5 Aksi Mulia Pengembalian Uang Membuktikan Masih Banyak Orang jujur di Indonesia

0
5 Aksi Mulia Pengembalian Uang Membuktikan Masih Banyak Orang jujur di Indonesia

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan aksi pengembalian dompet yang berisi uang senilai USD10 ribu atau sekitar Rp140 juta yang dilakukan seorang remaja pria asal California bernama Rhami Zeini. Dompet yang ditemukannya langsung diserahkan ke polisi. Atas aksi kejujurannya ini, Rhami Zeini mendapatkan USD100 atau Rp1,4 juta yang diberi pemilik dompet. Terlepas dari nominalnya, Rhami Zeini membuktikan bahwa masih banyak orang yang jujur di dunia ini.

Ternyata aksi pengembalian uang juga terjadi di Indonesia. Orang-orang ini patut kita beri pujian karena berhati mulia. Mereka menemukan uang dengan jumlah yang banyak, namun mereka menolak untuk mengambil yang bukan hak mereka, dan lebih memilih untuk mengembalikan temuan tersebut kepada pemiliknya. Hal ini juga membuktikan masih banyak orang jujur di Indonesia.

Ya.. takdir Tuhan memang baik. Coba bayangkan kalo uang tersebut ditemukan oleh orang-orang yang salah, mungkin ceritanya akan berbeda. Penasaran siapa saja orang-orang yang jujur dan berhati mulia tersebut? Berikut daftarnya.

Mulyadi

Mulyadi
Mulyadi Sumber foto

Seorang petugas kebersihan di salah satu Mall di Jakarta Selatan membuat heboh masyarakat Indonesia pada tahun 2016 lalu. Pasalnya pria bernama Mulyadi ini mengembalikan uang sebesar Rp100 Juta di dalam sebuah tas yang ia temukan di toilet Mall ketika dirinya sedang bersih-bersih. Pria asal lampung itu langsung melaporkan temuannya tersebut ke bagian Customer Service. Atas kejujurannya, bos tempat Mulyadi bekerja menaikkan pangkatnya jadi pengawas, tapi Mulyadi menolaknya.

Jubaidi

Jubaidi
Jubaidi Sumber foto

Bekerja sebagai pemulung dan hidup secara pas-pasan tak menghilangkan kejujuran Jubaidi. Warga Gambiran Umbulharjo, Yogyakarta, ini menemukan tas berisi uang Rp20 Juta di Jalan Veteran Yogyakarta, pada 23 Mei 2018 lalu. Merasa bukan miliknya, pria asli Mojokerto itu segera berusaha mencari sang pemilik tas, tetapi upayanya itu tak membuahkan hasil. Ia akhirnya memutuskan untuk menyerahkan tas tersebut ke Polsekta Umbulharjo.

Ahmad Zaini

Ahmad Zaini
Ahmad Zaini Sumber foto

Pada tahun 2013 silam, seorang pemulung asal Denpasar bernama Ahmad Zaini menemukan tiga kotak berisi emas yang ditaksir nominalnya mencapai Rp300 Juta. Temuan kotak emas tersebut ia dapatkan di sebuah bak truk sampah. Merasa bukan haknya, ahmad Zaini kemudian mengembalikan ketiga kotak emas tersebut kepada sang pemiliknya.

Abdulah

Abdulah
Abdulah Sumber foto

Pada tahun 2017, seorang pria bernama Abdulah yang bertugas sebagai petugas kebersihan kereta api dengan tujuan Sribilah Medan-Rantau Prapat, Sumatera Utara, menemukan plastik kresek bewarna merah muda yang berisi uang Rp32 Juta ketika dirinya sedang membersihkan rangkaian gerbong kereta. Uang tersebut ia temukan tergeletak di bawah kursi penumpang. Pria yang hanya lulusan SMA ini langsung melaporkannya kepada atasannya dan pihak keamanan kereta.

Tak hanya Abdulah, berselang beberapa lama, teman Abdulah bernama Lukman Hamzah juga menemukan uang sebesar Rp12 Juta. Sama seperti Abdulah, Lukman juga mengembalikan uang tersebut kepada pemiliknya. Keren Nggak!

Wahyu Sriyanto

Wahyu Sriyanto
Wahyu Sriyanto Sumber foto

Terakhir adalah Wahyu Sriyanto. Pria yang bekerja sebagai Guru Honorer itu menemukan uang sebesar Rp2,5 Juta yang berserakan di ATM BRI depan Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, pada Juni 2018. Wahyu Sriyanto lantas menyerahkan uang tersebut kepada pihak Bank BRI untuk melacak siapa nasabah yang melakukan transaksi pada jam penemuan uang tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here