7 Alasan Kamu Biar Nggak Boleh Gampang Marah Menghadapi Suatu Masalah

0
7 Alasan Kamu Biar Nggak Boleh Gampang Marah Menghadapi Suatu Masalah
Gak gampang marah

Manusia di anugerahi Tuhan berbagai macam emosi yang berbeda-beda. Senyum, canda, tawa, haru, marah, sedih, dan bahagia, adalah salah satu emosi yang ada pada manusia. Emosi manusia muncul tergantung dari keadaan yang sedang ia rasakan, artinya emosi seseorang itu tidak mudah kita tebak. Misalnya ketika kamu mendapatkan sebuah berita baik, tentunya kamu akan merasakan bahagia. Sebaliknya ketika kamu sedang dihadapkan pada sebuah masalah kehidupan, mungkin kamu akan lebih banyak merasa sedih. putus asa, dan tak jarang gampang marah.

Ngomong-ngomong tentang marah. Marah adalah sebuah tindakan yang terjadi karena ketidakmampuan kita untuk mengendalikan emosi yang meledak-ledak. Banyak yang berpikiran bahwa marah itu adalah salah satu tindakan yang negatif, namun tidak juga, asalkan marahnya dilakukan demi kebaikan. Marah baru bisa berubah menjadi negatif saat kamu gak bisa mengontrol marah itu sehingga melakukannya secara berlebihan, atau bahasa kerennya gampang marah.

Sejujurnya sudah banyak sekali informasi tentang cara bagaimana mengatasi rasa marah pada diri sendiri. Namun sebelum kamu memahami tips-nya., ada baiknya kamu lebih dulu tahu apa sih alasan kamu marah? terus apa alasan kamu pengen nggak gampang marah? Nah kalo masih bingung alasannya, berikut ini adalah alasan kamu biar nggak boleh gampang marah menghadapi suatu masalah kehidupan.

1. Marah itu nggak akan menyelesaikan masalah, yang ada membuat masalah semakin ribet

Happy’in aja : Allef Vinicius on Unsplash

Ketika emosi sedang memuncak, biasanya orang akan melepaskannya begitu saja dengan amarah. Nah menurut sebagian orang melepaskan emosi adalah sesuatu yang melegakan hati ketimbang harus menahan-nahannya, dan sebagian lagi menanggap lebih baik menahan emosi dengan cara tetap diam karena menurut mereka hal itulah yang dapat menenangkan hati.

Kalo harus memilih yang mana bener-bener membuat hati kita menjadi tenang ketika emosi adalah dengan cara tetap diam. Melepaskan emosi dengan amarah sebenarnya tidak akan menyelesaikan apapun, termasuk masalahmu, yang ada hanya akan menambah masalah semakin ribet dan susah untuk diatasi. Bukan masalah yang terselesaikan, malahan akan mendapat masalah baru.

Sedangkan tetap diam dapat menghindarkan diri dari masalah. Walaupun kamu saat ini sedang mendapatkan masalah kehidupan, tapi kalo kamu tetap tenang dan diam sembari memikirkan bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut, maka kamu akan mendapatkan solusi yang terbaik dari semua solusi yang ada.

2. Marah ternyata nggak baik buat kesehatan lho!

Pikirkan kesehatanmu : Ayo Ogunseinde on Unsplash

Persepsi melampiaskan emosi adalah sesuatu yang menyehatkan karena dapat melegakan hati ternyata tidak semuanya benar. Malahan emosi marah yang tak terkontrol ternyata berdampak bagi kesehatan kamu. Melansir dari kompas tentang penelitian The European Heart Journal Acute Cardiovascular Care, orang yang sering marah-marah akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung 8,5 kali lebih tinggi setelah 2 jam mereka marah.

Selain itu dampaknya jantung yang berdebar, stress, tekanan darah meningkat, cepat lelah, daya tubuh menurun, sakit kepala, hati yang tak tenang, dan sebagainya. Jadi masih mau untuk marah-marah?

3. Sadar atau tidak, gampang marah karena masalah membuat mental kita sedikit terganggu

Marah bikin pusing terus : Nik Shuliahin on Unsplash

Bukan hanya kesehatan fisik saja, tapi keseringan marah-marah juga dapat menganggu kesehatan yang di lihat dari ilmu psikologi, khususnya pada mental kita. Seseorang yang sering marah-marah biasanya memiliki perasaan yang berlebihan. Misalnya sedih, senang atau marah yang berlebihan.

4. Bukan hanya berdampak pada dirimu, ternyata marah dampaknya juga untuk orang sekitar

Marah membuat orang lain menjauh : Annie Spratt on Unsplash

Marah itu gak cuma merugikan kamu sendiri, tapi juga merugikan orang lain. Biasanya orang yang marah-marah seringkali merambat kepada orang-orang disekitarnya. Kamu mungkin pernah menjadi korban marah orang lain yang salah alamat, atau malahan kamu yang sering melampiaskan kemarahan sama orang yang gak ada hubungannya dengan emosi kamu.

Mungkin hal itu terlihat lucu setelahnya, namun apakah kamu pernah tahu perasaan orang yang menjadi korban kemarahan kamu? Apalagi kalo dia gak salah apa-apa. Maka sebelum menyesalinya ada baiknya kamu mengontrol emosimu.

Baca Juga: 50 Kata Kata Tanggung Jawab Diri Sendiri & Orang Lain

5. Coba berkaca, marah hanya membuat dirimu semakin kusut, pikirkan dirimu sendiri.

Mukamu makin kusut tuh : Nick Karvounis on Unsplash

Marah itu nggak selamanya terlihat tegas, keren atau pemberani kok, kalo marahnya gak terkontrol dan sering meledak-ledak apakah itu masih dianggap keren? Gak kan, yang ada hanya membuat kamu terlihat semakin kusut. Coba kamu lihat orang yang marahnya berlebihan, kayak itu juga kamu kalo sedang lagi marah-marah. Bukan hanya apa yang di lihat saja, marah juga mungkin dapat membuat orang lain bisa menilai kamu dengan mudah. Apakah kamu mau seperti itu? Kalo aku sih nggak :D.

6. Jangan lupa bersyukur, ingatlah masalah itu tandanya Tuhan ingin meninggikan derajat kamu

Jangan lupain bersyukur : Rodolfo Sanches Carvalho on Unsplash

Seseorang yang tidak dapat mengendalikan emosinya adalah salah satu tanda orang yang jarang sekali bersyukur. Mereka menganggap masalah hidupnya adalah beban yang mau tidak mau harus mereka pikul, dan menjadikan amarah sebagai pelampiasan beban tersebut.

Kamu mungkin paham bahwa bersyukur adalah obat yang paling mujarab untuk menenangkan hati, tak peduli seberapa besar masalah hidup kamu, kalo kamu masih mampu untuk bersyukur, maka masalah hidup itu akan semakin mengecil.

7. Daripada marah nggak jelas, lebih baik cari cara untuk selesaikan masalah yang sedang kamu hadapi

Mending cari solusi untuk masalahmu : Andre Hunter on Unsplash

Sejujurnya banyak sekali cara untuk menyelesaikan sebuah masalah, dan dari semua cara nggak satupun yang bisa diselesaikan dengan cara marah-marah. Ada baiknya daripada marah-marah gak jelas, lebih baik kamu cari cara yang tepat agar masalah tersebut cepat teratasi.

Tapi bagaimana kalo masalah itu memang gak bisa diatasi lagi? Misalnya karena perbuatan di masa lalu. Nah untuk pertanyaan seperti ini, ada baiknya kamu paham bahwa itu semua adalah takdir Tuhan untukmu, memang kamu gak bisa balik lagi ke masa lalu, namun kamu masih bisa memperbaiki kesalahan di masa lalu sehingga kedepannya gak terulang kembali.

Kesimpulan

Kadang emosi membutakan jiwa dan amarah merusak hati yang sudah kamu tata. Marah memang bersifat wajar dan manusiawi, semua orang pasti pernah marah. Nnamun ada baiknya kamu mengendalikan emosi supaya dampaknya gak merembet ke semua orang. Kalo kamu emang mau marah dan sudah gak bisa ditahan-tahan lagi, maka carilah tempat sepi dan berteriaklah sekencang mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here