10 Pelajaran Bisnis dari Bill Gates Pendiri Microsoft

0
10 Pelajaran Bisnis dari Bill Gates Pendiri Microsoft
bill gates

Siapa yang tidak tau Bill Gates? Bill Gates bisa dibilang adalah pengusaha paling populer sepanjang masa. Bill Gates juga dikenal sebagai tokoh besar, filantropis, investor, dan pendiri Microsoft. Siapa sangka pelajaran bisnis dari Bill Gates dimulai setelah ia drop out dari Harvard University pada tahun 1974. Ia lalu mulai melakukan revolusi teknologi dengan mendirikan perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia.

Bisa dipastikan kita semua memakai salah satu produk dari Microsoft. Produk-produk terkenal Microsoft seperti sistem operasi Windows dan Microsoft Office. Kesuksesan Bill Gates mendirikan Microsoft membuatnya mendapatkan gelar sebagai manusia terkaya di dunia yang bertahan selama beberapa tahun.

Meskipun Bill Gates telah melepaskan posisinya sebagai CEO Microsoft, namun pengusaha muda atau entrepreneur bisa mendapatkan beberapa pelajaran bisnis dari Bill Gates yang bersumber dari pengalaman dan pelajaran hidupnya.

Nah bagi kamu yang ingin menjadi pebisnis dan entrepreneur yang sukses. Berikut adalah 10 pelajaran bisnis dari Bill Gates pendiri Microsoft.

 

Pelajaran Bisnis dari Bill Gates Pendiri Microsoft

 

1. Bergerak Cepat dan Terus Berinovasi

Agar tetap eksis di dunia startup yang semakin kompetitif. Kita harus bergerak dengan kecepatan yang tinggi dan fokus pada inovasi yang berkelanjutan. Hal ini supaya bisnis kita tidak ketinggalan dari kompetitor lain.

Seperti halnya sebuah perlombaan berlari. Siapa yang lebih cepat berlari dia yang akan mencapai garis finish.

Bill Gates berpikir bahwa “Masalah kecepatan yang paling penting bukanlah secara teknis tetapi budaya. Ini meyakinkan semua orang bahwa kelangsungan hidup perusahaan tergantung pada bergerak secepat mungkin.

2. Harus selangkah lebih maju

Untuk tetap selangkah lebih maju dari kompetitor, Kita perlu memprediksi masa depan dan mempersiapkannya terlebih dahulu. Keberhasilan Bill Gates sebagian besar bergantung pada visinya untuk menjadikan perusahaan yang ia bangun menjadi yang terdepan dalam bidang teknologi.

Karena visi yang kuat dari sang Founder, hasilnya Microsoft selalu selangkah lebih maju dari kompetitornya. Bahkan ketika Bill Gates memutuskan untuk pensiun, Gates telah merancang rencana untuk dikerjakan oleh Microsoft di masa depan.

Dalam sebuah wawancara, Bill Gates pernah memperkirakan bahwa perangkat seluler, TV internet, dan user interface (sistem operasi) akan mendapatkan popularitas yang besar di masa yang akan datang.

Dan sejarah membuktikan bahwa dia benar. Saat ini perangkat seluler seperti smartphone dan internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat modern.

3. Waktu Anda Sangat Berharga

Bill Gates selalu menasihati para pengusaha muda akan pentingnya waktu sehingga mereka paham dan tidak membuang-buang waktu mereka yang berharga.

Bahkan orang terkaya di dunia seperti Bill Gates sekalipun tidak mampu membeli waktu yang sangat berharga. Bill Gates pernah berkata “Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda miliki, Anda tidak dapat membeli lebih banyak waktu untuk Anda sendiri.” Hal ini mencerminkan betapa berharganya waktu kita.

Jangan menyia-nyiakan waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna. Lebih baik melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain agar tujuan hidup kita bisa lebih cepat untuk terwujud.

4. Belajar dari kesalahanmu

Pelajaran Bisnis dari Bill Gates selanjutnya adalah belajar dari kesalahan. Ketika kegagalan datang, Bill Gates selalu memberikan nasihat bahwa kita harus menerima kegagalan tersebut. Karena menurut Bill Gates ada sebuah pelajaran yang sangat berharga dari sebuah kegagalan.

Salah satunya adalah kita bisa belajar dari setiap kesalahan kemudian memperbaiki kesalahan tersebut agar di masa yang akan datang kita tidak membuat kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

“Belajar dari kesalahan Anda, kemudian coba lagi, bukannya mengeluh tentang hal itu lalu menyerah” Ucap Bill Gates.

Ada salah satu kutipan Bill Gates yang terkenal, “Memang baik untuk merayakan keberhasilan tetapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran kegagalan.”

5. Jangan terpaku dalam keberhasilan

Adalah hal yang wajar jika kita merayakan sebuah keberhasilan. Karena hal itu adalah salah satu bentuk motivasi kita untuk mengulangi kesuksesan yang sama.

Namun berbeda dengan Bill Gates. Dia tidak suka merayakan sebuah keberhasilan. Gates berpendapat bahwa keberhasilan dapat mengaburkan visi seseorang, menyebabkan kita menjadi terlalu percaya diri dan tidak siap untuk menghadapi tantangan baru yang akan terjadi di masa depan.

Sukses adalah guru yang buruk. Ini menggoda orang pintar untuk berpikir bahwa mereka tidak bisa kalah.- Bill Gates

6. Berikan solusi pada setiap permasalahan

Menurut Bill Gates, terkadang orang-orang tidak membeli produk karena memiliki logo yang bagus atau harga yang rendah. Mereka membeli karena mereka punya masalah dan mereka yakin bahwa produk tersebut akan menyelesaikan permasalahannya.

Jika Anda bertemu sama orang-orang yang sedang punya masalah dan Anda memberikan sebuah solusi kepada orang-orang tersebut, maka mereka akan membantu Anda untuk meraih kesuksesan Anda.” – Bill Gates.

Maksud dari kutipan tersebut adalah Jika kita ingin menjadi pengusaha yang sukses pikirkan permasalahan sosial yang bisa kita berikan solusi. Jika solusi tersebut bisa menyelesaikan permasalahan, maka Anda akan sukses.

Baca Juga: Mau Jadi Pengusaha? Ini 7 Nasihat Jack Ma Alibaba untuk Anak Muda

7. Ketekunan dan Ketekunan

Salah satu kunci keberhasilan Bill Gates adalah kemampuannya untuk bertahan dan bertahan. Paul Allen, pendiri Microsoft yang mendirikan perusahaan perangkat lunak bersama Bill Gates, menulis tentang kegigihan dan ketekunan Bill Gates dalam artikel miliknya, “Bill Gates tidak suka gagal. Apapun yang terjadi dia harus sampai tujuan

Tidak ada kesuksesan yang instan di dunia ini. Kesuksesan akan kita dapat dengan adanya kerja keras dan ketekunan. Terkadang seseorang akan merasa frustasi jika apa yang mereka lakukan tidak ada perkembangan sama sekali. Namun disinilah perlajaran bisnis dari Bill Gates yang sesungguhnya.

Bill Gates sendiri berkata, “Tidak ada yang semalam.” Versi awal dari sistem operasi Windows (Windows 1.0, Windows 2.0) tidak begitu sukses tetapi kegigihan membuat Windows bertahan dan akhirnya menjadi sistem operasi paling populer di dunia, itu mengantarkan saya menjadi seperti saat ini.”

8. Mengambil risiko

Pelajaran bisnis dari Bill Gates adalah berani mengambil risiko. Menurut Bill Gates, pengusaha tidak boleh terpaku dalam zona nyaman mereka. Terlalu puas akan keadaan tidak akan mengubah apapun apalagi untuk maju dan berkembang.

Keyakinan dan kecenderungan mengambil risiko membuat Microsoft begitu cepat populer meskipun pada saat itu tidak banyak orang yang tahu tentang perangkat komputer.

Jika Anda ingin menang besar, Anda harus mengambil risiko besar pula.”

Kata-kata Bill Gates adalah sumber inspirasi bagi pengusaha yang mau mengambil risiko untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

9. Jangan menyerah

Tidak peduli betapa sulitnya keadaan, kita harus memiliki sikap pantang menyerah jika kita ingin sukses. Kegagalan adalah bagian dari perjuangan kehidupan, hampir semua pengusaha pernah mengalami kegagalan. Termasuk Bill Gates.

Sebelum memulai Microsoft, Bill Gates dan Paul Allen pernah mendirikan Traf-O-Data, perusahaan yang bertanggung jawab untuk menganalisis lalu lintas data. Sayangnya, projek tersebut gagal total dan meninggalkan banyak hutang.

Bill Gates mendapat pelajaran penting dari kegagalan yang pernah ia rasakan sebagai bekalnya mendirikan Microsoft. Bahkan bersama Microsoft, Gates pernah mengalami kegagalan awal tetapi sikapnya yang tidak pernah goyah dan tidak menyerah pada mimpinya. Akhirnya, waktu yang akan menjawabnya dengan kesuksesan.

10. Fokus pada Pelanggan yang Tidak Senang

Menurut Bill Gates, sebagian besar pengusaha memperlakukan pelanggan mereka yang tidak puas dengan cara yang tidak baik. Mereka pikir apa yang mereka lakukan adalah sesuatu yang benar dan pantas untuk diberikan.

Namun bagi Bill Gates, pelanggan yang tidak puas adalah aset besar karena mereka dapat memberikan pelajaran yang berharga demi memperbaiki kualitas produk kita.

Bill Gates berkata, “Pelanggan Anda yang paling tidak bahagia adalah sumber belajar terbesar Anda“.

Jika Kita ingin sukses dalam bisnis, Kita harus mendengarkan dan menghargai apa yang dikatakan oleh pelanggan Kita yang kecewa. Ambil tindakan dan tingkatkan kualitas produk. Supaya kekecewaan berubah menjadi kepuasan dan kepercayaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here