7 Aplikasi yang Berguna saat Traveling ke Luar Negeri

aplikasi-traveling

Biasanya ketika berlibur ke luar negeri, kita kadang menggunakan jasa agen perjalanan untuk menuntun perjalanan kita di negeri orang, misalnya memberikan petunjuk jalan, restoran, tempat wisata, hotel, dan sebagainya. Namun semenjak hadirnya aplikasi yang bisa membantu kita saat liburan, maka kita mungkin tidak membutuhkan agen perjalanan lagi.

Saat ini kita memiliki semua yang diperlukan untuk membuat rancana liburan kita menjadi lebih mudah. Dengan bantuan teknologi, kemudahan liburan akan memberikan kita pengalaman traveling yang berbeda. Kami telah mengumpulkan beberapa aplikasi baik untuk App Store maupun Google Play Store, untuk membantu perjalanan kita ke luar negeri. Berikut aplikasi yang berguna saat traveling ke luar negeri

1. Google Maps

Google Maps masih dianggap sebagai aplikasi navigasi terbaik di dunia. Google maps berfungsi memberikan arah ketika bepergian menggunakan mobil, angkutan umum, berjalan kaki, taksi, atau bersepeda, untuk sampai ke tujuan.

Selain itu, kita juga bisa dengan mudah mencari alamat, rumah makan, museum, dan tempat-tempat populer lainnya hanya bermodalkan gadget. Penggunaannya yang terintegrasi dengan GPS gadget kita dapat meminimalisir dan mencegah kita tersesat di tempat-tempat yang baru dikunjungi.

2. Google Translate

Saat jalan-jalan diluar negeri, bahasa adalah faktor utama yang menjadi penghalang kita berinteraksi sama lingkungan sekitar. Untuk mengatasi hal ini, mungkin Google Translate adalah salah satu solusinya. Aplikasi ini menyediakan terjemahan lebih dari 100 bahasa yang berbeda.

Jika sulit membaca terjemahannya, Google Translate punya fitur ‘simak’ yang memungkinkan robot Google berbicara dan mendikte hasil terjemahan tersebut. Kita cukup mendengarkannya lalu mencoba meniru gaya bahasanya.

3. Booking tiket pesawat dan hotel

Traveling jauh-jauh ke negeri orang pasti membutuhkan hotel dan tiket pesawat, maka dari itu aplikasi pemesanan hotel dan tiket pesawat akan sangat berguna dalam perjalanan kita nantinya.

Kita bisa memesan hotel sebelum hari keberangkatan melalui aplikasi Traveloka atau aplikasi serupa. Selain itu, kita juga bisa membandingkan harga dari hotel dan tiket pesawat agar kita bisa menekan biaya traveling menjadi lebih hemat.

4. Ride Sharing

Tidak semua tempat wisata di luar negeri bisa kita capai dengan berjalan kaki. Meskipun biasanya saat ke luar negeri kita punya biro perjalanan yang menemani kita kemana saja, tapi terkadang kita memerlukan waktu yang privasi untuk diri kita sendiri. Mungkin kita ingin ke mall, restoran, dan sebagainya, yang memerlukan kendaraan umum untuk pergi kesana.

Nah inilah fungsi dari aplikasi ride sharing. Kalau di Indonesia seperti Gojek, yang bisa memesan taksi secara online. Disarankan menginstal aplikasi Uber karena aplikasi penyedia layanan transportasi online ini telah beroperasi di 84 negara dan lebih dari 800 kota di seluruh dunia.

5. TripAdvisor

TripAdvisor adalah aplikasi serba guna ketika bepergian ke luar negeri. Kita dapat dengan cepat membaca jutaan ulasan, opini, video, dan foto, yang berkaitan dengan apa pun tentang perjalanan kita. Contohnya,  restoran, hotel, maskapai penerbangan, dan lain-lain. Kita bisa menggunakan fitur Near Me dari TripAdvisor untuk menemukan tempat yang diulas dengan baik yang ada disekitar kita.

Selain itu, fitur terbaik yang ditawarkan aplikasi ini adalah jumlah negara yang didukungnya, TripAdvisor telah mendukung di banyak negara dan menjadikannya panduan terbaik untuk setiap pelancong di dunia. Kita juga dapat mengajukan pertanyaan perjalanan khusus di forum aplikasi atau menambahkan ulasan kita sendiri.

6. WhatsApp

Saat kita jalan-jalan ke luar negeri, besar kemungkinan kita akan bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru disana. Masalahnya adalah mungkin kita tak punya nomor seluler negara tersebut untuk berkirim pesan atau melakukan panggilan ke orang baru tersebut. Sedangkan nomor seluler kita tak ada koneksi jaringan di negara lain. Nah untuk mengatasinya, WhatsApp adalah solusinya. Aplikasi ini telah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Jika orang yang baru kita kenal itu juga menggunakan Whatsapp, maka kita tak perlu nomor seluler negara tersebut untuk melakukan interaksi karena hanya membutuhkan koneksi internet saja. Selain itu, ini juga adalah cara mudah untuk tetap terhubung dengan orang-orang di dalam negeri.

7. VPN

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk keamanan internet kita ketika di luar negeri adalah berlangganan layanan VPN yang terpercaya. VPN akan memastikan kita dapat mengakses semua situs web favorit kita dan mengabaikan blok apa pun di negara yang sedang kita kunjungi. Contohnya layanan Google yang tak bisa diakses di beberapa negara. Oleh karena itu, sediakanlah akses VPN untuk perjalanan luar negeri Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here