in

Bukan di Luar Negeri, 5 Wisata Indonesia Ini Mirip New Zealand

Wisata Indonesia

Pademi corona belum kelar, new normal sudah dimulai, tempat-tempat wisata Indonesia sudah mulai diaktifkan kembali. Namun di tengah-tengah itu, travelling ke luar negeri masih dianjurkan tidak dilakukan.

Diantara kalian pasti banyak list nama-nama negara yang menjadi tujuan travelling usai pandemi, New Zealand pasti menjadi salah satunya. Negara yang satu ini memang mempesona dengan lekuk alamnya yang eksotis, apalagi view pegunungannya.

Tapi tahan dulu ya! Dunia belum pulih, corona masih perlu diwaspadai. Nah, kalau kalian butuh travelling sekarang, gimana kalau travelling di wilayah dalam negeri saja? Selain aman untuk saat ini, juga lebih hemat budget.

Indonesia juga punya banyak wisata eksotis loh, bahkan banyak yang mirip dengan beberapa spot New Zealand baik dari pesona hingga suasananya. Daripada penasaran, tengok dulu nih beberapa wisata Indonesia yang mirip dengan view di New Zealand di bawah ini!

1. Padang Mengatas (Sumatra Barat)

Di Sumatra Barat, ada kepingan wajah Indonesia yang dibilang mirip dengan pemandangan New Zealand, Wisata Padang Mengatas namanya. Masyarakat sekitar menyebutnya Padang Mengateh.

Wisata Padang Mengatas memang sedang hits saat ini. Saat kalian berkunjung ke tempat ini, kalian akan menemui hamparan padang rumput seluas 280 hektar yang disertai dengan gerombolan sapi-sapi yang diternak liar.

Yah, memang faktanya, Padang Mengatas ini merupakan peternakan sapi yang dikelola oleh Badan Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas. Lokasinya berada di Desa Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluih Kota.

Di tempat ini kalian akan merasakan sensasi seolah berada di Zealand. Cukup bayangkan saja, karena viewnya memang sangat mendukung. Jadi tak perlu jauh-jauh harus pergi ke New Zealand dengan kondisi dunia yang seperti sekarang ini.

Baik untuk menyegarkan pikiran maupun untuk hunting foto, tempat ini cocok dijadikan dimasukkan dalam list travelling-mu. Bahkan tak jarang pula orang melakukan pemotretan prewedding di tempat ini.

Hanya saja, untuk mengunjungi ke tempat ini tidak cukup mudah. Kalian harus melakukan pendaftaran online, kemudian menunggu ijin dari pihak pengelola. Jadi tidak bisa sembarangan masuk ya!

2. Bukit Kuta Malaka (Aceh)

Kalian tinggal di Aceh atau di daerah sekitarnya? Nah, jangan terburu-buru mengincar wisata di luar negeri, nikmati dulu pesona keindahan Aceh yang tak kalah memukau dengan pemandangan-pemandangan di luar negeri.

Kalian harus tau, Aceh juga merupakan salah satu kawasan Indonesia yang memiliki banyak pesona alam menakjubkan loh. Salah satu destinasi wisata alam yang sedang hits dan menjadi favorit wisatawan saat ini ialah Bukit Kuta Malaka.

Bukit Kuta Malaka ini berupa bentangan perbukitan nan hijau. Setiap lekuk bukit-bukitnya yang hijau menampilkan landscape yang memukau. Suasana seperti ini akan membawa kalian pada suasana seperti di New Zealand sana.

Nah, biasanya, destinasi lain yang menjadi incaran wisatawan di Bukit Kuta Malaka ialah air terjunnya. Air terjun Kuta Malaka memang dikenal memiliki pesona yang spektakuler, banyak wisatawan yang rela menaklukkan track sulit demi air terjun ini.

Lokasi Bukit Kuta Malaka berada di Pemukiman Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar. Untuk menuju lokasinya, kalian harus menempuh sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh.

3. Kawah Wurung (Bondowoso, Jawa Timur)

Tak perlu repot-repot bermimpi untuk pergi travelling ke New Zealand yang katanya memiliki pemandangan alam super menakjubkan. Indonesia juga punya banyak pemandangan alam yang spektakuler.

Salah satu kepingan kecil keindahan Indonesia ada di Jawa Timur, lebih tepatnya di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Yah, wisata tersebut dikenal dengan nama Kawah Wurung.

Sesuai dengan namanya, Kawah Wurung ini merupakan sebuah kawah yang gagal terbentuk. Hanya saja, kawah tersebut diselimuti dengan rerumpatan nan hijau. Sesekali beberapa jarak terdapat pohon-pohon.

Berada di ketinggian 1500 mdpl menjadikan udara di Kawah Wurung terasa sejuk. Sangat serasi kalau dipadukan dengan pemadangan hamparan rumput yang menghijau, selayaknya berada di Negara New Zealand.

Sekalipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota Kabupaten Bondowoso, akses untuk menuju ke tempat ini tidaklah sulit. Perjalanan kesana sudah bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan beroda dua maupun roda empat.

Baca juga: Gak Harus Jauh-Jauh, 7 Wisata Indonesia ini Mirip Suasana di Eropa lho!

4. Bukit Holbung Danau Toba (Sumatera Utara)

Siapa yang tidak kenal dengan Danau Toba? Salah satu tempat wisata legendaris yang ada di Indonesia. Danau toba selalu menampilkan pesona menakjubkan dari berbagai sisi, karena dikelilingi dengan banyak spot yang memukau.

Nah, Bukit Holbung adalah salah satu sisi menarik dari Danau Toba yang tak boleh dilewatkan. Kawasan berupa bentangan savana yang menghijau menampilkan landscape yang asri sekaligus megah.

Lipatan-lipatan perbukitannya hijau yang dikombinasikan dengan megahnya Danau Toba menjadikan panorama yang benar-benar menakjubkan. Salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba ialah dari puncak bukit ini.

Kombinasi ini tak hanya menawarkan spot yang keren, namun juga suasana yang tenang ditambah dengan sejuknya udara setempat. Sebagian wisatawan datang ke tempat ini untuk melakukan tracking sekaligus mencari suasana yang tenang.

Banyak yang bilang kalau pesona Bukit Holbung mirip dengan view di New Zealand. Kawasan perbukitan yang juga dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies ini berada di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

5. Bukit Tungku Wiri Danau Sentani (Papua)

Tak hanya terkenal dengan festivalnya, Danau Sentani juga termasuk obyek wisata yang spektakuler dengan keindahan alamiah. Sama halnya dengan Danau Toba, Danau Sentani juga memiliki banyak sisi yang memikat.

Satu bagian sisi yang menjadi favorit wisatawan ialah Tungku Wiri, atau warga setempat menyebutnya Bukit Teletubbies. Keindahan yang sama, namun dengan potensi eksotisme yang berbeda dengan bukit-bukit lainnya.

Ketika kalian berada di puncak bukit ini, kalian akan disuguhkan dengan dua sisi pemandangan yang berbeda. Satu sisi menghadap Danau Sentani, dan satu sisi lagi berupa hamparan padang rumbut yang nampak segar menghijau.

Kedua spot inilah yang menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Papua. Dan banyak dari mereka yang mengakui bahwa pesona bukit ini adalah bentuk refleksi dari keindahan pemandangan di New Zealand.

Nah, untuk mencapai puncak Bukit Tungku Wiri ini memang memerlukan sedikit tenaga untuk hiking. Jangan khawatir, puncaknya tidak terlalu tinggi, namun harus tetap waspada, apalagi saat musim hujan, track-nya licin.

Lokasi Bukit Teletubbies ini masuk ke dalam kawasan Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Jayapura(Papua). Perjalanan ke sana hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari Bandara Sentani, jadi tidak terlalu jauh.

Jadi list rekomendasi tempat wisata Indonesia di atas, benar-benar yang mirip dengan pemandangan di New Zealand kan? Untuk apalagi pergi ke New Zealand jika Indonesia juga punya pemandangan spektakuler seperti di sana?

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *