in

7 Ide Usaha Di Rumah Aja di Tengah Pandemi Corona

7 Ide Usaha Dirumah Aja Ditengah Pandemi Wabah Corona

Membuka usaha di rumah merupakan salah satu cara untuk memiliki penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama. Mengingat saat ini tengah ada penyebaran wabah yang sudah sampai di Indonesia, banyak karyawan dan pekerja yang terpaksa dirumahkan atau karena tidak bisa bekerja dari rumah.

Oleh karena itu, saat-saat seperti ini bisa kalian manfaatkan untuk memulai bisnis kalian sendiri dari rumah. Bukan hanya sebagai penghasilan tambahan kedepannya, namun juga sebagai penghasilan utama selama pandemic ini terjadi. Sehingga anda tidak perlu membahayakan diri dan keluarga untuk bekerja.

Tetapi, apa sih usaha di rumah yang tetap ramai pembeli di tengah kondisi seperti ini? Apalagi pandemic yang terjadi saat ini membuat keadaan ekonomi di dunia dalam kondisi yang rawan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kondisi pandemic yang ada saat ini membuat kebanyakan usaha mengalami kerugian. Namun, tetap ada beberapa usaha baru yang bisa dilakukan dari rumah dan tetap menghasilkan. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh usaha di rumah aja yang menjanjikan dalam kondisi pademik.

1. Jual Beli Online

Jual Beli Online
Image by justynafaliszek from Pixabay

Imbas dari pandemi yang menyebabkan semua orang lebih nyaman dirumah aja ketimbang keluar rumah menyebabkan aktivitas jual beli secara offline kian menurun saja. Sebaliknya jual beli secara online kian meningkat karena orang saat ini lebih nyaman pesan lewat online daripada membeli secara langsung.

Nah ini bisa anda manfaatkan untuk mencari penghasilan ditengah pandemi seperti saat ini. yaitu dengan memulai untuk berjualan secara online. Metode jual beli online juga banyak, anda bisa menjadi seorang reseller, dropshiper atau lainnya. Nah untuk mempelajarinya bisnis online, kamu bisa baca tentang Bisnis Jualan Online.

2. Menjadi Penulis Lepas

Image by Free-Photos from Pixabay

Ide usaha di rumah yang menjanjikan berikutnya adalah dengan menjadi seorang penulis lepas. Meskipun untuk bisnis yang satu ini, anda perlu banyak melakukan latihan dan mengasah skill menulis agar menarik untuk dibaca.

Sebenarnya menjadi seorang penulis lepas tidak membutuhkan banyak modal. Hal utama yang anda butuhkan adalah keinginan dan media menulis baik itu laptop ataupun smartphone. Mengingat di era modern seperti saat ini, hampir semua orang sudah memiliki smartphone.

Untuk memulainya, anda bisa mendaftar ke website-website yang membutuhkan seorang contributor, anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan artikel di grup-grup freelancer indonesia atau blogger indonesia yang ada di Facebook.

3. Membuat Blog

Membuat Blog
Image by StockSnap from Pixabay

Membuat blog hampir mirip dengan menjadi seorang penulis lepas. Bedanya bila menjadi penulis lepas, anda bekerja ke satu atau lebih perusahaan yang membutuhkan hasil tulisan anda. Sedangkan bila membuat blog, anda yang menjadi pemilik website tersebut.

Dibandingkan dengan menjadi penulis lepas sebuah website, membuat blog membutuhkan waktu yang jauh lebih lama hingga akhirnya dapat menghasilkan uang. Namun penghasilannya terbilang lebih menjanjikan dalam jangka panjang.

Untuk mendapatkan penghasilan, nantinya blog yang anda buat harus dipasangkan iklan dari media advertiser seperti Google Adsense, MGID, dan lain-lain. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap pembaca tulisan anda yang melihat tayangan iklan.

4. Membuat Youtube

Membuat Youtube
Image by StockSnap from Pixabay

Bila blog terasa terlalu lama, kalian bisa membuat usaha di rumah lainnya yang masih berhubungan dengan Adsense, yaitu Youtube. Beberapa dari kalian mungkin sudah tahu bahwa menjadi Youtuber atau content creator merupakan salah satu pekerjaan dengan penghasilan paling tinggi.

Namun dibandingkan blog, cara kerja Youtube terbilang lebih melelahkan dan sudah terasa seperti bekerja dalam industry. Sebab anda harus menuruti tuntutan pasar bila ingin akun Youtube anda bisa menghasilkan banyak uang.

Namun tentunya, jumlah penghasilan dari Youtube lebih besar dibandingkan blog. Sebab kebanyakan orang Indonesia lebih suka menonton video dibandingkan membaca.

Baca Juga: 11 Cara Meraup Cuan dengan Bisnis Online di Instagram

5. Bisnis Frozen Food

Berikutnya, salah satu usaha di rumah yang paling menguntungkan dan sangat cocok untuk kalian buka saat ini adalah bisnis frozen food. Sebab bila kalian perhatikan, belakangan ini banyak orang yang melakukan panic buying, sehingga stock makanan di supermarket cenderung menipis.

Sedangkan kita belum tahu seberapa lama kita boleh keluar lagi dari rumah dan beraktivitas seperti biasa. Sehingga kita membutuhkan makanan yang bisa bertahan lama, salah satunya adalah frozen food.

Bisnis frozen food sendiri sebenarnya sudah lama ada dan terkenal di Indonesia. Dan kebanyakan penjualannya dilakukan secara online. Dengan bahan jualan yang bisa bertahan lama di dalam kulkas, kalian tidak perlu takut rugi karena makanan keburu basi sebelum terjual.

6. Membuka Warung Sembako Kecil

Membuka Warung Sembako Kecil
Image by ImageParty from Pixabay

Beberapa hari yang lalu, pemerintah sudah memberi himbauan bahwa usahakan warung-warung rumahan tidak tutup selama kondisi self-quarantine ini berlangsung. Sebab hal ini bisa mencegah masyarakat pergi ke tempat umum seperti pasar atau supermarket untuk berbelanja.

Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkan momen ini dengan membuat warung sembako kecil di rumah sendiri. Selain untuk mempermudah tetangga atau rumah-rumah disekitar yang membutuhkan sembako, hal ini juga berpotensi menjadi bisnis rumahan dengan omzet yang menjanjikan.

Namun, jangan pernah melakukan penimbunan dan menjual dengan harga yang tidak masuk akal ya. Karena ini bisa juga melanggar hukum.

7. Menjadi Freelancer

Dan usaha di rumah aja yang menjanjikan terakhir adalah dengan menjadi freelancer. Bukan hanya di dalam kondisi seperti ini, sebenarnya menjadi freelancer merupakan salah satu pekerjaan paling menjanjikan selama beberapa tahun belakangan ini.

Freelancer juga bisa dilakukan dalam berbagai bidang. Mulai dari foto editing, video editing, desainer grafis, pengisi suara, dan lain-lain. Kebanyakan freelancer juga bekerja dengan orang-orang dari luar negeri. Sehingga tentunya bayaran yang mereka dapatkan lebih banyak karena dibayar menggunakan dollar.

Jadi seperti itulah beberapa ide usaha di rumah aja yang menjanjikan dan bisa kalian buat. Namun perlu kalian semua ingat, bahwa kalian boleh memanfaatkan momen seperti ini untuk membuka usaha. Tetapi kalian tidak boleh melupakan sisi manusiawi dengan tidak memasang harga yang tidak masuk akal, atau melakukan penimbunan bahan-bahan makanan dan kebutuhan lainnya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *