in

Biarpun Pandemi Tetap Asyik, 7 Gaya Liburan Singkat Bareng Keluarga!

liburan keluarga

Merencanakan liburan bareng keluarga selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Tak peduli dengan waktu yang singkat, momen liburan bareng keluarga selalu membuat excited.

Namun sayang, di masa pademi ini harus memendam terlebih dahulu keinginan untuk melakukan liburan di luar kota. Karena bagaimanapun, keselamatan dan kesehatan keluarga harus benar benar dijaga.

Tak perlu risau, tak perlu galau, momen liburan bersama keluarga akan tetap tetap hangat dan menyenangkan. Hanya saja, ada beberapa gaya liburan yang mesti diubah. Kemana dan ngapain aja? Tengok bawah ini!

1. Piknik

Sumber: bing.com

Piknik akan selalu menjadi alternatif termudah dalam mengabiskan waktu liburan bersama keluarga. Apalagi jika hanya memiliki waktu liburan yang singkat dan terbatas karena pandemi ini.

Dengan melakukan piknik, kalian bisa membawa makanan dan minuman dari rumah sesuai selera. Selain menghemat biaya, membawa makanan dari rumah juga lebih aman karena terjamin kebersihannya.

Nah, jika memang benar-benar ingin melakukan piknik, pilihlah tempat yang aman untuk keluarga. Hindari memilih tempat yang ramai dan banyak berkontak langsung dengan orang luar.

Saat ini sudah banyak ruang terbuka yang cocok untuk dijadikan tempat piknik. Selain sebagai tempat yang nyaman, ruang terbuka juga bisa menjadi tempat belajar buat anak-anak agar lebih dekat dengan alam.

2. Glamping

Sumber: bing.com

Bisa dibayangkan, menikmati gemerlap bintang di alam terbuka rasanya seru sekali. Glamour camping atau sering disebut glamping merupakan salah satu alternatif untuk menikmati liburan singkat bersama keluarga.

Glamping sama saja dengan berkemah, sama-sama menikmati alam terbuka menggunakan tenda. Hanya saja fasilitas tenda yang digunakan untuk glamping lebih lengkap seperti menginap di hotel berbintang.

Saat ini juga sudah banyak tersedia area khusus untuk glamping yang tentu pemandangannya sangat indah. Beberapa diantaranya sudah tersedia pula fasilitas outbond. Jadi cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dan bagi yang tidak memiliki waktu banyak liburan keluar rumah, tak perlu jauh-jauh mencari lokasi untuk melakukan glamping. Glamping ini bisa dilakukan di pekarangan rumah loh.

Jadi untuk apa jauh-jauh jika halaman rumah bisa disulap menjadi area camp ground? Yang terpenting perlengkapan dan anggotanya lengkap. Acara glamping siap digarap.

3. Pesta Barbeque dan Api Unggun

Sumber: bing.com

Pesta barbeque bareng keluarga mungkin bagi sebagian orang sudah biasa. Tapi apakah sudah pernah coba merangkainya dengan acara api unggun? Belum pernah terbayangkan sebelumnya?

Coba deh untuk liburan keluarga kali ini, rencanakan pesta barbeque dengan ditambahi dengan acara api unggun. Untuk menambah romantisme di acara tersebut, tentukan dresscode-nya.

Acara barbeque akan semakin meriah dengan alunan suara petikan senar gitar. Asyik dong kalau acara barbeque dibumbuhi dengan acara nyanyi-nyanyi bareng mengelilingi api unggun.

Apalagi ditambahi dengan beberapa game santai, pasti bakalan lebih seru. Tak harus di villa atau di puncak, di halaman belakang rumah juga bisa. Ini salah satu cara ampuh melindungi keluarga dari kontak luar.

4. Nonton Bareng di Rumah

Sumber: bing.com

Menganggap aktifitas nonton bareng sebagai acara liburan memang nampak klise yah. Karena aktifitas ini terlalu sederhana dan mudah dilakukan kapan saja, hanya tinggal menyalakan tv atau media lainnya.

Akan tetapi, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menyulap akifitas sederhana ini menjadi acara liburan yang menyenangkan. Sulap suasana ruangan nonton menjadi lebih menarik agar terasa menonton di bioskop.

Beruntung jika keluarga memiliki layar proyektor, suasana akan menjadi lebih menarik. Pastikan segala alat yang diperlukan siap sebelum acara dimulai, terutama untuk sound system-nya.

Namun sebelum itu, rencanakan terlebih dahulu tentang segala hal terkait nonton bareng, misalnya film yang dipilih. Pastikan film yang dipilih merupakan kesepakatan bersama antar anggota keluarga.

Dan yang tak boleh ketinggalan dalam acara menonton ialah wajib ada popcorn, minuman atau hidangan lain yang bisa menemani acara nonton kalian. Dijamin deh nonton bareng akan terasa lebih seru.

5. Melakukan Olahraga Favorit Atau Outdoor Games

Sumber: bing.com

Beruntung sekali jika dalam satu keluarga suka dengan satu jenis olahraga yang sama. Kalian bisa melakukannya untuk mengisi waktu liburan yang mungkin terlalu singkat untuk dihabiskan dengan kegiatan yang ribet.

Dan beberapa waktu terakhir semenjak pandemi menyerang, mendadak olahraga bersepeda menjadi pilihan olahraga terfavorit. Jadi, jika tidak ada olahraga lain yang bisa menyamakan hobi kalian, kalian bisa mencoba bersepeda.

Selain melakukan olahraga bersama, permainan outdoor juga termasuk pilihan tepat mengisi liburan keluarga. Rencanakan outdoor games ini secara matang, mulai dari lokasi hingga list game yang dimainkan.

Tak perlu jauh-jauh melakukan di lapangan luas atau area khusus bermain, kalian bisa melakukannya di halaman belakang rumah. Apakah dijamin akan seru? Tergantung game-game yang dipilih.

Ada banyak referensi di internet tentang ragam outdoor games yang bisa dimainkan di keluarga. Mulai dari game ringan hingga game yang berat. Pilihlah sesuai kondisi halaman belakang beserta kondisi seluruh anggota keluarga.

6. Staycation

Sumber: bing.com

Nah, pilihan yang satu ini memang agak berbeda dengan beberapa rekomendasi sebelumnya. Untuk melakukan staycation, kalian wajib keluar rumah. Tak perlu khawatir, ini cukup aman ketimbang berwisata di tempat ramai.

Sekarang sudah banyak sekali hotel-hotel yang menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Mereka sudah menerapkan sistem pelayanan yang baik demi menjaga kenyamanan dan keamanan para tamunya.

Kalian hanya perlu mencari tahu daftar hotel yang tepat agar bisa kalian kunjungi untuk staycation bareng keluarga saat pandemi seperti sekarang ini. Dan review di internet salah satu info terbaiknya.

Semua hotel yang ada memang cukup beresiko, karena di sana juga banyak keluar masuk orang-orang. Akan tetapi kalian bisa tetap mencari hotel dengan minim resiko, yaitu penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: 10 Tips Liburan Bersama Keluarga, Seru Bebas Tanpa Ribet!

Tak hanya itu, jumlah tamu dan pengunjung juga menjadi pertimbangan. Ada kok, sebagian hotel yang benar-benar membatasi jumlah tamunya. Pandai-pandai saja mencari info yang valid.

7. Road Trip yang Singkat

Sumber: bing.com

Mungkin kebosanan stay di rumah selama pandemi memang sudah tak tertahankan lagi. Road trip bisa jadi alternatif yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan yang singkat bersama keluarga tercinta.

Sejak pandemi, gaya liburan macam ini memang menjadi tren karena terbilang cukup aman ketimbang travelling menggunakan kendaraan umum. Keamanan selama perjalanan lebih terkontrol.

Meskipun begitu, dengan kendaraan pribadi tak berarti bisa bebas dari resiko terpapar virus covid-19. Namun ini salah satu bentuk cara menghindari banyak interaksi dari orang luar, meminimalisir resiko.

Untuk masa liburan yang singkat, tak perlu jauh-jauh, boleh dalam kota atau berkunjung ke kota sebelah. Asalkan mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin, keamanan keluarga dapat terjaga.

Gaya liburan macam apapun, kehangatan dalam keluarga akan tetap tercipta jika dirancang dan dilakukan sedemikian rupa. Recanakan bersama-sama liburan singkat dengan seluruh anggota keluarga. Selamat berlibur dan stay safe ya!

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *