in

7 Jenis Makanan Ikan Cupang Alami Bergizi Tinggi yang Bagus Untuk Perkembangannya

7 Jenis Makanan Ikan Cupang Alami Bergizi Tinggi yang Bagus Untuk Perkembanganya
photo by bukareview-bukalapak

Ingin merawat ikan cupang dengan baik dan benar? Yang harus dilakukan pertama kali yaitu memberinya makanan dengan gizi yang tinggi, agar ikan menjadi sehat dan memiliki warna yang lebih cerah.

Namun apakah anda masih bingung untuk memilah-milah makanan apa saja yang baik untuk ikan cupang ini. Yuk simak rekomendasi makanan ikan cupang alami bergizi yang bisa anda coba!

Sebenarnya banyak sekali di pasaran yang menjual pakan instan ikan cupang ini. Akan tetapi ini hanyalah pakan instan, tentunya banyak sekali kandungan zat kimia atau yang lainnya, dan itupun juga masih minim sekali nutrisi yang terkandung didalamnya.

Oleh karena itu, untuk menambah nutrisi ikan cupang, anda bisa menvariasikan dengan berbagai jenis makanan dengan bahan-bahan yang alami yang kaya akan nutrisi.

Dengan gizi dan nutrisi yang baik, maka ikan cupang ini akan lebih tahan terhadap penyakit serta warnanya juga akan semakin cerah dan cantik.

Apa Saja Rekomendasi Jenis Makanan Ikan Cupang dengan Gizi yang Tinggi?

Apa Saja Rekomendasi Jenis Makanan Ikan Cupang dengan Gizi yang Tinggi?
photo by cnn indonesia

Berikut ini adalah rekomendasi makanan ikan cupang yang kaya akan gizi agar ikan cupang sehat dan semakin tahan terhadap penyakit. Yuk simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Jentik nyamuk

Jentik nyamuk
photo by wikipedia

Makanan ikan cupang yang paling umum diberikan adalah jentik nyamuk!

Walaupun jentik nyamuk biasa dibasmi, ternyata pakan ikan ini kaya akan protein yang cocok dikonsumsi untuk cupang remaja.

Untuk mendapatkannya, anda bisa mengisi ember dengan air bekas cucian beras. Tempatkan ember tersebut di tempat gelap dan terbuka. Lalu, tunggu beberapa hari hingga muncul jentik-jentik nyamuk.

Dikarenakan jentik nyamuk ini kaya akan protein, anda bisa mencoba memberikannya 2 hari sekali ke ikan cupang supaya ikan ini lebih sehat dan warnanya lebih cerah.

2. Microworms

Microworms Pakan Ikan Cupang
photo by fish and rocks

Disebut dengan istilah tersebut karena dia memiliki ukuran yang sangat kecil. Dengan ukuran tersebut, microworms sangat cocok dijadikan sebagai pakan ikan cupang yang masih bayi.

Budidaya microworms sebenarnya tidaklah sulit. anda hanya cukup membelinya di pedagang ikan hias, setelah itu letakkan ke dalam toples. Berikan sedikit sobekan roti tawar dan biarkan hingga microworms berkembang biak dengan sendirinya.

Bagi anda seorang budidaya ikan cupang, jenis makanan ini cocok untuk anda coba dikarenakan baik untuk perkembangan ikan cupang yang masih bayi atau kecil.

3. Kuning telur

Kuning telur Pakan Ikan Cupang
photo by food for kids

Kuning telur yang kaya akan protein sangat baik dikonsumsi ikan cupang.

Anda bisa merebus atau mengukus kuning telur terlebih dahulu lalu berikan kepada cupang saat telurnya sudah matang.

Dan selalu pastikan berikan kuning telur dengan secukupnya dan jangan terlalu banyak.

Dikarenakan jika anda memberikan kuning telur ini terlalu banyak, maka akan membuat ikan cupang menjadi keracunan serta buruk untuk pertumbuhanya. Maka dari itu, berikanlah secukupnya saja.

4. Kutu air

Kutu air Ikan Cupang
photo by ruangguru

Hewan yang bisa kita temukan di area persawahan ini terbilang pakan favorit sekaligus paling mahal bagi cupang. Wajar saja, budidaya kutu air cukup sulit karena sangat rentan terhadap perubahan suhu air.

Namun, kendati kandungan lemaknya sedikit dan tidak terlalu mempengaruhi ukuran tubuh ikan cupang, kutu air disinyalir bisa memperkuat tulang dan mempercerah warna ikan cupang.

Anda bisa mencoba memberikan pakan ikan cupang dengan kutu air. Akan tetapi karena kandungan lemaknya yang rendah, anda perlu memvariasikannya dengan pakan alami lainnya.

5. Bayi ikan guppy

Bayi ikan guppy Ikan Cupang
photo by lezat blog

Mungkin banyak dari anda yang baru tahu bahwa ikan guppy yang masih bayi bisa dijadikan makanan ikan cupang, ya?

Pakan ini memang terkenal sebagai makanan yang punya nutrisi baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang.

Akan tetapi kami tidak terlalu merekomendasikan anda untuk memberi makan ikan cupang dengan jenis makanan ini, dikarenakan pasar ikan guppy sekarang ini bagus dan semakin banyak peminatnya.

Daripada diberikan ke ikan cupang, lebih baik di ternak sendiri untuk dijadikan peluang usaha baru.

6. Lalat

Lalat Ikan Cupang
photo by pixabay

Lalat merupakan salah satu pilihan pakan yang bergizi untuk ikan cupang.

Namun, anda tidak perlu memberinya dalam jumlah yang banyak, ya. Selain itu, buang terlebih dahulu bagian kepala lalat sebelum dikonsumsi ikan cupang.

Dikarenakan lalat ini hewan yang kotor, kami tidak terlalu merekomendasikan untuk diberikan ke ikan cupang. Selain itu, menangkap lalat juga sangat sulit, lebih baik anda coba jenis makanan yang lainnya.

7. Cacing sutra

Cacing sutra Ikan Cupang
photo by merahputih

Salah satu makanan ikan cupang yang mengandung protein tinggi yaitu cacing sutra. Biasanya, cacing ini bisa ditemukan pada selokan kotor. Namun, anda harus membersihkan mereka terlebih dahulu karena bakteri yang menempel pada tubuh cacing sutra bisa menganggu kesehatan ikan cupang.

Bagi anda yang ogah kotor-kotoran untuk mencari cacing sutra, bisa juga mendapatkannya di pedagang ikan hias.

Bagi anda peternak sekaligus pembudidaya ikan cupang untuk dijadikan ladang bisnis baru, kami sangat merekomendasikan pakan jenis ini, dikarenakan pakan yang memiliki protein yang tinggi akan semakin bagus bagi perkembangan dari si ikan cupang.

Bagaimana apakah selama ini anda memberikan makanan dengan gizi yang cukup bagi ikan cupang? Jika sudah, maka pertahankanlah itu! Sayangilah setiap hewan yang anda pelihara atau budidaya seperti menyayangi diri anda sendiri.

Nah itu dia beberapa rekomendasi jenis pakan ikan cupang alami yang banyak gizi. Semoga saja dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang budidaya ikan khususnya ikan cupang.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *