10 Brand Terkenal Dunia Ternyata Dulunya Menjual Produk Yang Berbeda

0
Samsung Dulu Jualan Mie

Perusahaan yang saat ini punya nama besar dan sukses pasti punya proses yang panjang untuk meraihnya. Setiap bisnis punya masa naik dan menurun, dan itu hal yang wajar. Namun salah satu cara membuat perusahaan punya umur panjang adalah bagaimana produk mereka bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Sama seperti perusahaan berikut ini. Merek-merek besar ini ternyata punya masa lalu yang unik. Bahkan mereka dibesarkan bukan karena produk pertama. Brand ini mendapatkan kesuksesan karena mengambil resiko merubah model bisnis dan menjual produk yang berbeda di awal berdirinya.

Penasaran? Berikut adalah Brand Terkenal Ternyata Dulunya Menjual Produk Yang Berbeda dengan sekarang.

10. Suzuki > Membuat mesin Tenun

Suzuki dulu Membuat mesin Tenun
Suzuki dulu Membuat mesin Tenun

Perusahaan Suzuki didirikan oleh Michio Suzuki pada 1909. Awalnya perusahaan ini difokuskan untuk membuat mesin tenun yang disebut Suzuki Loom Works. Karena menciptakan mesin tenun jenis baru, Suzuki berhasil mengekspor mesin tenunnya sampai ke luar negeri.

Setelah berhasil dengan mesin tenun, Suzuki kemudian memperlebar jangkauan bisnisnya. Dengan permintaan mobil yang kian meningkat, Suzuki membuat prototype mobil pertamanya pada 1937. Dan kini, Suzuki sudah dianggap salah satu produsen mobil terbesar di dunia.

9. Nintendo > Jualan kartu Remi

Nintendo dulu Jualan kartu Remi
Nintendo dulu Jualan kartu Remi

Didirikan pada 23 September 1889 oleh Fusajiro Yamauchi, Nintendo Playing Card Co., Ltd. awalnya memproduksi dan memasarkan permainan kartu yang disebut “hanafuda”. Pada tahun 1963, perusahaan ini berganti nama menjadi Nintendo Co., Ltd. dan mulai merambah ke bisnis lain seperti layanan taksi, hotel, jaringan TV, dan makanan yang menjual beras instan.

Nintendo baru mulai tertarik dengan gim video pada tahun 1974, di mana mereka menjadi distribusitor resmi gim konsol video game komersial pertama di dunia ‘Magnavox Odyssey’ di Jepang. Sementara game pertama mereka ‘EVR Race’, dirilis pada tahun 1975.

Nintendo mulai memproduksi perangkat keras mereka sendiri pada tahun 1977 kemudian pengembangan konsol pada tahun 1983 yang di sebut Famicom, kemudian diganti namanya menjadi Nintendo Entertainment System (NES).

Hari ini, Nintendo adalah salah satu perusahaan video game terbesar di dunia, setelah menciptakan beberapa video game terkenal seperti ‘Mario’, ‘The Legend of Zelda’, dan ‘Pokémon’. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan ketiga paling berharga di Jepang.

8. Sharp > Jualan pensil

Sharp dulu Jualan pensil
Sharp dulu Jualan pensil

Sebelum sukses menjual produk elektronik seperti TV, Kulkas, AC, dan berbagai barang elektronik lainnya, Sharp ternyata lebih dulu mengawali bisnisnya menjadi produsen pensil mekanik.

Bahkan perusahaan yang didirikan pada September 1912 di Tokyo itu mengambil namanya dari salah satu penemuan produk pertamanya, pensil mekanik Ever-Sharp, yang diciptakan oleh Tokuji Hayakawa pada tahun 1915.

7. Toyota > Membuat mesin jahit

Toyota dulu Membuat mesin jahit
Toyota dulu Membuat mesin jahit

Sama seperti kompetitornya, Suzuki, Toyota juga ternyata tidak lahir sebagai produsen mobil. Toyota memulai bisnisnya dengan memproduksi mesin jahit.

Pendiri Toyota, Sakichi Toyoda, mengabdikan hidupnya mempelajari dan mengembangkan perakitan tekstil. Dalam usia 30 tahun, Toyoda berhasil menciptakan mesin tenun.

Hak paten mesin tektil otomatis kemudian dijual ke perusahaan lain. Hasil penjualan paten ini, dijadikan modal pengembangan divisi otomotif. Dan pada tahun 1936, Toyota kemudian akhirnya meluncurkan mobil penumpang pertama mereka.

Lanjutkan membaca halaman selanjutnya >

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here