6 Bisnis Untuk Anak Muda Yang Lagi Trend Saat ini

0
bisnis untuk anak muda

Anak muda atau remaja sangat erat dengan namanya poya-poya dan bersenang-senang. Jika ditanya apa cita-citanya? Kebanyakan dari mereka menjawab ingin jadi PNS atau karyawan kantoran. Alasannya biar masa depan terjamin, dll. Cukup jarang kita dengar anak muda yang ingin jadi pengusaha. Menurut mereka jadi pengusaha itu untungnya lama, harus punya modal yang besar, ribet, dll. Mending jadi PNS, gaji setiap bulan lancar, kerjanya pun terbilang santai.

Persepsi inilah yang berkembang di masyarakat kita. Mungkin persepsi ini hanya ada di Indonesia saja. Di luar negeri, hampir semua masyarakat di negara lain berkeinginan menjadi seorang pengusaha. Bahkan pekerjaan sebagai pegawai negeri adalah pilihan kesekian, jika cita-cita jadi pengusaha tidak bisa terwujud.

Kemudian, tentang persepsi pendapatan pengusaha yang tidak tetap. Memang benar penghasilan seorang pengusaha tidak tetap seperti halnya seorang PNS atau pekerja kantoran yang menerima gaji setiap bulan. Namun kita juga jangan lupakan bahwa fakta orang kaya di dunia ini semuanya berprofesi sebagai pengusaha.

Nah lalu gimana menjadi pengusaha? Bisnis apa yang cocok untuk anak muda? Di jaman digital seperti sekarang ini, banyak sekali potensi bisnis yang bisa dijalankan anak muda seperti kita ini. Salah satunya adalah bisnis online. Bisnis jenis ini kebanyakan tidak membutuhkan modal yang banyak, cukup bermodalkan pengetahuan dan skill saja. Namun begitu bisnis offline juga punya potensi yang sama besarnya.

Sepatutnya kita yang masih muda harus menumbuhkan keinginan menjadi pengusaha. Pengusaha itu adalah salah satu tingkatan tertinggi untuk profesi loh. Selain itu pengusaha juga kerjaannya santai, tidak terikat, dan tidak ada tekanan. Masalah penghasilannya pun tidak kalah dari orang kantoran. Apalagi kalau bisnis kita nanti sudah membesar, kita mungkin bisa membuka lapangan pekerjaan, dan yang terpenting dari itu kita tidak minta lagi sama orang tua.

Jika kamu bingung mau buka bisnis apa, berikut adalah bisnis untuk anak muda yang lagi trend saat ini bisa kamu pertimbangkan sebagai saran.

1. Bikin startup

Startup atau usaha rintisan merupakan bisnis yang paling populer saat ini. Startup biasanya mengacu kepada usaha yang memanfaatkan teknologi sebagai media berbisnis. Tokopedia, Gojek, traveloka, dan Bukalapak, adalah contoh startup sukses yang ada di Indonesia.

Para pendiri bisnis rintisan ini membangun bisnisnya dari nol hingga menjadi perusahaan raksasa berskala internasional. Bahkan nilai perusahaan rintisan mereka itu telah mencapai lebih dari Rp 13 triliun atau disebut juga sebagai unicorn.

Jika kamu ingin membuat startup dan pengen jadi CEO muda, kamu harus peduli dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Setelah itu ciptakanlah solusi untuk memecahkan masalah tersebut melalui pemanfaatan teknologi.

2. Menjadi youtuber

Bisnis online yang satu ini adalah bisnis yang paling ngehits saat ini. Yaps, menjadi seorang youtuber bukan lagi sekedar hobi membuat dan membagikan momen lewat video saja, namun sudah berkembang menjadi bisnis yang memungkinkan kita bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Lantas, apa yang dijual di youtube? Dan bagaimana cara kita mendapatkan uang dari youtube? Menjadi seorang content creator youtube, bararti kamu menjual video untuk di tonton banyak orang secara gratis di aplikasi youtube.

Google selaku pengembang youtube, memberikan opsi kepada pembuat video untuk mendapatkan income melalui iklan yang ditampilkan di sela-sela video. Singkat cerita, youtuber bisa menghasilkan uang lewat jaringan iklan bernama Google Adsense.

Tidak hanya itu, jika channel seorang youtuber telah punya jutaan subscriber dan viewer, maka bukan tidak mungkin brand-brand terkenal akan berbondong-bondong menjadi sponsor mandiri. Hal ini membuat penghasilan seorang youtuber akan semakin bertambah. Dari Adsense dapat, dan dari iklan mandiri juga dapat. Bagaimana, menjanjikan bukan!.

3. Menjadi blogger

Sama seperti youtuber, seorang blogger juga menjual konten sebagai bisnis utamanya. Bedanya, kalau youtuber menjual video, sedangkan blogger menjual artikel untuk dibaca banyak orang.

Menjadi blogger profesional juga termasuk bisnis yang lagi hits saat ini. Selain karena kebutuhan masyarakat tentang informasi semakin meningkat, blogger juga ada embel-embel penghasilan dari iklan.

Meskipun demikian, menjadi blogger profesional itu gampang-gampang susah. Susahnya adalah kamu harus memahami beberapa teori mulai dari pengelolaan website, sedikit mengerti programming, Search Engine Optimization, dan lain sebagainya.

Beberapa penghasilan yang bisa didapat blogger antara lain dari:

  • Iklan Adsense (Iklan dari Google)
  • Iklan mandiri (Iklan dari perusahaan yang menghubungi blogger)
  • Menjual produk sendiri (ebook, software, dll)
  • Menulis artikel berbayar tentang ulasan suatu perusahaan
  • dll

4. Mengelola akun instagram

Instagram merupakan media sosial yang saat ini sangat digandrungi masyarakat dunia. Saking eksisnya media sosial milik Facebook ini, terciptalah banyak istilah-istilah baru di dunia maya. Salah satunya adalah selebgram, seseorang yang terkenal karena Instagram.

Jika akun Instagram kamu kebetulan punya banyak follower, maka itu bisa menjadi peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa membuka penawaran endorse dari brand-brand terkenal atau melakukan post berbayar. Bisnis yang satu juga merupakan bisnis yang populer untuk remaja. Hanya melakukan post di Instagram saja, kamu bisa mendapat ratusan ribu perharinya.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Bahkan Tanpa Modal Sekalipun

5. Buka kafe atau restoran

Setelah membahas bisnis online, sekarang kita masuk pada bisnis offline yang lagi trend untuk anak muda. Salah satunya adalah membuka kafe dan tempat makan. Bercermin dari jiwa anak muda yang suka sekali nongkrong di kafe-kafe bersama teman-temannya, maka itu bisa kamu manfaatkan sebagai peluang berbisnis.

Bisnis yang satu ini termasuk bisnis yang takkan pernah mati. Artinya pelanggan akan selalu ada. Karena makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi.

Jika kamu memutuskan untuk membuka kafe dan restoran, selain memperhatikan kualitas menunya, kamu juga harus peduli dengan desain tempat kafe itu nantinya. Karena menurut pengamatan, kafe yang berkonsep dan berdesain unik, biasanya akan selalu dicari pelanggan.

6. Buka clothing pakaian merek sendiri

Bisnis untuk anak muda yang lagi trend terakhir adalah membuka clothing pakaian dengan merek sendiri. Bisnis yang satu ini sedang hits-hits nya. Banyak pebisnis muda mengeluarkan brand pakaian dengan merek sendiri dan dipajang di distro-distro milik mereka. Yaa daripada membesarkan merek orang lain, lebih baik membesarkan merek sendiri kan.

Biasanya bisnis yang satu ini akan cepat sukses jika ownernya merupakan orang yang terkenal atau orang yang berpengaruh. Kamu bisa memanfaatkan nama besarmu untuk membesarkan nama brand pakaianmu. Lihat saja banyak sekali artis-artis yang sering mempromosikan brand pakaian mereka. Namun jika kamu bukan siapa-siapa, tidak menutup kemungkinan merek pakaianmu juga akan cepat sukses jika kualitasnya memang bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here