Larry pindah dan dibesarkan di Chicago, AS. Disisi lain, Sang ibu yang bernama Florence Spellma lalu mulai mencari pekerjaan di California.

Setelah memasuki usia sekolah, Larry bersekolah di Eugene Field Elementary School, setara sekolah dasar. Kemudian melanjutkan sekolahnya di South Shore High School. Setelah lulus sekolah, Larry melanjutkan studinya ke jenjang Universitas dengan masuk di University of Illinois, jurusan ilmu Fisika.

Sayangnya, Larry Drop Out dari Universitas setelah Ibu angkatnya yang membiayai kuliahnya meninggal dunia. Selain masalah biaya, alasan lain Larry drop out dikarenakan tak mampu mendapatkan nilai yang bagus.

Beberapa waktu kemudian, Larry kembali mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kuliah, Larry masuk di Chicago University, Namun lagi-lagi ia harus berhenti kuliah. Ia kemudian berhenti karena alasan biaya setelah satu semester kuliah.

Awal Karir

Setelah berhenti kuliah, Larry Ellison kemudian memutuskan untuk pindah ke Berkeley, California, dengan modal sedikit uang. Larry kemudian tertarik dengan bidang komputer, ia lalu memperdalam keahlian komputer dengan cara belajar otodidak dan beberapa mengikuti kursus komputer.

Setelah dirasa pengetahuannya dalam bidang komputer sudah memadai, Larry kemudian melamar untuk bekerja di perusahaan, namun mengingat ia tak memiliki ijazah sarjana, Larry sempat menemukan beberapa penolakan dari perusahan yang ia lamar.

Baca Juga: 30+ Kata Kata tentang Sebuah Perubahan Kehidupan

Ia akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaan Investasi bernama “Fireman’s Fund” sebagai teknisi Komputer. Kemudian ia pindah bekerja di perusahaan bernama “Wells Fargo” untuk posisi yang sama yaitu teknisi komputer. Setelah berapa lama, Larry Ellison mulai berpikir tentang masa depan dan karir di tempat kerjanya yang dirasanya cukup sulit mendapatkan sebuah penghargaan atas kerja kerasnya.

Larry akhirnya memutuskan keluar dan bergabung untuk bekerja di Perusahaan “Ampex”. Disini Larry Ellison bekerja sebagai seorang programmer dalam pengembangan mainframe IBM.

Mendirikan Oracle

Di Ampex, Larry Ellison membaca sebuah teori database relasional yang di tulis oleh Edgar F. Codd. Karena tulisan itu, Larry menjadi terinspirasi dan ingin mengembangkan teori tersebut lalu membuat sebuah bisnis berkonsep “Structured Query Language” atau lebih di kenal dengan nama SQL. Proyek ini ia berinama Oracle.

Pada tahun 1977, Larry Ellison mengajak dua rekannya di Ampex “Ed Qates” dan “Robert Miner” untuk mendirikan perusahaan pengembangan perangkat lunak yang berfokus membangun sistem manajemen basis data (Oracle).

Dengan modal yang hanya US$ 2000 dan karyawan kurang dari 10 karyawan, namun perusahaan itu langsung mendapatkan klien besar dengan di percaya CIA yang merupakan intelejen Amerika Serikat untuk menjalin kerjasama dengan Oracle. Pada tahun 1981, IBM juga sepakat untuk menggunakan produk ciptaan Oracle.

Kesuksesan Larry Ellison – Oracle

Oracle melesat dengan cepat seiring dengan kebutuhan database dunia yang semakin banyak. Pada tahun 1986, Oracle resmi melantai di bursa saham (IPO). Walau sempat terkena masalah financial, namun Oracle masih mampu bertahan hingga saat ini.

Kesuksesan Oracle berlanjut dengan memperlebar pasar melalui akuisisi, beberapa diantaranya adalah Peoplesoft, Siebel Systems dan Sun Microsystems. Selain itu Oracle juga sukses membuat produk-produk ciptaan mereka meledak dipasar.

Oracle menjelma menjadi penguasa database di dunia. Hampir data yang ada di dunia ini menggunakan produk-produk dari Oracle seperti Mysql, dan Java. Selain itu, produk-produk lainnya tak kalah mentereng seperti Application Server (Web DB, OAS), Development Tool (Oracle Developer, Oracle Designer), dan Application Suite (Oracle Apps). dan Oracle Application Server.

Sejalan dengan suksesnya Oracle menjadi perusahaan pengembang perangkat lunak (software) terbesar kedua setelah Microsoft, menjadikan pendiri Oracle yaitu Larry Ellison menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Baca Juga: Kisah Sukses Pendiri Aplikasi DropBox – Drew Houston

Menurut data dari Forbes yang diambil pada tanggal 23 Desember 2017, Larry Ellison menduduki peringkat ke 7 sebagai manusia paling tajir sejagat dengan total kekayaan sebesar US$ 52,3 Miliar atau sekitar Rp 680 Triliun.

Biodata Oracle

Founder: Larry Ellison, Bob Miner, Ed Oates
Berdiri: 16 Juni 2977
Jumlah Karyawan: 138,000 (2017)
Produk:
Oracle Applications, Oracle Database, Oracle Enterprise Manager, Oracle Fusion Middleware, servers, workstations, storage
Profil Larry Ellison
Nama: Lawrence Joseph Ellison
Tanggal Lahir: 17 Agustus 1944
Founder Oracle Corporation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here