Berikut 9 Calon Startup Unicorn Indonesia Selanjutnya

calon startup unicorn indonesia

Perbincangan tentang siapa calon startup unicorn Indonesia selanjutnya semakin hangat-hangatnya. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Indonesia telah punya empat startup unicorn. Dia adalah Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Bagi yang tak tahu apa itu unicorn. Istilah ini merujuk kepada perusahaan rintisan yang telah memiliki valuasi lebih dari US$ 1 miliar atau Rp 14 triliun. Jelas kan, untuk mencapai status unicorn tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bagaimana usaha rintisan yang dulu dibangun dari nol akhirnya menjadi perusahaan raksasa baru di Indonesia.

Menurut studi dari dailysocial.id yang mengutip dari berbagai sumber, setidaknya ada sembilan startup yang digadang-gadang akan menyusul keempat startup yang telah menyabet unicorn di Indonesia. Walau sejatinya, perjalanan masing-masing startup ini masih terbilang cukup panjang, dan juga sangat mungkin disalip oleh startup-startup baru yang mungkin bisa memberikan kejutan dalam waktu dekat.

Kesembilan startup yang menyandang predikat Centaur tersebut adalah:

  • OVO (US$900 juta)
  • Akulaku (US$500 juta)
  • Blibli (US$100 juta)
  • IDN Times (US$100 juta)
  • Halodoc (US$100 juta)
  • Kredivo (US$100 juta)
  • Modalku (US$100 juta)
  • Ruangguru (US$100 juta)
  • Warungpintar (US$100 juta)

1. OVO

OVO adalah sebuah aplikasi smart yang menawarkan layanan pembayaran dan transaksi secara online. Startup besutan LippoX yang didirikan pada 2017 ini adalah startup yang paling dekat menyabet gelar unicorn selanjutnya.

2. Akulaku

Akulaku merupakan Aplikasi kredit virtual finansial online yang telah beroperasi di Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina. Aplikasi Akulaku merupakan aplikasi bidang usaha portal web dan platform digital dengan tujuan komersial (marketplace). Startup yang didirikan pada 2016 ini juga digadang-gadang akan menjadi startup unicorn Indonesia selanjutnya.

3. Blibli.com

Blibli adalah salah satu situs web ecommerce di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010.

4. Modalku

Modalku adalah perusahaan rintisan (startup) teknologi keuangan yang bergerak di bidang peer-to-peer lending yang didirikan pada 2016 dan berbasis di Jakarta, Indonesia.

5. Kredivo

Didirikan pada 2016, kredivo adalah kartu kredit digital berupa aplikasi di smartphone yang memberikan kemudahan untuk membeli dan membayar.

6. IDN TIMES

IDN Times adalah perusahaan media berita dan hiburan multi platform untuk Milenium dan Gen Z di Indonesia. Platform media yang didirikan pada 2014 ini berada dibawah naungan IDN Media yang juga membawahi Popbela.com.

7. Halodoc

Halodoc merupakan platform kesehatan yang memberikan solusi kesehatan dan diluncurkan pada tahun 2016 lalu.

8. Ruangguru

Ruangguru dalah sebuah startup yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan yang didirikan pada tahun 2014.

9. Warung Pintar

Warung Pintar adalah startup penyedia teknologi ‘warung’ ritel di Indonesia. Pertumbuhan startup yang satu ini terbilang pesat dikarenakan memberikan dampak positif pada masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here