9 Cara Menekan Biaya Marketing Tanpa Mengabaikan Hasil Bisnis

Membangun dan menjalankan bisnis memang tidak mudah dan membutuhkan biaya yang juga tidak sedikit. Mulai dari produksi hingga bagian marketing. Pada umumnya, marketing juga akan membutuhkan banyak biaya. Namun bagaimana jika keuangan yang kamu miliki berada pada jumlah yang minim?

Apakah keuangan yang sedikit akan membuat gerak pemasaran terbatas? Tidak. Di era digital seperti saat ini menjadikan gerak apapun menjadi lebih luas dan tak terbatas. Saat ini, ada banyak strategi marketing yang bisa kamu lakukan untuk mengelola bisnis.

Namun di luar itu semua, kamu harus tetap mampu menjaga stabilitas keuangan perusahaan. Nah, bagaimana caranya melakukan pemasaran atau marketing tanpa menghabiskan uang banyak? Inilah beberapa cara menekan biaya marketing yang dapat kamu coba!

1. Maksimalkan Tenaga Sendiri

Tidak ada sumber daya yang lebih murah dibandingkan dengan mengeksploitasi sumber daya yang dimiliki oleh diri sendiri. Selain tidak perlu menghabiskan banyak biaya, kamu sekaligus dapat mengembangkan skill dan sumber daya yang ada pada diri. dan hal ini akan menjadi dasar yang kuat untuk kelanjutan bisnis kamu nantinya.

Saat ini banyak orang yang lebih menggunakan jasa orang lain, padahal hal tersebut bisa dilakukan sendiri. Alasannya bukan karena mereka tidak mampu, namun lebih kepada karena malas mengekspoitasi sumber daya diri. Jadi, untuk menekan biaya marketing, kamu dapat memaksimalkan apa yang kamu miliki, selagi kamu masih mampu untuk melakukannya sendiri.

2. Manfaatkan Sumber Daya Di Sekitar Anda

Sumber daya bisa datang dari mana saja jika kamu mampu menangkap setiap kesempatan yang ada di sekitar. Untuk mengembangkan bisnis, terutama dalam bagian marketing, cobalah untuk melihat sumber daya yang ada di sekitar. misalnya di keluarga, teman atau bahkan karyawan kamu sendiri.

Di antara mereka, pasti ada orang yang bisa kamu ajak diskusi untuk mengembangkan ide-ide kreatif yang dapat kamu lakukan untuk strategi marketing. Jangan menutup mata dan telinga untuk menyadari setiap skill yang mereka miliki. Nah, dengan begitu, kamu membantu mereka untuk mengasah skill, seklaigus dapat menghemat biaya tanpa harus mengundang orang luar.

3. Lakukan Marketing di Media Sosial

Salah satu strategi marketing yang paling ampu untuk dilakukan ialah memasarkan produk di media sosial. Mengapa? Selain jangkauan target yang luas dan tepat pada sasaran, marketing di media sosial juga nyaris tanpa biaya. Jadi tidak heran jika media sosial merupakan media yang paling banyak digunakan untuk media marketing.

Bagi kamu yang memiliki biaya minim untuk marketing, sebaiknya maksimalkan marketing di media sosial. Ada banyak strategi yang dapat kamu pelajari tentang bagaimana cara memasarkan produk di media sosial. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan media yang nyris tanpa biaya.

Baca Juga: 9 Cara Mengembangkan Bisnis Melalui Media Digital

4. Gunakan Blog Atau Website dengan Optimasi SEO

Salah satu strategi marketing yang tidak akan banyak menghabiskan biaya ialah dengan menggunakan blog atau website khusus bisnis Kamu. Trik yang satu ini merupakan strategi marketing yang sudah digunakan oleh sebagian pebisnis. Akan tetapi, tidak semua pebisnis melakukan trik yang satu ini, karena cara ini mungkin dianggap sulit.

Padahal, trik yang satu ini nampak berkelas sekalipun biaya yang dikeluarkan untuk membuat website dan blog tidaklah mahal. Sebuah langkah cerdas jika kamu mau memanfaatkannya, dengan memaksimalkan SEO. Jadi, kamu hanya cukup mempromosikan produk yang kamu bisniskan di halaman-halaman website dan blog bisnis kamu itu.

5. Gunakan Email Marketing

Email marketing saat ini masih terbilang sebagai salah satu strategi marketing yang paling murah dan nyaris tanpa biaya. Saat ini, banyak para pebisnis, terlebih lagi pebisnis online yang menggunakan strategi marketing menggunakan email. Cara kerjanya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengirimkan banyak email kepada calon pelanggan.

Email-email tersebut biasanya berupa hal informasi atau promosi mengenai produk yang kamu bisniskan. Hal ini akan sampai secara langsung terhadap target pasar yang kamu bidik. Selain itu, menggunakan email marketing juga akan membuat kamu dapat terhubung secara terus-menerus dengan pelanggan.

6. Manfaatkan Forum dan Komunitas di Berbagai Media

Kekuatan sebuah forum dan komunitas tidak boleh kamu remehkan. Jika kamu dapat dengan jelih menangkap sebuah peluang, maka akan menyadari hal ini. Mungkin banyak yang mengabaikan beberapa pertanyaan orang-orang di sebuah forum terkait sebuah produk. Padahal hal tersebut merupakan peluang besar untuk memasarkan produk.

Jadi, perbanyaklah bergabung di berbagai forum yang berkaitan dengan produk yang kamu pasarkan. Jangan abaikan pertanyaan setiap orang yang bertanya tentang beberapa hal terkait dengan jenis produk kamu. Di saat mereka bertanya tentang hal yang berkaitan dengan produk kamu, disitulah kesempatan baik untuk kamu mainkan marketing.

7. Konsisten dengan Satu Dua Strategi Saja

Meskipun ada banyak strategi dan media yang dapat kamu gunakan untuk marketing bisnis, kamu harus tetap konsisten terhadap satu atau dua strategi. Ironisnya, saat ini banyak yang berusaha menerapkan berbagai macam strategi untuk marketing bisnis mereka. Mereka menggunakan banyak strategi bukan karena ingin mengoptimalkan pemasaran, namun hanya karena bosan dengan strategi yang ada.

Padahal hal ini tidak cukup baik untuk perkembangan bisnis, terlebih lagi untuk hal budget. Sekalipun biaya marketing digital tidak terlalu mahal, namun tetap saja hal itu membutuhkan biaya. Lebih baik kamu gunakan satu atau maksimal dua strategi yang menjadi fokus strategi kamu dalam memasarkan produk. Dalam artian, kamu harus konsisten dalam menjalani marketing.

8. Maksimalkan Kualitas Konten

Menggunakan media apapun dalam marketing, kamu harus berusaha untuk memaksimalkan kualitas konten. Kualitas konten yang baik akan memudahkan kamu dalam menjaring pelanggan. Ibaratnya, konten promosi yang diposting di berbagai media digital merupakan cara untuk memperkenalkan keunggulan produk bisnis kamu.

Dalam membuat konten, usahakan isinya simpel namun mengandung nilai promosi yang unik. Dengan keunikan, calon pelanggan akan tertarik dan penasaran dengan bisnis kamu. akan tetapi satu hal yang perlu diperhatikan, isi konten yang kamu buat usahakan tidak mengandung kebohongan dan tidak menjatuhkan pihak manapun.

9. Sesekali Melakukan Give Away pada Tahap Awal

Salah satu trik yang sesekali harus kamu lakukan ialah melakukan give away yaitu memberikan produk kamu secara gratis. Tidak akan rugi bukan memberikan satu atau dua produk sebagai percobaan untuk menarik pelanggan. Dan pastinya memberikan satu atau dua produk secara gratis tidak akan membuat kamu rugi.

Percaya atau tidak, kebanyakan orang akan lebih mempercayai sebuah rujukan dari teman dibandingkan dengan membaca ulasan di media sosial. Karena ketika teman mereka memberikan review yang baik tentang produk kamu, maka otomatis produk kamu memiliki kualitas dan reputasi yang baik. Karena bagaimanapun, mereka sudah mendapatkan informasi yang jelas dari orang yang terpercaya.

Jadi, melakukan strategi marketing yang jitu tidak harus menggunakan biaya yang banyak. kamu sudah mendapatkan beberapa trik untuk melakukan marketing dengan biaya yang sangat murah. Lakukanlah semaksimal mungkin, dan kombinasikan dengan kreatifitas yang kamu miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here