6 Alasan Mengapa Aplikasi BBM Mulai Ditinggalkan Penggunanya

0
Wa dan BBM

­Para pengguna ponsel pintar pasti tidak asing lagi dengan aplikasi bernama BBM (BlackBerry Messenger). Ya, aplikasi pengiriman pesan besutan BlackBerry ini dulu memang banyak digandrungi semua orang. Bahkan kalau tidak memakai aplikasi yang satu ini bisa dikatakan sudah ketinggalan jaman. Nah maka dari itu, BBM pernah menjadi aplikasi chat nomor 1 di Indonesia karena banyak pengguna smartphone yang memakainya.

Tapi lambat laun aplikasi BBM sudah mulai kehilangan nama besarnya dan tak ada kabarnya. Mungkin kita semua bertanya-tanya, mengapa aplikasi BBM menghilang begitu saja. Padahal dulu banyak orang yang beraktivitas menggunakan aplikasi ini, misalnya untuk chatting atau update status. Nah menurut pengamatan berikut adalah 5 alasan mengapa aplikasi BBM mulai ditinggalkan penggunanya.

1. Terlalu banyak iklan

Untuk kalian yang pernah memakai aplikasi BBM pasti pernah merasa terganggu dengan kehadiran iklan di bagian feed aplikasi ini. Saat kita membuka notifikasi aktifitas BBM, iklan selalu hadir di sela-sela notifikasi pada bagian status teman kita. Jumlahnya pun terlalu banyak sampai-sampai kita bertanya-tanya, bagian feed ini adalah fitur melihat status teman atau fitur melihat iklan.

Ketidaknyamanan ini membuat pengguna BBM beralih ke aplikasi mesenger lain, alasannya aplikasi chatting lain tidak memberikan ruang untuk menampilkan iklan. Sebagian besar aplikasi serupa hanya fokus memberikan pelayanan tanpa unsur-unsur mencari keuntungan dari iklan.

Meskipun kita semua tahu bahwa pihak pengembang aplikasi juga membutuhkan pendapatan untuk operasionalnya, apalagi mereka memberikan layanan secara gratis. Namun menurut pengamatan aplikasi berbasis pengiriman pesan tidak cocok untuk menampilkan iklan.

2. Banyak memakan memori

Pada awalnya BBM merupakan aplikasi yang sangat menyenangkan bagi penggunanya. Dia hanya fokus pada percakapan dan update status saja. Tapi lama kelamaan aplikasi ini semakin berkembang dengan menambah fitur baru di platformnya. Hal hasil aplikasi BBM banyak sekali memakan memori ponsel pintar kita. Dibandingkan aplikasi percakapan lainnya, BBM adalah aplikasi nomor 1 dalam menghabiskan memori.

3. Sering mengalami eror

Dampak dari penambahan fitur di BBM, bukan hanya memakan memori saja. Ini juga mempengaruhi aplikasi yang semakin hari semakin berat. Bahkan BBM juga dirasa cukup lelet, tidak seperti awal perilisan aplikasi. Hal tersebut membuat para pengguna kesal dan malas menggunakannya.

Selain itu, BBM juga semakin sering mengalami eror, misalnya aplikasi tiba-tiba saja keluar atau tertutup dengan sendirinya. Padahal chat messenger ini sering sekali mengadakan pembaharuan. Tapi rasanya tidak ada perkembangan sama sekali, sehingga satu-satunya jalan adalah dengan berpindah ke aplikasi lain yang dijamin tidak ada eror sama sekali.

4. Terlalu banyak fitur

BBM terlalu memaksakan menambah fitur-fitur baru yang tak berguna, bahkan fitur-fitur tersebut tak jarang membuat kita sebagai pengguna kebingungan saat menggunakan aplikasi ini. Harus diakui, BBM sudah bertansformasi dari aplikasi yang awalnya fokus ke chat mesenger menjadi aplikasi yang kompleks. Seperti baca komik, berita, hingga mencari lowongan kerja. Namun tanpa disadari fitur yang kompleks inilah yang menyebabkan BBM terasa sangat membosankan.

Tidak seperti aplikasi pengirim pesan lain yang cara penggunaannya simple dan sederhana, mereka fokus ke satu layanan saja. Pun jika ada penambahan fitur, aplikasi-aplikasi itu hanya menambahkan fitur yang masih ada kaitannya dengan pengiriman pesan.

Saya yakin kita semua yang pernah menginstal aplikasi BBM di hp tujuannya untuk bisa mengirim pesan dan bertukar informasi, bukan untuk fitur-fitur yang tak berguna.

5. Kecepatan pengiriman pesan

Alasan lain mengapa pengguna meninggalkan BBM adalah karena masalah kecepatan pengiriman pesan. Terkadang pesan sering tidak terkirim atau status deliv dan pending, padahal sinyal dalam keadaan baik-baik saja. Hal inilah yang menyebabkan pengguna sering merasa kesal. Kalau seperti ini, pertukaran informasi menjadi tidak lancar dan mungkin akan mengganggu aktifitas kita. Maka mau tidak mau pengguna harus menggunakan aplikasi lain yang bisa lancar mengirimkan pesan.

6. Menambahkan teman lewat PIN

Satu hal yang sangat disayangkan dari aplikasi BBM adalah harus menggunakan PIN untuk menambahkan teman. Fitur inilah yang paling banyak dikeluhkan pengguna BBM karena merepotkan. Selain itu, kita harus menunggu konfirmasi dari orang yang sudah kita tambahkan. Pada akhirnya BBM menjadi sangat tidak praktis dikala kita dalam kondisi yang darurat.

Mungkin BBM menggunakan fitur ini supaya berbeda dengan yang lain. Namun sebagian besar orang metode penambahan teman menggunakan PIN kurang disukai. Sehingga banyak pengguna ponsel pintar dengan terpaksa berpindah ke aplikasi serupa yang lebih praktis.

Walaupun begitu, sebenarnya fitur penambahan teman menggunakan PIN punya kelebihan, misalnya privasi orang yang terjamin, dengan kata lain orang tidak akan bisa mengirim kita pesan jika kita belum menerima permintaan pertemanan dari orang tersebut. Selain itu, keamanan BBM juga terjamin karena tidak pernah ada berita jika aplikasi yang satu ini kebocoran data pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here