11+ Bisnis Yang Laku Setiap Hari di Pasaran, Online dan Offline

0
Bisnis Yang Laku Setiap Hari di Pasaran

Apa sih bisnis yang laku setiap hari dan bisa untung terus? Pertanyaan itu seringkali membuat kita bingung ketika memutuskan untuk memulai bisnis. Bagi orang amam dan pemula dalam dunia bisnis, pasti yang ada didalam pikiran kita adalah bagaimana usaha kita bisa untung terus-menerus dan tidak butuh modal yang besar.

Meskipun mencari ide bisnis yang sesuai dengan harapan itu tidak mudah, namun ternyata ada lho bisnis yang bisa laris keras di pasaran walaupun tidak membutuhkan modal yang besar.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita memahami bagian-bagian dari definisi bisnis. Berdasarkan medianya, bisnis itu saat ini terbagi menjadi dua. Yaitu bisnis online dan bisnis offline.

Bicara tentang penghasilan, keduanya sama-sama menguntungkan dan sama-sama banyak peminatnya, tergantung dari gimana kita membuat model bisnis, produk apa yang dijual, siapa target konsumen, bagaimana cara menjualnya, dan bisa menganalisis apa yang dibutuhkan banyak orang.

Bisnis Online, bisnis yang laku Setiap hari

Bagi kamu yang ingin terjun dalam bisnis digital yang lagi hits seperti sekarang ini, mungkin ini adalah peluang besar bagi kamu untuk lebih mudah mendapatkan keuntungan. Pasalnya, trend konsumtif saat ini sudah beralih dari offline ke online. Sekarang, apa-apa sudah online lho. Apalagi pertumbuhan pengguna internet yang sangat cepat, sehingga internet sudah menjadi kebutuhan wajib untuk semua orang.

1. Youtuber

Bisnis online yang satu ini mungkin adalah bisnis yang paling ngehits saat ini. Yaps, menjadi seorang youtuber bukan lagi sekedar hobi membuat dan membagikan momen lewat video saja, namun sudah berevolusi menjadi bisnis yang memungkinkan kita bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Lantas, apa yang dijual di youtube? Dan bagaimana cara kita mendapatkan uang dari youtube?

Menjadi seorang content creator youtube itu, bararti kamu menjual video untuk di tonton banyak orang secara gratis di aplikasi youtube.

Google selaku pengembang youtube, memberikan opsi kepada pembuat video untuk mendapatkan income melalui iklan yang ditampilkan di sela-sela video.

Singkat cerita, youtuber bisa menghasilkan uang lewat jaringan iklan milik Google bernama Adsense.

Tidak hanya itu, jika channel seorang youtuber telah punya jutaan subscriber dan viewer, maka bukan tidak mungkin brand-brand terkenal akan berbondong-bondong menjadi sponsor mandiri.

Hal ini membuat penghasilan seorang youtuber akan semakin bertambah. Dari Adsense dapat, dan dari iklan mandiri juga dapat. Bagaimana, menjanjikan bukan!.

2. Dropship

Dropship adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Dropship hanya bermodalkan foto yang dipajang di media sosial atau situs jual beli online.

Jadi prosesnya, ketika ada orang yang memesan produk yang di pajang, maka dropship akan melanjutkannya ke penjual yang sebenarnya.

Keuntungan yang didapatkan dropship tergantung dari selisih harga yang ditawarkan.

Misalnya, harga produk di penjual aslinya sekitar Rp 50 ribu, terus dropship kemudian menjualnya Rp 60 ribu. Maka selisih Rp 10 ribu akan menjadi keuntungan dropship.

Bisnis dropship ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik dari kalangan remaja hingga orang dewasa. Namun biasanya, menjadi dropshipper kebanyakan dilakukan oleh anak kuliahan dan ibu rumah tangga.

  • Kelebihan: Bisnis dropship tidak perlu modal karena memang kebanyakan dari produk mereka hanya virtual saja.
  • Kekurangan: Bisnis dropship cenderung memiliki harga produk yang lebih mahal ketimbang di penjual yang aslinya. Kemudian seorang drophip kemungkinan akan kesulitan berkomunikasi antara pembeli dan penjual secara bersamaan.

3. Reseller

Banyak yang menganggap bahwa reseller dan dropship itu sama. Padahal keduanya sangat berbeda. Reseller adalah kegiatan orang yang menjual kembali suatu produk setelah mereka membelinya. Biasanya reseller membeli produk dengan jumlah yang besar, dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan yang besar pula.

Tentunya menjadi reseller membutuhkan modal yang juga cukup besar untuk membeli stok barang dari supplier. Berbeda dengan Drophipper yang tidak membutuhkan modal sama sekali.

Beberapa jenis bisnis reseller yang biasanya mudah laku dipasaran adalah membeli produk yang berasal dari luar negeri dan menjualnya kembali di dalam negeri, seperti produk elektronik, fashion, dan produk lainnya.

4. Instagrammer

Instagram merupakan media sosial yang saat ini sangat digandrungi masyarakat dunia. Saking eksisnya media sosial milik Facebook ini, terciptalah banyak istilah-istilah baru di dunia maya. Salah satunya adalah selebgram, seseorang yang terkenal karena Instagram.

Jika kamu perhatikan, akun media sosial milik orang yang punya banyak followers terkadang dijadikan lahan bisnis yang sangat menjanjikan.

Tak jarang mereka mendapat penghasilan yang cukup besar karena kebanjiran endorse, yaitu aktivitas yang mempromosikan sebuah produk dari suatu merek pada laman atau stories Instagram mereka.

Jadi bagi kamu yang punya akun Instagram yang banyak followers, tak ada salahnya mencoba bisnis yang lagi nge-trend ini.

5. Blogger Profesional

Sama seperti youtuber, seorang blogger juga menjual konten sebagai bisnis utamanya. Bedanya, kalau youtuber menjual video, sedangkan blogger menjual artikel untuk dibaca banyak orang.

Menjadi blogger profesional juga termasuk bisnis yang laris manis setiap hari, karena kebutuhan masyarakat tentang informasi semakin meningkat.

Hayoo, seberapa sering kamu mencari informasi di Google dalam satu hari?

Meskipun demikian, menjadi blogger profesional itu gampang-gampang susah. Susahnya adalah kamu harus memahami beberapa teori mulai dari pengelolaan website, sedikit mengerti programming, Search Engine Optimization, dan lain sebagainya.

Namun bagi kamu yang blogger pemula, lebih baik manfaatkan situs blogger.com yang gratis. Kamu tak harus pusing-pusing memikirkan gimana mengelola website yang baik. Jika kamu menggunakan blogger.com, tugas kamu hanya fokus membuat artikel saja.

Beberapa penghasilan yang bisa didapat blogger antara lain dari:

  • Iklan Adsense (Iklan dari Google)
  • Iklan mandiri (Iklan hasil dari perusahaan yang menghubungi blogger)
  • Menjual produk sendiri (ebook, software, dll)
  • Menulis artikel berbayar tentang ulasan suatu perusahaan
  • dll

Baca Juga: Pingin Jadi Blogger Sukses? 5 Cara Agar Kita Rajin Menulis Blog

6. Menjual jasa keahlian

Jika kamu punya keahlian khusus pada bidang tertentu, maka itu menjadi peluang bagi kamu untuk berbisnis yang menawarkan jasa keahlian tersebut kepada banyak orang.

Tentunya bisnis ini dikelola secara individu dan tidak terikat oleh siapapun, atau dengan kata lain kamu menjadi seorang freelance.

Sadarkah kamu bahwa hampir semua jenis pekerjaan saat ini membutuhkan keahlian khusus dari diri kita, termasuk pekerjaan kamu sehari-hari.

Misalnya kamu yang bekerja di bidang IT, pastinya kamu adalah orang yang mengerti komputer, kan. Nah namun disini kita akan menjual keahlian kita secara mandiri, tidak ada embel-embel perusahaan.

Lalu gimana caranya menjual jasa keahlian kita? Jawabannya adalah kamu harus rajin mengikuti forum-forum sesuai dengan keahlian kamu, seperti di kaskus dan grup facebook. Carilah permasalahan yang terjadi di forum itu, kemudian tawarkan bantuan berbentuk jasa.

Beberapa jenis keahlian yang biasanya sangat dicari dan cepat laku adalah sebagai berikut:

  • Jasa membuat artikel (content writter)
  • Jasa mengelola website (web developer)
  • Jasa desain grafis (desain grafis)
  • Jasa pembuatan aplikasi (mobile apps developer)
  • Jasa memperbaiki alat elektronik (teknisi)
  • Dan jasa-jasa keahlian lainnya (tergantung keahlian)

Bisnis offline juga tidak kalah laris

Oh, kamu tidak tertarik bisnis online toh. Bukan karena kamu gaptek atau sejenisnya ya, melainkan kamu ternyata lebih suka bisnis di dunia nyata. It’s fine.

Lanjutkan membaca halaman selanjutnya>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here