10 Cara Positif agar Bisa Menjadi Seseorang yang Sabar

0

Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam segala sitausi dengan cara tidak mengeluh. Sabar sangat erat dengan kemampuan untuk mengendalikan diri yang juga sebagai acuan untuk menilai seberapa kuat kepribadian seseorang.

Banyak yang menganggap bahwa kesabaran itu sangat sulit dilakukan. Hal ini terjadi akibat banyak yang tak bisa menahan diri, seolah-olah tergesah-gesah atau ingin menyelesaikan sesuatu secepat mungkin.

Contohnya dalam hal pekerjaan sehari-hari. Tidak jarang di antara kita menyukai sesuatu yang instan, dengan kata lain ingin cepat berhasil. Walaupun hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil, namun ketika kita melupakan prinsip kesabaran untuk mencapai tujuan, itu sama saja kita tidak menghargai makna dari perjuangan dan pengorbanan kehidupan.

Tidak hanya masalah pekerjaan. Sabar juga sangat identik dengan cobaan dan masalah kehidupan. Seperti kata bijak yang mengatakan “Terkadang kesabaran kita akan diuji ketika kita menghadapi ujian hidup yang berat”.

Saat kita mendapatkan ujian kehidupan. Banyak diantara kita justru merasa tidak sanggup menghadapi cobaan kehidupan, bahkan ada yang berani menghadapinya, namun justru menyerah di tengah jalan. Alasan yang simple saat kita memutuskan untuk menyerah salah satunya adalah menganggap apa kita usahakan untuk keluar dari zona sulit terasa sia-sia atau tidak ada gunanya.

Disinilah letak pentingnya makna kesabaran. Bisa jadi ketika kita berusaha untuk sabar dalam kondisi apapun, mungkin saja apa yang kita dapatkan dengan cara bersabar akan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Lalu, bagaimana cara kita untuk menjadi orang yang sabar ?. Nah berikut ini adalah 10 Cara dan Tips Positif agar kita menjadi sosok pribadi yang lebih sabar. Simak Penjelasannya.

10 CARA AGAR JADI SESEORANG YANG SABAR

1. Selalu Berpikir Positif

Pikiran mengambil peran yang besar untuk menjadi seorang yang sabar. Ini mungkin adalah alasan yang masuk akal kenapa kita banyak yang terlihat tidak bisa sabar menghadapi sesuatu. Seseorang yang tak bisa mengendalikan pikirannya akan terus terjebak di atas “apa yang dipikirkannya”.

Contohnya. Kita berpikiran negatif tentang keberhasilan di masa depan. Dampak dari hal ini mungkin saja kita akan mudah merasa cemas dan khawatir tentang apa yang dipikirkan tersebut. Alhasil, rasa cemas itu akan sedikit menganggu kesabaran kita untuk mengetahui seperti apa diri ini di masa depan.

Oleh karena itu, belajarlah untuk berpikiran positif tentang segala sesuatu yang sedang kita rasakan saat ini. Terkadang, apa yang kita bayangkan, tak semuanya menjadi kenyataan. Dengan berpikiran positif, itu berfungsi untuk melatih kesabaran kita sedikit demi sedikit,

2. Melatih Pernafasan supaya merasa Tenang

Salah satu pemicu sikap tidak sabar adalah kurangnya kemampuan untuk bersikap rileks dan tenang. Percaya atau tidak, kuatnya kesabaran kita itu tergantung bagaimana kita mengendalikan emosi pada diri sendiri.

Tak jarang emosi kita meledak-ledak saat menghadapi sebuah masalah dikarenakan ketidakmampuan kita mengalahkan emosi. Oleh karena itu, jangan berharap untuk bisa bersabar jika kita sama sekali tak mampu menahan emosi dan amarah.

Lalu bagaimana cara kita untuk bersikap rileks dan tenang ?. Jawabannya sangat mudah, kita cukup belajar melatih bernafasan, menarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan dengan perlahan. Lakukan hal ini ketika emosi kita sedang di puncaknya, maka dengan begitu kita akan menjadi lebih tenang dan tentunya akan lebih sabar.

3. Perbanyak Istirahat

Dizaman sekarang ini, kesibukan sudah menjadi makanan kita sehari-hari, bahkan kita seakan diburu-buru oleh waktu karena deadline pekerjaan atau karena target-target tertentu. Nah hal ini tidak jarang membuat kita mudah stress dan kelelahan yang menyebabkan rasa sabar kita sedikit terganggu.

Gaya hidup diatas tentu harus dikurangi. Beristirahat adalah hal yang sangat berpengaruh untuk memulihkan kondisi tubuh dan menghilangkan beban hidup sementara, sehingga nantinya kita bisa lebih fresh untuk melakukan sesuatu secara optimal.

4. Belajarlah sama Orang yang Selalu Sabar

Lingkungan cukup berperan dalam membentuk kepribadian kita. Lingkungan yang baik, tentu akan berdampak yang baik, begitupun sebaliknya. Ibaratnya kita berteman dengan seorang penjual minyak wangi,

Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya.

Dari umpama diatas, kita bisa tahu seberapa besar pengaruh lingkungan terhadap perkembangan kita. Maka dari itu, jika kamu ingin menjadi seorang yang lebih sabar, biasakanlah untuk bergaul dengan orang-orang sabar menurutmu.

Hal ini supaya kamu bisa melihat dan memperhatikan bagaimana orang-orang sabar saat menghadapi sesuatu, bahkan saat mendapatkan cobaan yang berat.

5. Belajarlah Menerima dan Merelakan

Ketika perkara yang tak diinginkan datang, apa yang dirasakan oleh manusia lemah ? Tanpa sadar, ia akan mengeluh, mengupat, dan menyalahkan ketidakadilan dari takdir yang ditetapkan Tuhan. Begitu juga ketika kita mengalami kehilangan sesuatu, apa yang dirasakan oleh manusia lemah ? Tanpa sadar, ia akan merasa menyesal dan menyalahkan dirinya sendiri.

Lalu kenapa ini bisa terjadi ? Mungkin kurangnya rasa ikhlas untuk menerima dan merelakan. Terkadang kita lebih condong untuk merasakan apa yang kita lihat, hingga lupa bahwa di setiap kejadian pasti mempunyai hikmah yang sangat besar. Walau tidak sekarang kita dapatkan, tapi percayalah, ia akan datang di waktu yang tepat.

Alangkah indahnya hidup ini jika kita bisa menerima apapun yang datang dan merelakan apapun yang pergi. Walau terlihat agak simple, dan cukup sulit dilakukan, tapi hal ini dapat membantu kita belajar untuk lebih bersabar di kemudian hari. Maka dari itu, mulailah untuk belajar menerima dan merelakan.

6. Bedakan Sesuatu yang Penting dan Tak Penting

Terkadang ada kondisi dimana kita boleh bersikap tidak sabar, contohnya ketika ada perlakukan yang melebihi batas atau keterlaluan. Jika memang demikian, kita boleh sesekali menegurnya dengan tujuan supaya ia sadar dan tak lagi melakukannya di kemudian hari.

Oleh karena itu, ada baiknya kita bisa memiah-milah mana yang penting dan yang mana tak penting untuk bersabar. Jangan sampai keselamatan kamu terancam, tapi kamu masih berdiam diri karena alasan ingin bersabar. Hehe.

7. Jangan Tengok ke Atas, Tengoklah ke Bawah

Kemudian salah satu alasan lainnya kenapa kita sulit untuk bersabar adalah karena kita terlalu fokus melihat keatas, dan lupa bahwa masih banyak yang tak seberuntung dirimu dibawah.

  • Musibah yang lebih sulit
  • Sakit yang lebih perih
  • Suasana yang lebih sepi
  • Dll.

 

Masih banyak kok yang lebih susah dari kita, dan juga kita tidaklah sendirian, karena setiap manusia yang hidup pasti punya masalahnya masing-masing. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang yang sabar, hal yang pertama yang mensti kita lakukan adalah jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain.

8. Pelihara Ambisi dan Tujuan Hidup

Tak peduli seberapa besar cobaan hidup yang memaksa kita untuk bersabar, itu jauh lebih mudah jika kita tetap menyimpan ambisi dan tujuan hidup. Ambisi membuat kita mempunyai tujuan hidup yang jelas, karena ia memberikan keinginan yang kuat untuk meraih kesuksesan dan keinginan untuk melanjutkan kehidupan menjadi lebih baik.

9. Ingatlah bahwa Segala Sesuatu Bersifat Sementara

Ketika kita mengeluh karena mendapatkan ujian hidup yang amat berat atau mengeluh karena tak mampu menahan amarah dan emosi. Mungkin hal ini terjadi karena kita menganggap bahwa itu akan terjadi selamanya, atau akan berlangsung lama.

Tapi nyatanya tidak demikian, apapun yang kamu rasakan saat ini, itu hanyalah bersifat sementara. Cobaan hidup yang kamu hadapi ibaratnya malam yang hanya menunggu datangnya waktu pagi. Begitu juga emosi yang kamu rasakan, mungkin kamu hanya terbawa suasana yang negatif sehingga tak dapat mengendalikan amarah.

Percaya atau tidak, jika kita mamahami bahwa semua itu hanya bersifat sementara, maka kita akan mudah menahan diri untuk kesabaran.

Baca Juga: 30 Kata Kata Sabar Menghadapi Cobaan dan Musibah Hidup

10. Dekatkan diri Kepada Tuhan

Dan tips terakhir sekaligus tips paling ampuh untuk menjadi orang yang sabar adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha esa. Kita bisa beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing.

Dan sampaikanlah semua keluhanmu hanya kepadaNya, lalu Berdoalah kepadaNya agar kamu diberikan kekuatan dan ketenangan untuk menjalani kehidupan ini.

Ya Tuhan, limpahkan kesabaran pada hati dan diri kami, teguhkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami ketika kami mendapatkan kesulitan. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here