10 Cara Agar Puasa Kita jadi Gak Terasa dan Kuat Sampai Maghrib

0
Cara Agar Puasa Kita jadi Gak Terasa dan Kuat Sampai Maghrib
Agar Puasa Kita jadi Gak Terasa dan Kuat Sampai Maghrib (Sumber gambar: Shopback)

Puasa mungkin mudah dilakukan untuk orang yang udah biasa berpuasa. Namun gimana jadinya kalo untuk orang-orang yang belum terbiasa puasa, misalnya untuk anak-anak yang memang mau belajar berpuasa, atau untuk orang yang punya pantangan tapi masih ingin berpuasa, tentunya mereka harus membiasakan diri untuk berpuasa di bulan ramadhan ini, membiasakan untuk kuat menahan lapar dan haus dari mulai subuh hingga datangnya waktu maghrib. Sebenarnya sih bukan mereka saja, orang yang udah biasa puasa pun terkadang masih saja merasa lemas dan mengeluh masih lamanya waktu untuk berbuka puasa. Hal ini menjadi dasar bahwa kita pun termasuk orang-orang yang sulit untuk berpuasa. Nah untuk mengatasi seseorang yang sulit berpuasa, sebenarnya banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan supaya puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib. Berikut adalah 10 tips bagaimana cara agar puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib.

1. Niatkan kita harus kuat.

Sumber gambar: Elevenia Blog

Segala sesuatu pasti diawali dengan niat, berniat puasa harus bertahan sampai akhir. Niat itu beda lho dengan keinginan, niat adalah sesuatu yang harus kita lakukan sedangkan keinginan hanyalah sebuah harapan yang akan kita lakukan (bisa iya dan bisa juga tidak). Tak peduli seberapa besar keinginan kita untuk kuat berpuasa, tapi jika nggak ada niat untuk menahannya, ya sama saja bohong.

Oleh karena itu, niatkan pada diri sendiri supaya hari ini kita harus berpuasa apapun yang terjadi. Insya Allah kalo udah niat, maka puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib.

2. Jangan berlebihan saat makan sahur.

Sumber gambar: Hello Sehat

Mentang-mentang gak bisa makan dan minum saat berpuasa bukan berarti lho kamu jadi gelap mata saat makan sahur, semuanya di makan sampe-sampe susah nafas karena kekenyangan. Persepsi semakin kenyang maka semakin lama menahan lapar adalah sesuatu persepsi yang salah.

Kalo kita makan berlebihan, tubuh kita akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna makanan tersebut, hal inilah yang menyebabkan mengapa kita lebih sering lemes dan mengantuk.

Ada baiknya saat sahur makanlah secukupnya saja. Selain itu perhatikan juga gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh ketika kita lagi berpuasa seperti, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Seimbang dan jangan ada yang berlebihan.

3. Kurangi aktivitas yang berat-berat.

Sumber gambar: Unsplash

Jujur saja, hal ini ni yang sering banget kita keluhkan. Terkadang saat kita puasa, kita malah gak memperhatikan aktivitas apa yang kita lakukan. Padalah itu cukup berdampak lho mengapa seringnya kita merasa gak kuat saat berpuasa, karena banyak melakukan aktivitas yang berat akan cepat menguras energi kita.

Namun dengan begitu bukan berarti juga kita seakan-seakan nggak melakukan aktivitas apapun seharian demi menghemat energi. Tetaplah menjalankan aktivitas seperti biasa namun kurangi porsinya saja.

4. Kalo udah lemes, tidur adalah pilihan terbaik.

Sumber gambar: Unsplash

Ada hadist yang mengatakan “Tidur orang yang berpuasa adalah ibadah”. Namun hadist tersebut adalah hadist yang lemah artinya bukan langsung dari Rasulullah SAW.

Walaupun begitu, kita bisa memanfaatkan tidur dengan niat untuk menghemat energi saat berpuasa, insya Allah puasa kita akan berkah. Namun jika niat tidurnya hanya malas-malasan sehingga tidurnya bisa seharian dari pagi hingga sore, maka tidur seperti ini adalah tidur yang sia-sia.

5.Agar puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib alihkan dengan cara main game kesukaan.

Sumber gambar: Unsplash

Pada ngerasa nggak saat kita main game, waktu seakan berputar lebih cepat? Nah daripada kita nggak ada kerjaan kemudian berpikir yang nggak-nggak saat berpuasa, ya lebih baik main game. Dengan bermain game, kita akan mengalihkan pikiran supaya kita lupa akan haus dan lapar. Dan hasilnya puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib. Tapi sebaiknya batasi waktu bermain game agar puasanya gak sia-sia.

6. Agar puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib alihkan dengan cara nonton film.

Sumber gambar: Femina

Kalo misalnya kamu nggak hobi main game, kamu bisa kok ngalihkan pikiran haus dan lapar dengan cara menonton film favorit. Nggak harus jauh-jauh pergi ke bioskop, kan bisa via streaming youtube atau google.

Film apa yang bagus buat orang yang lagi puasa? Yang jelas bukan film kuliner atau film-film yang ada adegan negatif-nya, karena bisa-bisa pahala puasa kita akan habis hanya karena nonton film tersebut. Mending nonton film komedi atau film motivasi yang menambah wawasan.

7. Daripada melamun gak karuan, lebih baik tolongi ibu nyiapin buka puasa.

Sumber gambar: Unsplash

Selagi nunggu buka puasa, kita bisa tuh bantu ibu buat nyiapin buka puasa. Mulai dari pergi ke pasar, nyiapin santapan diatas meja makan, atau nyuci piring. Jadikan bulan ramadhan ini bulan dimana kita bisa nikmatin waktu-waktu kebersamaan dengan keluarga. Kan jarang-jarang bisa ngumpul bareng-bareng, selama ini semuanya sibuk. Orangtua sibuk bekerja, kamu pun sibuk dengan dunia mu sendiri.

Baca Juga: 50 Kata Kata Ucapan Selamat Berbuka Puasa Ramadhan 2018 – Selamat Buka Puasa

8. Perbanyak interaksi sama temen atau keluarga.

Sumber gambar: Hipwee

Manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup sendiri-sendiri, semandiri apapun seseorang, pasti ada saatnya membutuhkan orang lain. Nah di bulan suci ini adalah waktu yang tepat untuk kita menyambung silahturahmi, sama temen atau sama keluarga.

Beda cerita kalo misalnya kamu lagi ada orang yang disukai, mungkin berinteraksi dengannya setiap saat adalah hal yang wajib kamu lakukan, baik chattingan, video call, atau bertemu secara langsung.

Kalo emang kamu ada pasangan atau lagi PDKT sama seseorang, jadikan bulan ramadhan ini untuk menambah rasa peduli kalian satu sama lain, dan yang terpenting, hal ini bisa juga buat puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib.

9. Ngabuburit ke tempat-tempat yang menyenangkan.

Sumber gambar: wovgo.com

Di bulan ramadhan pastinya kita sangat sering mendengar istilah “ngabuburit”. Tujuan ngabuburit itu adalah menghabiskan waktu untuk menunggu sore. Jujur banyak sekali aktivitas ngabuburit yang bisa kita lakukan, tapi biasanya ngabuburit dilakukan dengan jalan-jalan ke tempat-tempat menarik yang membuat kita lupa bahwa kita sedang berpuasa.

Selagi menunggu waktu berbuka puasa, ajaklah temen atau sodara kita untuk ngabuburit sama-sama. Gak mesti ke tempat-tempat yang jauh, kalo misalnya disekitar rumah kita ada tempat yang bagus, gak ada salahnya kita jadikan tempat tersebut untuk ngabuburit sembari menunggu waktu adzan maghrib berkumandang.

10. Jangan lupa beribadah.

Sumber gambar: beritakok.blogspot.co.id

Dan yang terakhir sekaligus yang paling baik untuk kita lakukan agar puasa kita jadi gak terasa dan kuat sampai maghrib adalah dengan memperbanyak ibadah. Janji Allah SWT di bulan suci ini yaitu melipatgandakan setiap pahala.

Daripada melakukan aktivitas yang gak ada manfaatnya, mending kita berlomba-lomba berbuat kebaikan di bulan yang penuh berkah ini, misalnya shalat, dzikir, ke pengajian, baca Al-qur’an, dan lain sebagainya. Tidak hanya puasa kita yang jadi gak terasa, kita juga akan meraih pahala yang tak terhingga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here