Pingin Jadi Blogger Sukses? 5 Cara Agar Kita Rajin Menulis Blog

0
Pingin Jadi Blogger Sukses? 5 Cara Agar Kita Rajin Menulis Blog

Akhir-akhir ini menjadi seorang pekerja freelance begitu populer bagi kaum milenial dan generesi z. Alasan mengapa kaum anak muda begitu menyukai bidang pekerjaan satu ini ialah karena tak mau terikat oleh apapun dan punya waktu luang yang banyak. Selain itu, secara penghasilan yang didapatkan pekerja lepas juga tak jauh berbeda bahkan cenderung lebih besar dari penghasilan pekerja kantoran.

Salah satu pekerjaan freelance yang sedang digandrungi anak muda ialah menjadi seorang blogger sukses. Banyak yang menganggap menjadi Blogger itu sama seperti menjadi content writter. Namun pada kenyataannya itu cukup berbeda.

Kalau content writter adalah seorang yang bertugas menciptakan artikel saja, sedangkan Blogger ialah orang yang bertugas membuat artikel sekaligus mengembangkan blognya. Ya, bisa di bilang Blogger pekerjaannya lebih luas cangkupannya.

Kemudian menjadi Blogger yang sukses juga banyak sisi positif-nya. Salah satunya kita bisa menyampaikan kebebasan berpendapat. Syukur-syukur kalau tulisan kita dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Nah untuk jadi blogger sukses, anggaplah konten itu adalah raja. Semakin banyak konten yang berhasil di publish, maka semakin besar pula peluang blog kamu menjadi terkenal. Bila blog sudah terkenal dengan visitor ribuan pengunjung harian, maka bukan tak mungkin blog yang kamu bangun berubah menjadi startup media yang lebih besar.

Namun salah satu yang paling menganggu kita untuk mengembangkan blog ialah bagaimana menghilangkan rasa malas saat menulis blog. Bagi blogger pemula, menulis blog itu adalah pekerjaan yang berat. Tapi bagi blogger senior, menulis blog adalah sesuatu yang menyenangkan karena sudah menjadi kebiasaan.

Nah untuk kamu yang ingin jadi blogger sukses? Sebenarnya ada beberapa cara agar kita rajin menulis blog. Berikut adalah cara agar kita rajin menulis blog.

Baca Juga: 10 Persiapan Sebelum Anda Membangun Blog yang Sukses

1. Jadikan menulis sebagai hobi

Mungkin ini adalah permasalahan yang paling umum yang di alami oleh seorang blogger. Terkadang kebanyakan orang yang ingin jadi blogger, hanya karena tergiur dengan benefit atau pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah blog. Kalau bahasa sehari-harinya, cuma ikut-ikutan saja. Disaat melihat orang bisa menghasilkan uang dari blog, maka membuat kita juga pingin seperti orang tersebut.

Memang tak ada yang salah dalam hal ini. Tapi permasalahannya muncul ketika seorang blogger hanya memikirkan income tanpa memperbaiki kualitas dari blognya sendiri.

Mungkin inilah yang menjadi salah satu penyebab lahirnya istilah ‘klik bait’ dimana pengelola blog membuat judul artikel yang memancing banyak orang untuk membaca blognya, padahal isi artikelnya sampah atau tak sesuai dengan judul yang diberikan.

Jika kamu menyadarinya, tujuan utama admin blog melakukan seperti itu ialah karena untuk mendapatkan keuntungan pribadi saja. Maka jangan heran, semakin banyak blogger yang hanya memikirkan penghasilkan, maka semakin banyak pula berita hoax yang bertebaran.

Oleh sebab itu, jadikanlah menulis blog sebagai hobi semata. Percayalah, terkadang seseorang yang sukses itu karena menekuni pekerjaan yang mereka sukai. Bila lambat laun blog Anda menghasilkan, maka itu bonusnya.

2. Buat manajemen waktu

Poin ini juga termasuk masalah yang paling umum bagi blogger kebanyakan. Kadang kita sulit sekali membagi waktu antara aktivitas keseharian sama aktivitas menulis blog. Tak jarang salah satunya bisa menyebabkan aktivitas yang lain menjadi terganggu. Misalnya pekerjaan dikantor tak selesai, atau rumah yang berantakan, hanya karena kamu sibuk menulis blog seharian.

Ada baiknya kamu memanajemen waktu sebaik mungkin. Kapan harus mengerjakan pekerjaan kantor, kapan waktunya untuk membereskan rumah, dan kapan waktu untuk mengembangkan blog.

Hal ini supaya kamu mendapat semuanya. Pekerjaan kantor selesai, rumah terlihat bersih, hingga blog yang terus berkembang.

Meskipun begitu, dahulukanlah terlebih dahulu pekerjaan yang punya kewajiban utama. Seperti pekerjaan kantor dan kebersihan rumah. Jika keduanya sudah aman, maka kamu bisa melanjutkan hobi menulis blog.

3. Buatlah sebuah target

Target merupakan salah satu hal yang akan membuat Kamu selalu bersemangat untuk menulis blog. Bayangkan kalau misalnya Kamu bekerja tanpa adanya target, mungkin kamu akan kesulitan untuk mencapai sesuatu. Apalagi kalau kamu memang ingin menjadi Blogger yang sukses, maka membiasakan untuk memiliki target akan menjadi salah satu kunci keberhasilan blog kamu nantinya.

Lalu target seperti apa? Simple saja! Misalnya kamu membuat target sebulan kemudian blogmu harus punya trafik minimal seribu visitor perhari. Atau bisa juga kamu punya target minimal harus menulis 1 artikel perhari.

Setelah membuat target, yang harus kamu lakukan selanjutnya ialah melakukan hal yang sesuai dengan target tersebut.

Contohnya kamu membiasakan menulis satu artikel setiap hari, lama-lama artikelnya jadi banyak, lalu visitor blog mu juga pelan-pelan semakin meningkat. Begitulah kira-kira.

Meskipun begitu, ada baiknya untuk kita menetapkan target secara realistis. Dalam artian sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan pernah memaksakan bila dirasa belum mampu, karena apapun yang dipaksakan maka hasilnya tidaklah baik.

4. Menulis di malam hari

Menulis blog itu tak semudah yang dibayangkan. Perlu adanya inspirasi dan motivasi yang kuat pada diri sendiri. Tapi tidak pas pula rasanya jika menganggap menulis blog itu adalah pekerjaan yang sulit. Karena ada beberapa orang yang mengaku bisa mendapatkan kepuasan tersendiri setelah menulis blog. Yaa, salah satunya bisa dijadikan tempat curhat pribadi.

Memang sih, terkadang berat rasanya melawan rasa malas untuk menulis blog. Meskipun begitu, ternyata ada waktu yang tepat untuk kita menyalurkan hobi menulis, yaitu pada malam hari.

Mengapa pada malam hari? Karena pada malam hari, kita kadang bisa berkonsentrasi lebih. Coba bandingkan saat siang hari yang menawarkan banyak sekali gangguan.

Pada malam hari juga untuk sebagian orang terkadang bisa memberikan inspirasi, lebih mudah berkhayal, dan jauh dari hiruk pikuk kebisingan.

5. Berikanlah penghargaan untuk diri sendiri

Jika kamu mengetahuinya, penghargaan itu sangat penting bagi seseorang karena bisa menambah motivasi dalam bekerja. Dengan adanya penghargaan yang diberikan, maka secara tak langsung akan membuat kita melakukan yang terbaik dalam suatu hal.

Bagi Kamu yang mengembangkan blog secara indivual, maka jangan pernah berharap mendapatkan sebuah penghargaan dari oranglain. Karena semua prestasi kamu saat mengembangkan blog, itu hanya untuk dirimu sendiri. Kebanyakan orang lain tidak akan tahu tentang semua hal telah kamu capai dari blog, bahkan mereka cenderung takkan peduli akan hal itu.

Oleh karena itu, untuk menambah semangat kamu dalam menulis blog, tidak ada salahnya kamu sekali-sekali memberikan sebuah penghargaan untuk dirimu sendiri.

Misalnya, kalau blognya sudah punya trafik seribu visitor perhari, kamu mau makan makanan enak atau berlibur ketempat wisata, atau penghargaan-penghargaan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here