14 Cara Alami Mencerahkan Wajah Tanpa Efek Samping Dan Mudah Diaplikasikan

0
Cara Alami Mencerahkan Wajah

Bagi beberapa orang memiliki kulit wajah yang cerah dan segar menjadi hal yang sangat penting sebab dapat membantu menunjang penampilan, baik untuk wanita atau pria. Namun untuk mendapatkan kulit yang cerah memang membutuhkan usaha sebab aktivitas kita sehari-hari memberikan pengaruh pada kulit wajah yang kusam. Memang ada beberapa cara yang bisa didapat dengan cepat seperti menggunakan pemutih wajah, namun hal tersebut tidak aman dan memilik efek samping.

Cara tepat untuk mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita. Bahan-bahan alami jauh lebih aman sebab tidak memberikan efek samping yang buruk. Bukan hanya itu saja tetapi bahan alami juga sangat mudah didapatkan. Berikut ini beberapa bahan alami untuk mencerahkan wajah yang bisa anda gunakan.

1. Jeruk nipis

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mencerahkan kulit wajah adalah jeruk nipis. Bahan ini sebenarnya sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Kandungan di dalamnya ada vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang bekerja untuk mengatasi sel-sel kulit mati dan mencegah produksi minyak berlebih sehingga membuat wajah menjadi semakin kusam.

Caranya, sediakan satu buah jeruk nipis kemudian belah jadi dia bagian. Perasaan jeruk nipis untuk diambil sari airnya. Bersihkan wajah dengan air dan aplikasikan air jeruk nipis tersebut pada wajah anda secara merata. Pastikan tidak ada luka di wajah agar tidak menyebabkan rasa pedih. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih sampai tidak ada sisa air jeruk nipis di wajah. Cara cukup lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

2. Bengkoang

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bengkoang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah dan menjaganya agar tetap sehat. Sampai saat ini masih banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan dasar. Bengkoang memiliki kandungan vitamin B dan C yang cukup tinggi sehingga akan membuat kulit ter-regenerasi lebih cepat dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya, sediakan satu buah bengkoang yang masih segar. Kupas dan cuci bersih bengkoang, setelah itu anda dapat memarutnya hingga lembut. Peras parutan bengkoang tadi dan diamkan selama beberapa menit agar mengendap. Bersihkan wajah kemudian gunakan endapan air bengkoang tersebut pada wajah secara rata. Diamkan 20 menit lalu bilas menggunakan air yang bersih. Cara ini bisa dilakukan setiap malam ketika anda tidur.

3. Kulit jeruk

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan adalah kulit jeruk. Tahukah anda bahwa kulit jeruk memiliki vitamin C yang jauh lebih besar daripada buahnya sehingga sangat efesien untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

Caranya, jemur kulit jeruk sampai benar-benar kering. Kemudian tumbuk kulit jeruk sampai lembut dan campurkan dengan menggunakan air. Aduk sampai jadi pasta, setelah itu bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Aplikasikan pasta kulit jeruk tersebut pada wajah secara merata. Diamkan sekitar 30 menit atau sampai kulit jeruk mengering di wajah. Bilas dengan air bersih, lakukan cara ini 2 kali dalam satu minggu.

4. Pisang

Bukan hanya jeruk yang memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit tetapi anda juga bisa menggunakan buah pisang yang sangat mudah ditemukan. Pisang memiliki kandungan vitamin C yang akan membantu menghilangkan noda membandel di wajah. Bukan hanya itu tetapi pisang juga memiliki kandungan antioksidan yang akan mengatasi kerusakan pada kulit wajah.

Caranya, sediakan satu buah pisang kemudian lembutkan. Campur dengan satu sendok makan madu asli. Campur rata dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Diamkan selama 20 menit atau sampai pasta pisang mengering, setelah itu bilas dengan air bersih. Anda dapat melakukan cara ini 3-4 kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.

5. Cuka apel

Mungkin beberapa dari anda merasa kurang nyaman jika harus menggunakan cuka apel sebagai bahan alami untuk mencerahkan wajah. Siapa sangka bahwa cuka apel memiliki kadar asam yang tinggi dan bekerja untuk meregenerasi kulit dan mengikis kotoran juga sel kulit mati. Cuka apel juga bisa dijadikan toner alami yang akan mengurangi minyak berlebih dan mengurangi peradangan.

Untuk menggunakannya anda harus menyediakan satu sendok makan cuka apel. Campurkan dengan satu gelas air dan aduk. Celupkan kapas pada air tersebut kemudian oleskan pada wajah secara merata,  namun pastikan wajah anda sudah dibersihkan terlebih dahulu. Cara alami ini dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu agar wajah semakin cerah.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan linoleatacid yang akan bekerja sebagai kadar air di dalam kulit wajah.  Hal ini akan membuat wajah tampak lebih kencang dan terhindar dari masalah penuaan. Namun bukan hanya itu, tetapi minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan yang akan melindungi sel-sel dari kerusakan.

Caranya, campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok teh madu. Aduk sampai rata dan gunakan pada wajah anda yang sudah dibersihkan. Berikan pijatan sekitar 2-3 menit kemudian diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Cara ini dapat digunakan setiap malam sebelum tidur agar esok wajah jauh tampak lebih segar dan bersih.

7. Tomat

Selanjutnya anda dapat menggunakan tomat sebagai bahan alami mencerahkan wajah. Di dalamnya ada kandungan Lycopene yang akan menangkal radikal bebas juga mengangkat kotoran sehingga membuat kulit semakin lebih cerah. Tomat juga memiliki tabir surya yang alami sehingga kulit akan tetap terjaga sekalipun beraktivitas di bawah terik matahari.

Sediakan satu buah tomat ukuran sedang dan masih segar. Tumbuk tomat sampai seperti bubur, kemudian bersihkan wajah anda. Terapkan bubur tomat tersebut merata pada wajah. Diamkan selama 30 menit agar kandungan tomat bekerja dengan baik. Bilas menggunakan air bersih dan gunakan cara ini 2-3 kali dalam satu minggu.

8. Kentang

Bahan masakan kentang juga dapat digunakan sebagai bahan alami mencerahkan wajah. Kentang memiliki zat antioksidan yang akan meregenerasi kulit dan membantu sel kulit yang mati untuk terangkat. Kandungan mineral bekerja sebagai antibiotik yang akan mencegah tanda-tanda penuaan.

Rebus satu buah kentang yang sudah dicuci. Jika sudah matang, kupas dan tumbuk kentang tersebut. Campur dengan 2 sendok makan susu dan aduk sampai berbentuk pasta.  Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu selama 30 menit lalu bersih menggunakan air. Gunakan setiap hari ketika anda akan tidur di malam hari.

9. Timun

Sudah banyak yang tahu bahwa timun selain enak digunakan sebagai lalapan ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk mencerahkan kulit wajah. Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan mineral dan vitamin tinggi sehingga akan membuat wajah tampak lebih segar. Timun juga akan menghambat pigmentasi yang terjadi pada kulit wajah.

Sediakan satu buah timun yang sudah dicuci bersih. Kemudian potong tipis-tipis dan tempelkan pada wajah. Basuh dengan air bersih setelah didiamkan 30 menit. Cara ini cukup aman untuk dilakukan setiap hari agar wajah tampak selalu segar.

10. Lobak putih

Mungkin banyak yang kurang tahu bahwa lobak putih juga dapat digunakan mencerahkan wajah secara alami dan aman. Lobak putih memiliki kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks untuk menjadi antioksidan sehingga regenerasi kulit lebih mudah. Selain itu ada juga kandungan fosfor dan zinc untuk kesehatan kulit wajah anda.

Sediakan satu lobak putih dan haluskan setelah itu dicuci dan dikupas. Jika sudah, campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk sampai jadi satu kemudian gunakan sebagai masker pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 30 menit dan bilas dengan air bersih. Gunakan 2-3 kali dalam satu minggu untuk hasil maksimal.

11. Putih telur

Sudah banyak yang menggunakan putih telur untuk mencerahkan wajah dan selalu berhasil. Putih telur memiliki kandungan protein dan mikronutrien yang membuat semua sel kulit mati terangkat dan meregenerasi kulit.

Sediakan satu butir telur dan ambil bagian putihnya saja. Tambahkan satu sendok makan perasan air jeruk nipis atau lemon. Kocok sampai agak encer lalu gunakan pada wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air hangat agar wajah lebih relax. Cara ini aman digunakan 3-4 kali dalam satu minggu.

12. Susu

Kolagen sangat dibutuhkan wajah agar tetap kenyal dan tidak berkerut. Susu akan membantu hal tersebut tetap terjaga sebab kandungan vitamin D yang menghasilkan kolagen cukup tinggi. Bukan hanya itu, ada juga kandungan B6 yang akan merawat dan menjaga kesehatan kulit sehingga sel kulit mati mudah terangkat.

Campurkan 2 sendok makan susu segar dengan 1 sendok makan madu asli. Aduk supaya rata dan gunakan pada wajah yang sudah dibilas terlebih dahulu secara merata. Diamkan selama 30 menit agar kandungan susu dan madu bekerja lebih maksimal. Bilas dengan air hangat dan lakukan cara ini 2-3 kali dalam satu minggu agar wajah lebih cerah.

13. Yogurt

Tidak jauh berbeda dari susu, yogurt juga bisa bekerja untuk mencerahkan wajah dengan alami. Kandungannya juga cukup banyak, ada kalsium yang akan membutuhkan kulit tampak lebih kencang. Sedangkan zinc akan mengatasi beberapa masalah pada kulit.  Dan vitamin B kompleksnya akan mengatasi kekusaman wajah.

Sediakan yogurt tanpa rasa secukupnya. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Berikan pijatan sekitar 2-3 menit agar terasa nyaman. Diamkan lagi selama 30 menit kemudian anda bisa membilasnya dengan air bersih. Cara ini aman digunakan 2-3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil wajah yang cerah maksimal.

14. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak sehingga efektif digunakan untuk mencerahkan wajah. Teh hijau akan menangkal radikal bebas dan sel kulit yang mati juga terangkat dengan mudah.

Sediakan satu sendok makan teh hijau dan rendam dalam air panas selama 15 menit. Tunggu sampai benar-benar dingin kemudian saring untuk diambil ampasnya. Oleskan pada wajah ampas teh hijau tersebut dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air yang bersih dan anda bisa melakukan cara ini 2-3 kali dalam satu minggu untuk hasil maksimal.

Mencerahkan wajah memang bukan perkara mudah, anda tetap membutuhkan waktu sekalipun menggunakan bahan alami yang aman. Gunakan satu bahan alami di atas secara rutin sampai ada perubahan pada kulit wajah anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here