in

7 Daftar Spot Terbaik Buat Hunting Sunset di Jogja, Pemandangannya Indah Nan Romantis

7 Daftar Spot Terbaik Buat Hunting Sunset di Jogja, Pemandangannya Indah Nan Romantis

Jogja yang berada di dataran tinggi tidak pernah habis dengan spot-spot alam yang keren dan bahkan selalu bermunculan penemuan berbagai spot wisata baru. Pantai, bukit, sunset, sunrise, dan wisata malam menceritakan tentang keindahan Jogja.

Dan diantara semua pesona yang Jogja berikan, khusus kali ini akan membahas tentang berbagai spot epic tentang sunset di Jogja. Jadi buat kamu yang suka memburu sunset, Jogja punya segudang spot epic untuk menikmatinya.

Diantara banyaknya spot yang bisa dinikmati, ada beberapa spot sunset paling epic favorit wisatawan. Ini dia, beberapa daftar spot paling epic untuk menikmati sunset yang bisa ditemukan di Jogja:

1. Puncak Sosok

Puncak Sosok, sebuah objek wisata yang terbilang baru karena masih baru dibuka pada tahun 2018. Meskipun terbilang cukup baru, wisata Puncak Sosok tidak pernah sepi pengunjung bahkan terus bertambah.

Momen favorit yang paling diburu di tempat ini ialah sore menjelang malam hari. Biasanya pukul 4 sore pengunjung mulai datang memenuhi tepat ini. Pasalnya, spot sunset di Puncak Sosok memang benar-benar memiliki pesona yang menakjubkan.

Rasanya teduh sekali menikmati momen saat matahari mulai turun hingga tenggelam diantara pemandangan Jogja. Langit semakin gelap, namun semakin menampak pemandangan yang cantik dengan kerlap-kerlip lampu Jogja.

Ditambah lagi, di tempat ini dibangun beberapa pondok-pondok yang nampak estetik dengan tampilan modelnya. Lokasi Puncak Sosok berada di sekitar 16 kilometer dari Kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul.

2. Bukit Bintang

Pernah terbayang menikmati sunset dengan siluet Gunung Merapi maupun Merbabu bersama pacar? Tak hanya khayal, kamu bisa mewujudkannya di Bukit Bintang asalkan sudah benar-benar ada pacar. Hehe.

Bukit Bintang, tempat nan romantis ini merupakan salah satu destinasi favorit kaum muda karena ramah di kantong. Banyak dari mereka yang hadir ke tempat ini untuk menikmati momen sunset beserta pemandangan malam yang bergemerlap.

Tak ayal, suguhan pemandangan bukit yang terletak di perbatasan antara Gunung Kidul dan Bantul ini memang menakjubkan. Spot sunset yang teduh hingga meriahnya gemerlap lampu-lampu yang menghiasi Jogja.

Bukit Bintang ini berada di Perbukitan Pathuk dengan ketinggian sekitar 150 mdpl dan aksesnya terbilang mudah. Jika sedang berlibur di sekitar di Gunung Kidul, sepertinya harus mampir ke tempat ini agar tidak menyesal di kemudian hari.

3. Bukit Tompak

Bukit yang satu ini masih terbilang cukup perawan diantara rekomendasi tempat-tempat lainnya. Akan tetapi, pesona keindahannya benar-benar memikat, menyuguhkan suasana nyaman saat sunset tiba.

Tak heran, Bukit Tompak menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang pemburu senja. Spot di tempat ini menampilkan konsep yang menarik, kolaborasi epic antara alam dan buah karya manusia.

Walaupun pengembangan dan popularitas belum sebaik wisata lain, tempat ini mulai menjadi destinasi favorit, khususnya bagi yang ingin bersantai menikmati senja. Karena di tempat ini sudah tersedia gazebo beserta warung-warung.

Perjalanan yang harus di tempuh untuk menuju lokasi Bukit Tompak memang sulit, cocok untuk yang suka tantangan. Bukit ini berlokasi di Jl. Sumur Bandung, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul.

4. Bukit Paralayang

Siapa yang tak kenal dengan kawasan wisata yang satu ini? Berdekatan dengan Pantai Fenomenal di Jogja menjadikan tempat ini juga ramai dikunjungi. Yups, Bukit Paralayang, destinasi keren untuk menikmati Kota Jogja dari ketinggian.

Menikmati serunya aktivitas paralayang, sekalipun hanya sebagai penonton tetap mengasyikkan. Pada umumnya, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini pada saat sore karena menunggu momen saat matahari kembali ke peraduannya.

Terpaan sinar hangat mentari sebelum petang menjadi favorit wisatawan, terutama kaum muda. Suasana semakin memikat, pemandangan semakin menakjubkan setelah langit mulai gulita dan berkombinasi dengan gemerlap lampu-lampu Kota Jogja.

Sebenarnya nama bukit ini adalah Bukit Gupit, namun lebih populer dengan nama Bukit Paralayang. Lokasinya berada di Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, lebih tepatnya di Desa Giricahyo. Aksesnya memang sedikit sulit karena menanjak, tapi tetap tidak akan rugi atas suguhan keindahnnya.

5. Tebing Breksi

Tebing Breksi menjadi salah satu destinasi favorit bagi sebagian masyarakat Jogja maupun masyarakat luar. Sebuah wisata yang terbilang unik dan artsy karena dihiasi dengan beberapa ukiran. Kian hari, pesona wisata yang satu ini semakin bersinar.

Tampak dari namanya, Wisata Tebing Breksi ini terbangun atas batuan breksi dan merupakan bekas pertambangan. Karena mengandung nilai seni, akhirnya diresmikan menjadi sebuah wisata pada tahun 2015 lalu.

Tentu, momen terbaik untuk menikmati pesona Tebing Breksi beserta view epic daerah sekitar ialah saat sunset tiba. Percayalah, saat sunset tiba di tempat ini, mata akan perpukau dengan pesonanya.

Sebagai pendukung pembangunan wisata daerah setempat, masuk ke wisata ini dikenakan tarif tiket senilai Rp 5.000 saja per orang. Lokasinya berada di Gn Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

6. Candi Ijo

Jogja memang lekat dengan nama besar Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Tapi pernah dengar nama Candi Ijo? Meskipun tak sepopuler Candi Borobudur dan Prambanan, Candi Ijo ini termasuk salah satu candi tertinggi di Indonesia loh.

Disebut sebagai candi tertinggi karena lokasi candi ini terletak di sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 357 – 395 mdpl. Lokasinya tepat di Dukuh Grogokan, Sambirejo, Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Dengan ketinggian tersebut, tak heran spot sunset di tempat ini sangat memukau. Dan tak jarang pula wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk berburu sunset. Bahkan ada pula yang melakukan pemotretan prewedding di tempat ini.

Lokasinya yang tak jauh dari Candi Prambanan menjadi destinasi tambahan para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Nah, kalau sedang berkunjung ke Jogja, tak ada salahnya mampir ke tempat candi ini untuk menikmati manisnya sunset di Kota Jogja.

7. Spot Riyadi

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati momen senja yang hangat di Kota Jogja. Diantara semua tulisan yang membahas hal ini, Spot Riyadi tidak akan terlewatkan.

Bagaimana tidak, tempat ini menjadi tempat yang banyak digandrungi oleh masyarakat yang suka menikmati senja. Tempat yang nyaman, tersedia berbagai suguhan makanan dan minuman membuat mereka betah berlama-lama di tempat ini.

Selain menunggu sunset, penampakan Candi Prambanan dan Gunung Merapi menjadi pusat objek yang bisa dinikmati di tempat ini. Dan uniknya, di tempat ini juga terdapat Jembatan Cinta, spot cantik untuk mendapatkan foto instagramable.

Nama Spot Riyadi ini diambil dari pemilik tempat ini yang awalnya hanya sebuah pekarangan rumah. Lokasinya berada di Padukuhan Dawangsari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman.

Nah, diantara semua list spot sunset diatas, manakah yang paling menarik? Sepertinya menarik semua deh. Dan bagi yang sedang berada di Jogja, wajib mampir, setidaknya salah satunya agar tidak penasaran dengan manisnya sunset Jogja.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *