7 Alasan ini Buktikan Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

0
7 Alasan ini Buktikan Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang menjadi modal awal bagi Indonesia untuk naik tingkat menggelar kejuaraan olahraga yang lebih prestisius lagi. Rasa-rasanya kalau bicara satu tingkat di atas Asian Games, itu berarti hanyalah olimpiade. Dan jika Indonesia siap menjadi tuan rumah olimpiade, maka hal ini akan menjadi  prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Bagaimana gak bangga, Olimpiade adalah kejuaraan olahraga paling bergengsi di dunia ini. Semua atlet terbaik dunia berkumpul di satu titik dengan tujuan untuk mendapatkan medali emas dan mengharumkan negaranya masing-masing di pentas dunia.

Namun jika ini terealisasi, maka Indonesia harus menunggu dalam waktu yang cukup lama. Pasalnya, Olimpiade terdekat adalah pada tahun 2020 di Tokyo. Setelah itu Olimpiade 2024 di Paris, dan Olimpiade 2028 di Los Angeles. Praktis Indonesia baru bisa menyalonkan diri menjadi tuan rumah di Olimpiade 2032 nanti.

Meskipun begitu, tanda-tanda ketertarikan Indonesia bakal menjadi tuan rumah pesta akbar olahraga ini sudah desas-desus.

Sebelumnya pada pertemuan antara presiden Jokowi dengan Thomas Bach dan presiden OCA, Syeikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Kepresidenan Bogor dalam persiapan closing Asian Games 2018, Jokowi menyatakan Indonesia akan secepatnya mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Jika kita flashback lagi, Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade. Nggak percaya? Berikut 6 Alasan ini Buktikan Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032.

 

Alasan ini Buktikan Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Olimpiade

 

1. Sukses selenggaran Asian Games 2018

Asian Games 2018 Indonesia
Asian Games 2018 Indonesia Sumber Foto

Isu Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade berawal dari statement Tomas Bach di Closing Ceremony Asian Games 2018. Presiden Komite Olimpiade Internasional itu menilai bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade.

Karena dengan Asian Games ini, dengan kesuksesan besar ini, Indonesia telah menunjukkan bahwa mereka memiliki semua dasar untuk menyelenggarakan Olimpiade dengan sukses,” tuturnya.

Saya telah melihatnya sendiri, Jakarta telah menjadi tuan rumah yang luar biasa. Kami semua terkesan dan saya akan menceritakan ini kepada semua orang,”  kata Bach seperti yang dikutip dari akun Instagram Gubernur Jakarta, Anies Baswedan.

Ketua IOC itu juga tak henti-hentinya memuji Indonesia dan menyarankan tuan rumah Asian Games berikutnya harus belajar dari kesuksesan Indonesia.

Untuk tuan rumah selanjutnya (Hangzhou, Asian Games 2022) saya pikir tak akan mudah seiring kesuksesan Asian Games 2018. Tapi, jangan membandingkan untuk setiap negara. Setiap edisi harus memiliki keunikan tersendiri yang merefleksikan kultur dari negaranya masing-masing,” ujar Bach.

Jika dilihat dari awal hingga akhir Asian Games, banyak pihak yang merasa puas dan memberikan pujiannya kepada Indonesia. Pujian inilah yang menjadi modal kita untuk menjadi kandidat kuat tuan rumah pesta olahraga paling prestisius 4 tahunan itu.

2. Punya konsep acara yang unik

konsep acara yang unik Asian Games 2018
konsep acara yang unik Asian Games Sumber Foto

Megahnya Opening Ceremony dan Closing Ceremony Asian Games 2018 mengindikasikan bahwa Indonesia sangat serius dalam kejuaraan multi event tersebut.

Bahkan banyak media internasional mengatakan bahwa Opening Ceremony Asian Games 2018 sudah setaraf Opening Ceremony Olimpiade.

Tak hanya media asing, pujian juga disampaikan netizen luar negeri melalui media sosial Twitter. Mereka banyak yang mengatakan bahwa Indonesia adalah kandidat kuat dan layak untuk menjadi tuan rumah Olimpiade.

Lanjutkan membaca halaman selanjutnya >

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here