5 Bisnis Yang Cocok Untuk Dikembangkan Di Pedesaan

bisnis di desa

Halo teman-teman kali ini kami akan membahas beberapa bisnis yang cocok untuk dikembangkan di pedesaan. Kalian pasti bingung untuk membuka bisnis apa yang cocok di desa. Sudah diketahui bersama bahwa prospek bisnis di desa itu sangat kecil, maka dari itu banyak dari warga desa yang merantau ke kota untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Namun tidak  ada yang tidak mungkin untuk kita mengembangkan bisnis di desa.

Nah kami akan memberikan sedikit tips untuk bisnis apa yang dapat kalian kembangkan di desa tanpa harus merantau ke kota, simak ulasannya berikut!

1. Membuka Jasa Menjahit

Untuk kalian yang tertarik di dunia fashion, bisnis ini merupakan bisnis yang cocok untuk kalian. Fashion merupakan hal yang tidak akan pernah mati. Bisnis jasa menjahit juga merupakan sebuah bisnis yang membutuhkan sedikit modal dan tenaga untuk mendirikannya.

Berpakaian memiliki esensi tersendiri selain menutup aurat, berpakaian juga tak jarang menunjukkan kelas sosial seseorang. Jadi orang-orang sangat memperhatikan bagaimana pakaian yang akan mereka kenakan. Dan masalahnya bagi warga desa untuk membeli pakaian yang lengkap mereka harus pergi ke kota, dan jarak yang di tempuh juga terkadang cukup jauh. Hal ini pasti membutuhkan uang yang tak sedikit hanya untuk membeli pakaian saja.

Nah ini merupakan peluang bisnis, dari pada membeli pakaian yang jauh di kota lebih baik menggunakan jasa menjahit. Selain lebih murah, kelebihan lainnya adalah lebih efisien, kita bisa menentukan model dan ukuran sesuai keinginan sendiri.

2. Bisnis Makanan

Bisnis makanan cocok untuk kalian yang tertarik di bidang kuliner. Jika kalian memiliki resep yang unik, kalian bisa membuka bisnis yang satu ini. Bisnis makanan dinilai sebagai bisnis yang sangat menguntungkan di desa karena biasanya bahan-bahan perlengkapan makanan banyak tersedia di desa. Hal ini membuat bisnis menjual makanan membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak.

Namun selain bisnis yang satu ini bisa menghasilkan banyak keuntungan, namun bisnis makanan juga memiliki banyak resiko karena menjual makanan tidak bisa dalam waktu yang lama. Jika tidak terjual maka makanan akan membusuk dan menimbulkan kerugian, berbeda dengan menjual barang yang bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Untuk membuka bisnis makanan, kalian harus mengerti cita rasa yang dapat dinikmati berbagi kalangan, termasuk warga pedesaan. Walaupun bisnis makanan memiliki resiko kerugian yang tinggi namun keuntungan yang dijanjikan juga sangat tinggi.

3. Warung Kelontong

Warung kelontong juga merupakan bisnis yang cukup menjanjikan jika kalian ingin membuka bisnis di desa. Warung kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari merupakan bisnis yang lazim. Warga di desa juga butuh membeli kebutuhan sehari-harinya, dan di kampung biasanya jarang sekali tersedia toko kelontong, Nah ini menjadi kesempatan bisnis untuk kalian.

Dalam bisnis ini, ketersediaan barang yang beragam dan harga yang murah menjadi jaminan utama keberlangsungan bisnis warung kelontong. Maka dari itu, anda harus mencari grosir yang murah dan lengkap untuk menditribusikan produk-produk di warung kalian.

Baca Juga: Produk yang Harus Ada di Warung Kelontong

Walaupun bisnis ini merupakan bisnis dengan keuntungan yang tidak terlalu besar, namun bisnis ini mengandalkan cash flow yang dapat membiayai kehidupan kalian sehari-hari. Karena apa yang kalian jual juga akan kalian butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi resiko kerugian tidak akan terlalu besar.

Selain itu, Kalian harus menciptakan pelayanan yang terbaik agar mendapatkan para pelanggan yang setia dan menciptakan cash flow yang sehat. Kalian harus pintar dalam memutar barang yang kalian jual agar keuntungan semakin maksimal.

4. Jasa Mebel

Bisnis mebel adalah salah satu bisnis yang cocok untuk kalian yang tinggal di desa, karena ketersediaan sumber daya dirasa sangat banyak dan tentunya murah karena di desa sangat berlimpah kayu yang dapat dijadikan bahan untuk mebel.

Kalian bisa menjual hasil mebel tersebut ke kota di desa tempat kalian membuka bisnis. Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang banyak ketika menjualnya ke kota. Karena selain bahan yang murah, di desa juga memungkinkan kalian mempekerjakan orang dengan gaji standart desa. Jadi kalian bisa memaksimalkan keuntungan yang kalian terima. Tetapi bisnis ini juga memerlukan modal yang lumayan besar.

5. Jamur Tiram

Jika kalian ingin memiliki pendapatan harian yang stabil, maka bisnis mengembangkan jamur tiram adalah jawabannya. Bertani jamur tiram adalah peluang bisnis rumahan di desa yang sangat strategis.

Pertama, bisnis ini bisa dimulai dengan modal kecil. Kedua, bahan baku yang dibutuhkan untuk media pertumbuhan jamur jenis ini tersedia banyak di desa dengan harga yang murah-meriah, seperti serbuk kayu, kapur dan dedak, yang biasa digunakan sebagai bahan makanan ayam. Perlengkapan lainnya adalah drum bekas dan plastik yang dibutuhkan ketika menanak baglog atau log. Bahan bakar untuk merebus log menggunakan kayu.

Keuntungan yang kalian miliki adalah biasanya rumah warga di desa memiliki ukuran yang luas sehingga ada ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ribuan log jamur nantinya. Kalian bisa mempelajari bahan, proses, dan cara memasarkan jamur ini dari internet atau belajar pada orang yang sudah menjalankannya.

Jika kalian rutin membuat media tumbuh untuk jamur ini, maka jamur ini akan tumbuh setiap hari, dan hal ini akan membuat kalian memiliki penghasilan yang stabil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here