Biografi Daniel Zhang, Sang Pengganti Jack Ma di Alibaba

0
Biografi Daniel Zhang, Sang Pengganti Jack Ma di Alibaba
Daniel Zhang (Foto Routers)

Pendiri Alibaba, Jack Ma, telah mengumumkan akan mengundurkan diri dari pimpinan utama Alibaba Group pada 10 September 2018. Penerus tongkat estafet kepemimpinan Jack Ma akan digantikan suksesornya yaitu Daniel Zhang, yang kini menjabat sebagai CEO Alibaba Group.

Namun Jack Ma masih akan memimpin Alibaba untuk satu tahun lagi demi berhasilnya masa transisi kepemimpinan. Daniel Zhang akan mulai jadi bos Alibaba pada 10 September 2019.

Penunjukan Daniel Zhang sebagai Chairman Of the Board Alibaba Group bukanlah tanpa alasan. Zhang merupakan salah satu orang penting membesarkan nama Alibaba. Dirinya berperan melejitkan Marketplace Taobao, anak usaha Alibaba, yang kini menjadi core bisnis Alibaba.

Lalu siapa sesungguhnya Daniel Zhang itu? Mari mengenal kisah sukses Daniel Zhang mulai dari profil, biografi, dan perjalanan hidup yang inspiratif.

Biografi Daniel Zhang

Daniel Zhang atau Zhang Yong (Mandarin: 张勇; pinyin: Zhāng Yǒng) lahir di Shanghai pada 1972. Ia belajar di Shanghai University of Finance and Economics.

Sebelum bekerja di Alibaba, pada tahun 2002 Zhang bekerja di Pricewaterhouse Coopers Shanghai sebagai Senior Manager. Ia lalu keluar dari perusahaan ini pada tahun 2005.

Pada tahun yang sama, ia bergabung bersama Shanda Interactive Entertainment sebagai Chief Financial Officer. Shanda adalah sebuah pengembang game online terkemuka China yang terdaftar di Nasdaq. Dirinya keluar pada tahun 2007 kemudian bergabung dengan Alibaba.

Berkarir di Alibaba

Karir Daniel Zhang di perusahaan Alibaba Group  berawal pada tahun 2007, dengan bergabung bersama Marketplace Taobao (anak perusahaan Alibaba) sebagai Chief Financial Officer. Setahun kemudian, ia menjadi Chief Operating Officer Taobao.

Barulah pada tahun 2011, Daniel Zhang dipromosikan menjadi presiden Tmall, e-commerce platform B2C yang juga milik Alibaba.

Saat menjabat presiden Tmall, Daniel Zhang mempelopori terobosan yang membuat dirinya semakin terkenal. Ia menciptakan 11 November Shopping Festival (Single’s Day). Festival ini mendadak menjadi populer di China khususnya orang yang masih single.

Imbas dari single day festival yang diciptakan Daniel Zhang membuat penjualan di platform Alibaba melonjak sangat drastis setiap tahunnya.

Pada tahun 2017 saja misalnya, acara tersebut menghasilkan transaksi sebesar USD 25 miliar atau Rp 350 triliun (kurs Rp 14 ribu) hanya dalam waktu satu hari saja. Event tahunan ini menjadi hari belanja offline dan online terbesar di dunia.

Karir yang melejit

Keberhasilan menciptakan acara 11.11 Shopping Festival Single Day (Hari Jomblo) membuat karir Daniel Zhang kian cemerlang.

Pada tahun 2013, ia sukses dipromosikan menjadi Chief Operating Officer Alibaba Group. Sejak Jack Ma menyerahkan posisi CEO Alibaba pada 2013, ke Jonathan Lu.

Namun pada 2015, Jack Ma mengumumkan bahwa sudah waktunya bagi perusahaan untuk dipimpin oleh orang-orang yang lebih muda.

Dengan berbagai prestasi, Daniel Zhang akhirnya sukses menjadi CEO Alibaba Group pada tahun 2015 menggantikan Jonathan Lu.

Menjadi Chairman Alibaba Group

Kerja keras Daniel Zhang akhirnya sampai batasnya. Jack Ma selaku pendiri Alibaba Group memutuskan untuk mundur dari jabatannya dan kemudian tanpa ragu menunjuk Daniel Zhang sebagai Chairman Alibaba Group penggantikan dirinya.

Sebagai informasi, Chairman adalah posisi paling senior di dewan direksi atau jabatan paling tinggi dalam suatu perusahaan/organisasi. Biasanya Chairman dijabat oleh pendiri perusahaan atau pemilik suatu perusahaan.

Peran Daniel Zhang di Alibaba juga diakui oleh Jack Ma sebagai Founder Alibaba. Semenjak Zhang menjadi CEO Alibaba, perusahaan mengalami pertumbuhan yang konsisten. Jack Ma mengklaim bahwa Daniel Zhang pantas disebut sebagai CEO No 1 tahun 2018 oleh media bisnis di Cina.

Daniel sudah bergabung dengan Alibaba Group selama 11 tahun. Sejak dia mengambil alih posisi CEO, dia telah menunjukkan bakatnya yang luar biasa, ketajaman bisnis dan kepemimpinan yang teguh. Di bawah kepemimpinannya, Alibaba mengalami pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 kuartal berturut-turut,” kata Jack Ma dalam surat perpisahannya.

Jack Ma kemudian melanjutkan bahwa dia sangat yakin Daniel Zhang bisa membawa Alibaba semakin kuat dan menjadikan Alibaba sebagai pemimpin teknologi dunia.

Pikiran analitisnya tak tertandingi, ia memegang teguh misi dan visi kami, ia memeluk tanggung jawab dengan semangat, dan ia memiliki keberanian untuk berinovasi dan menguji model bisnis kreatif. Setelah bekerja sama dengan mereka saya yakin bahwa mereka sudah siap dan saya memiliki kepercayaan penuh kepada generasi kepemimpinan kami selanjutnya,” kata Jack Ma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here