Kisah Sukses Jimmy Wales – Sang Pendiri Wikipedia

0

Di zaman serba Internet seperti saat ini, tentu sangat mudah untuk mencari dan mendapatkan sebuah Informasi. Kita cukup searching di Internet, seketika itu Informasi yang kita cari muncul dihadapan kita. Memang Internet menawarkan sejuta informasi yang dapat kita akses dimanapun dan kapanpun.

Bicara tentang mendapatkan Informasi di Internet. Situs apa yang sering kalian jadikan referensi dan rujukan kalo ingin mencari sebuah Informasi ?. Yaps, Wikipedia. Hampir semua dari kita pasti pernah mengunjungi situs yang dijuluki situs sejuta umat ini.

Wikipedia merupakan situs ensiklopedia terlengkap dari semua bahasa di dunia. Selain menawarkan sejuta Informasi, Wikipedia juga memungkinkan kita untuk saling bertukar Informasi dengan membuat, mensunting, menyalin informasi, dan disebarkan secara bebas. Artinya Wikipedia bersifat terbuka untuk siapa saja yang ingin berkontribusi bagi penyebaran pengetahuan secara digital.

Maka tidak heran mengapa Wikipedia menjadi sangat populer di masyarakat dunia. Bahkan saat ini Wikipedia menduduki posisi ke 5 di dunia sebagai situs yang paling banyak di kunjungi di planet ini. Hal ini menjadi bukti kedikdayaan Wikipedia sebagai salah satu situs paling populer sepanjang masa.

Nah dari kesuksesan Wikipedia, kepikiran gak siapa sih sosok dibalik nama besar Wikipedia ?. Dia adalah Jimmy Wales Founder Wikipedia. Lalu seperti apa kisah sukses Jimmy Wales ?. Berikut ini adalah cerita inspiratif dari sang pendiri Wikipedia mulai dari biografi, profil, hingga perjalanan hidup. Simak Penjelasannya.

Biografi

Jimmy Donal Wales, atau lebih di kenal Jimmy Wales, lahir pada tanggal 7 Agustus 1966 di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Ia terbilang menjalani hidup yang sederhana. Ayahnya adalah seorang pemilik toko serba ada, sedangkan ibunya adalah salah satu staff pengajar di sebuah sekolah swasta kecil.

Yang menarik dari sekolah tempat Ibunya bekerja ini sedikit berbeda dengan sekolah lainnya. Dimana selain jumlah muridnya yang sedikit, sekolah ini juga diketahui menyatukan murid-muridnya di satu kelas karena jumlah murid yang terlalu sedikit, dan wales pun juga bersekolah disini.

Selain itu, metode pengajaran dari sekolah itu memungkinkan para siswanya untuk memilih pelajaran yang mereka sukai. Dan bagi Wales, ia sangat suka mempelajari dan membaca buku tentang Ensiklopedia dunia.

Setelah lulus Sekolah Dasar, Wales melanjutkan pendidikannya di Randolph School. Di sana Wales mulai mengenal dan mempelajari teknologi dasar karena memang Sekolah itu mempunyai fasilitas teknologi yang memadai untuk digunakan muridnya, misalnya laboratorium komputer dan lain sebagainya. Walaupun Wales merasa bahwa bersekolah disana terlalu mahal untuk keluarganya, tetapi ia juga sadar bahwa pendidikan itu sangatlah penting untuk meraih semua cita-citanya.

Setelah lulus, Wales melanjutkan pendidikannya dengan masuk Universitas Auburn dan lulus sebagai seorang sarjana keuangan. Kemudian ia melanjutkan gelar master di Universitas Alabama untuk jurusan yang sama. Dan kembali melanjutkannya di Universitas Indiana dengan gelar Doktor. Selama mengemban pendidikan pasca sarjana, Wales sempat menjadi seorang Dosen tidak tetap. Namun sayangnya ia tidak mengerjakan disertasi untuk memperoleh gelar Ph.D.

Setelah menuntaskan pendidikannya, Wales memulai karir dengan bekerja sebagai direktur riset di Chicago Options Associates, salah satu perusahaan pialang, ia bekerja di perusahaan ini dengan rentang waktu tahun 1994 hingga 2000.

Membangun Bomis dan Nupedia

Walaupun ia bisa mendapatkan banyak uang saat bekerja di perusahaan ini, namun nyatanya hal ini bukanlah menjadi pilihan utama hati Wales hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhenti. Di sela-sela bekerja tepatnya pada tahun 1996, ia secara diam-diam mendirikan sebuah situs perniagaan dan pencarian bernama Bomis.

Situs Bomis sempat booming, namun situs ini dinilai kontroversi karena dianggap menampilkan dan menjual barang-barang yang erotisme. Tak pelak ia akhirnya melepas Bomis dan kembali memulai bisnis yang bersifat “aman” dan lebih bermanfaat.

Pada bulan Maret tahun 2000, Wales akhirnya mendirikan situs ensiklopedia bernama Nupedia. Situs ini adalah cikal-bakal dari lahirnya situs Wikipedia.

Lahirnya Wikipedia

Larry Sanger yang merupakan karyawan Wales saat di Bomis, mengajukan proposal untuk membuat situs ensiklopedia berbasis wiki (memungkinkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs).  Ide tersebut muncul dikarenakan lambatnya pertumbuhan dari situs Nupedia. Menindak lanjuti ide tersebut, Wales kemudian berusaha untuk mewujudkan lahirnya situs itu, dan pada akhirnya, pada tanggal 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi didirikan.

Pada awalnya Wikipedia adalah situs pendukung Nupedia, dimana semua informasi yang diberikan oleh pengguna di situs Wikipedia diperiksa oleh para ahli dan kemudian informasi tersebut dimasukan ke situs Nupedia.

Tetapi perkembangan Wikipedia yang sangat cepat menjadikan situs ini semakin berkembang dan situs Nupedia menjadi terbengkalai.

Menurut informasi dari media luar, Wikipedia menghabiskan dana hingga US$ 500 ribu, dan dana itu merupakan hasil keringat Wales sendiri semasa bekerja di perusahaan pialang saham. Dan baru tahun 2006, ia mendapatkan suntikan dana modal dari beberapa perusahaan yang peduli terhadap keinginan mulia Wales untuk membagikan Informasi bermanfaat di seluruh dunia.

Kesuksesan Wales

Pada tanggal 3 Juni 2006, Wales mendapatkan gelar kehormatan dari Knox College. Pada tanggal 3 Mei 2006, Wales sukses mendapatkan penghargaan Pioneer Award dari  Yayasan Electronic Frontier. Wales juga adalah orang pertama yang masuk dalam daftar “Scientists & Thinkers” pada majalah Time edisi khusus tanggal 8 Mei 2006 (sebagai orang yang paling berpengaruh di dunia), dari daftar 100 orang terkemuka 2006 di majalah Time.

Dan saat ini, menurut data dari Alexa, Situs Wikipedia menduduki peringkat ke 5 sebagai situs paling banyak di kunjungi dan paling populer di Planet ini.

  • Nama Lengkap : Jimmy Donal Wales
  • Nama Penggilan : Jimbo / Jimmy
  • Tempat Tanggal Lahir : Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. 7 Agustus 1996
  • Almamater : Universitas Auburn, Universitas Alabama, Universitas Indiana Bloomington

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here