in

6 Spot Keren di Taman Nasional Baluran, Incaran Wisatawan

Indonesia memang masyur dengan keanekaragaman hayati yang dimilikinya. Ada banyak kawasan konservasi yang kerap mengundang wisatawan. Salah satu kawasan konservasi yang banyak menarik perhatian para wisatawan ialah Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional yang satu ini terletak di ujung timur Pulau Jawa, berada pada perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Lokasinya memang strategis sehingga banyak turis mancanegara yang mampir.

Taman Nasional Baluran merupakan wisata yang memiliki berbagai ragam flora dan fauna, cocok dikunjungi bersama keluarga maupun kawan. Kebanyakan orang datang bersama keluarga, menjadi sarana belajar buat anak-anaknya.

Eiitts, tapi meskipun begitu bukan berarti Taman Nasional memiliki view yang monoton. Di sana akan banyak dijumpai spot-spot super keren. Sayang sekali kalau harus dilewatkan saat berkunjung ke taman nasional ini.

Nah, diantara berbagai spot-spot keren, ada beberapa spot paling keren yang menjadi pilihan kebanyakan wisatawan. Berikut ini 7 spot terkeren Taman Nasional Baluran yang menjadi favorit wisatawan:

1. Nuansa Klasik di Goa Jepang

Ketika kita mendengar tentang Taman Nasional Baluran, tentu hal yang muncul di benak kita ialah pemandangan savana. Atau akan muncul bayangan-bayangan pemandangan dengan nuansa alam yang sangat lekat.

Tapi, bentuk keistimewaan Taman Nasional Baluran tidak hanya tentang destinasi bernuansa alam loh, ada juga unsur sejarahnya. Taman Nasional Baluran juga memiliki destinasi sejarah berupa sebuah goa yang antik.

Sesuai dengan namanya, Goa Jepang ini merupakan salah satu situs peninggalan sejarah pada masa penjajahan Bangsa Jepang. Dahulu, goa ini merupakan tempat penyimpanan amunisi serta tempat pertahanan tentara Jepang.

Sampai saat ini, goa tersebut masih terawat dengan baik oleh pihak pengelola Taman Nasional Baluran. Dengan tampilan yang antik, Goa Jepang kerap menjadi tempat persinggahan para wisatawan untuk berswafoto.

Lokasinya yang dekat dengan gerbang masuk memudahkan para wisatwan menemukan keberadaannya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Taman Nasional Baluran, jangan melewatkan spot klasik yang satu ini.

2. Eksotisme Savana Bekol Bak Pemandangan Afrika

Pernah bermimpi untuk mengunjungi savana di Afrika sana? Tak perlu jauh-jauh, Indonesia memiliki pemandangan savana yang tak kalah eksotis dengan savana yang ada dan terkenal di Afrika sana.

Di belahan Jawa Timur, savana Bekol yang merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran disebut-sebut mirip dengan savana di Afrika. Bahkan Savana Bekol ini menjadi ikonnya Taman Nasional Baluran.

Ketika wisatawan hendak mengunjungi Taman Nasional Baluran, Savana Bekol pasti menjadi incaran pertama untuk melakukan hunting foto. Lokasi ini menjadi destinasi paling favorit bagi pengunjung.

Savana Bekol merupakan destinasi terbaik untuk sekedar mengamati ataupun memotret satwa liar yang ada di Taman Nasional Baluran. Kawanan monyet berekor panjang, kerbau, burung-burung, rusa, banteng, dan berbagai satwa liar lainnya menjadi daya tarik utama.

Berbagai kawanan satwa liar ini memberikan spot-spot yang keren, nampak eksotis. Bahkan tak jarang, Savana Bekol dijadikan lokasi untuk melakukan pemotretan prewedding, karena memang spotnya yang super keren.

3. Landscape Kece dari Atas Menara

Pemandangan hamparan Savana Bekol yang luas tak hanya bisa dinikmati dari bawah, wisatawan juga bisa menikmatinya dari atas menara. Di sekitar kawasan Savana Bekol, memang terdapat sebuah menara pandang.

Dari atas menara pandang ini, wisatawan akan mendapat suguhan landscape yang memukau. Hamparan padang rumput beserta berbagai kawanan satwa liar akan nampak eksotis kalau diamati dari ketinggian.

Dari atas menara ini wisatawan dapat mengamati aktifitas berbagai kawanan satwa liar, mulai dari merumput hingga berlari-larian. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat melihat wisatawan lain yang sedang berkunjung.

Jangkauan untuk menggapai pemandangan pun juga pastinya lebih luas, yang jauh juga akan nampak dari atas menara ini. Wisatawan akan mendapatkan potret yang mengesankan jika membidik dari arah menara pandang.

Menara ini memang dibangun untuk memvasilitasi para wisatawan agar dapat menikmati pesona savana di Taman Nasional Baluran dari atas ketinggian. Rugi kalau spot yang satu ini sampai dilewatkan.

4. Rindangnya Evergreen Forest

Pemandangan savana memang menjadi daya tarik yang memikat. Namun sebelum sampai kesana, wisatawan juga akan terpana dengan pesona hutan rindang yang berada sebelum savana, Evergreen Forest namanya.

Selaras dengan nama yang menjadi julukannya, Evergreen Forest merupakan suatu bagian wilayah Taman Nasional Baluran yang selalu nampak hijau sepanjang musim. Sekalipun musim kemarau, lokasi ini akan tetap nampak rindang.

Evergreen Forest juga yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran. Hutan abadi yang menjadi julukan lain dari kawasan ini memang cukup terkenal dengan keunikannya tersebut.

Penampilan kawasan evergreen ini memang kontras dengan wisata yang dilindungi ini, yang sebagian besar berupa savana. Kawasan ini nampak lorong yang dihiasi dengan teduhnya pepohonan rindang.

Di kawasan Evergreen Forest biasanya banyak terdapat kupu-kupu cantik yang akan berterbangan di sekitar wisatawan saat lewat di sekitar kawasan ini. Banyak wisatawan yang tak rela melewatkan momen itu dalam potret mereka.

Baca juga: 7 Wisata Anti Mainstream di Bali yang Indahnya Eksotis

5. Pantai Bama yang Tampil Menawan

sumber foto: instagram/zulmye/

Pantai Bama seolah menjadi satu paket wajib yang harus dikunjungi saat berlibur ke Taman Nasional Baluran. Pesona pantai yang eskotik menjadi daya tarik yang kuat bagi para wisatawan.

Bahkan pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Tak heran, birunya air laut dipadukan dengan putihnya pasir pantai menampilkan panorama yang cantik.

Apalagi ekosistem di kawasan Pantai Bama ini terjaga kelestarian. Di kawasan ini masih banyak berkeliaran satwa-satwa liar seperti monyet berekor panjang, burung-burung, dan berbagai satwa lainnya.

Jangan heran jika monyet-monyet pada turun dan berkeliaran di bibir pantai, mereka senang mencari makan. Wisatawan banyak yang memanfaatkan momen dengan menjadikan mereka objek atau spot pemanis untuk berswafoto.

6. Spot Cantik Dermaga Mangrove Bama

Pantai Bama tidak hanya memiliki hamparan pasir putih serta air yang jernih, namun juga ada spot cantik dan romantis. Saat berwisata ke Pantai Bama, biasanya wisatawan tidak akan pernah luput untuk mampir ke tempat ini.

Lokasi tak jauh dari Pantai Bama, sekitar 100 meter ke arah selatan. Untuk mencapai Dermaga Mangrove Bama ini, wisatawan harus melewati jalan setapak yang ada di dalam hutan mangrove.

Sambil lalu, selagi berjalan menyusuri jalan setapak dalam hutan magrove, wisatawan biasanya menikmati jajaran hutan mangrove. Dan biasanya para wisatawan juga mengambil momen untuk berswafoto.

Jangan mengeluh dulu karena harus melewati jalan setapak, karena setelah sampai di dermaga, mata akan terpukau dengan pesonanya. Tatanan dermaga kecil ini menampilkan spot yang elok.

Ekosistem di dermaga ini benar-benar terjaga dan terawat, baik tumbuhannya maupun perairannya sehingga benar-benar cantik dan bersih. Bahkan tempat ini disebut-sebut sebagai tempat yang romantis.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *