Kisah Sukses Min-Liang Tan – Pendiri Razer Inc (Perangkat Gaming)

0

Akhir-akhir ini nama Razer makin populer khususnya bagi para pecinta gaming di seluruh dunia. Razer adalah salah satu perusahaan dan merek peralatan game yang paling di kenal dan laku di dunia. Razer di dirikan pada tahun 2005 di San Diego, dan saat ini bermarkas di dua kantor pusat yaitu di Singapura dan di San Fransisco. California, Amerika Serikat.

Min-Liang Tan adalah sosok otak dibalik kesuksesan Razer Inc. Ia adalah Co-Founder sekaligus CEO Razer yang sukses membuat Razer dari nol hingga meraksasa seperti saat ini. Lalu bagaimana kisah sukses Min-Liang Tan pendiri Razer Inc ?. Berikut ini adalah cerita inspiratif dari pendiri Razer Inc dari profil, biografi, hingga perjalanan hidup yang mungkin memberikan pelajaran berharga untuk kita. Simak Penjelasannya.

Biografi

Min-Liang Tan lahir pada tahun 1977 di Singapura, Tan adalah anak bungsu dari empat bersaudara di keluarganya. Ia dibesarkan di Singapura, Tan sangat fasih berbahasa Inggris dan Mandarin. Dua saudara kandung Tan adalah seorang Dokter, yang salah satunya adalah ilmuwan ahli klinis terkenal bernama Min-Han Tan, seorang lagi adalah seorang pengacara, dan Tan sendiri adalah seorang mantan pengacara.

Tan adalah alumni dari Raffles Institution dan Hwa Chong Junior College sebelum akhirnya ia memutuskan melanjutkan kuliah dengan masuk Fakultas Hukum, di Universitas Nasional Singapura. Ia berhasil menduduki peringkat 20 besar di kelas pasca sarjana ketika lulus pada tahun 2002.

Sebelum mendirikan Razer, Tan memulai karirnya menjadi seorang advokat dan pengacara untuk Mahkamah Agung Singapura. Namun disisi lain, keinginannya untuk menjadi seorang pengusaha semakin kuat di dalam hatinya. Ia lalu mendirikan firma hukum bersama teman-temannya.

Mendirikan Razer

Sejak kecil, Tan sudah terobsesi dengan video game. Permainan game pertamanya adalah bermain game Lode Runner di komputer ayahnya saat ia berusia lima atau enam tahun, hobinya berlanjut ketika remaja saat bermain Counter Strike dan World Of Warcraft. Bahkan setelah lulus dari National University of Singapore dan bekerja sebagai pengacara, dia akan bermain game komputer setelah jam kerja berakhir.

Dari hobinya bermain game, Tan lantas berpikir untuk memulai sesuatu yang lebih bermanfaat daripada hanya menjadi seorang penikmat dari bermain game. Tan akhirnya meninggalkan firma hukum yang ia dirikan demi pergi ke San Diego untuk mengambil kesempatan memulai bisnis dan entrepeneur yang berhubungan dengan game.

Tan membeli tiket menuju California dan menghubungi Robert Krakoff yang merupakan senior dalam bidang teknologi. Mereka bekerja sama untuk merancang mouse gaming pertama di dunia. Proyek ini mereka berinama “Razer Boomslang”,

Mouse yang mereka ciptakan ternyata disambut baik oleh masyarakat. Mereka berdua lantas mendaftarkan Razer dan mendapatkan hak cipta atas nama Razer. Tan dan Krakoff akhirnya resmi mendirikan Razer Inc pada tahun 2005, di San Diego, California. Amerika Serikat. Tan mengambil peran sebagai CEO dan Creative Director Razer.

Kesuksesan Razer dan Tan

Berdirinya Razer Inc adalah tanda dari Tan dan Krakoff untuk melakukan ekspansi secara global. Razer kemudian mengeluarkan perangkat-perangkat gaming ber-spek mutahir demi memanjakan para gamers untuk bermain game dengan lancar.

Razer akhirnya memperlebar sayap bisnisnya dengan merilis beberapa perangkat berbau gaming seperti laptop gaming, desktop gaming, hingga aksesoris gaming seperti mouse, headset, keyboard, mousepad, dan console.

Tak berhenti sampai disitu, keseriusan Razer untuk menguasai perangkat gaming di dunia tergambar setelah mereka resmi merilis Smartphone pertama Razer yang diberi nama “Razer Phone” pada akhir tahun 2017.

Sejalan dengan kesuksesan Razer, pendirinya Min-Liang Tan menjadi orang kaya raya. Menurut data dari forbes januari 2018, kekayaan Min-Liang Tan mencapai $US 700 Juta atau sekitar Rp 9,1 Triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here