13 Cara Alami Menghilangkan Komedo Secara Ampuh Dan Permanen

0
Cara Menghilangkan Komedo

Ada banyak sekali masalah yang bisa datang menyerang wajah, seperti jerawat, flek hitam, wajah kusam, dan masih banyak yang lainnya. Komedo adalah salah satu masalah yang sering sekali muncul dan susah untuk dihilangkan. Banyak orang yang lelah dengan komedo mereka sehingga membiarkannya begitu saja. Padahal keberadaan komedo kerap membuat tidak nyaman dan akhirnya mengundang rasa tidak percaya diri.

Komedo sendiri merupakan sebuah papula kecil yang berada di permukaan kulit. Sebenarnya komedo masuk dalam jenis jerawat namun ringan. Tidak hanya berada di wajah, tetapi komedo juga dapat menyerang punggung, leher, dada, dan bagian tubuh yang lainnya. Mengatasi komedo dapat dengan cara yang alami dengan menggunakan bahan yang aman seperti berikut.

1. Air hangat

Cara pertama memang sangat alami dan mudah yaitu menggunakan air hangat. Air hangat ternyata dapat bekerja untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang menumpuk di kulit. Selain itu air hangat juga mampu menenangkan kulit anda agar lebih relax.

Caranya, masak air kemudian masukkan ke dalam sebuah wadah. Letakkan wajah anda di atas wadah tersebut dan biarkan uap panas membuka pori-pori anda. Diamkan selama 3 menit dan anda dapat mengulanginya lagi. Cara ini terbilang sangat aman dan anda bisa mencobanya setiap hari agar komedo tidak datang kembali dan wajah menjadi lebih sehat.

2. Madu

Sudah bukan rahasia umum bahwa madu dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah pada wajah. Madu asli memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi sehingga banyak masalah pada wajah yang diatasi dengan mudah. Bukan hanya komedo saja yang mampu dihilangkan, tetapi jerawat, flek hitam, wajah kusam, dan lain sebagainya juga bisa dihilangkan dengan menggunakan madu alami.

Untuk menggunakannya, sediakan madu asli 1 sendok makan dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Diamkan selama 30 menit atau tunggu sampai madu mengering pada kulit wajah. Bilas dengan menggunakan air bersih dan cara ini aman dilakukan setiap malam sebelum tidur.

3. Pasta gigi

Selanjutnya ada pasta gigi yang tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi anda tetapi juga dapat digunakan menghilangkan komedo membandel di wajah. Pasta gigi memiliki kandungan fluoride dan juga mineral yang dapat digunakan untuk menghaluskan wajah dan mengangkat kotoran di dalam pori-pori. Namun untuk hasil yang lebih aman dan maksimal, ada baiknya menggunakan pasta gigi yang terbuat dari bahan herbal.

Cara menerapkannya, anda bisa mengambil pasta gigi herbal secukupnya. Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan pasta gigi tersebut secara merata atau dibagian yang ada komedonya saja. Diamkan selama 15 menit atau sampai pasta gigi mengering di wajah anda, setelah itu bilas dengan air bersih. Cara ini gunakan 2-3 kali dalam satu minggu saja agar komedo hilang dengan cepat.

4. Putih telur

Putih telur juga termasuk cara yang alami dan tepat untuk menyingkirkan komedo di wajah. Putih telur memang dapat mengecilkan pori-pori agar tidak ada kotoran yang mudah masuk. Selain itu ada juga kandungan protein dan sumber mikronutrien yang akan bekerja untuk menghilangkan sel kulit mati.

Cara menggunakannya, ambil bagian putih telur saja dari satu butir telur. Kemudian tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis agar tidak terlalu amis baunya, kocok dan diamkan dalam lemari es selama 30 menit. Sembari menunggu anda bisa membersihkan wajah dan gunakan putih telur sebagai masker di wajah secara merata. Diamkan sampai putih telur terasa mengering pada wajah dan bilas dengan air bersih. Gunakan cara ini 3 kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

5. Baking soda

Baking soda memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk kesehatan kulit wajah. Baking soda akan membantu menjaga kadar pH kulit anda tetap seimbang. Kandungannya juga akan mengatur produksi minyak agar tidak terlalu berlebihan dan mengelupaskan sel kulit mati yang sudah menumpuk pada wajah dan bisa jadi komedo.

Cara menggunakannya anda membutuhkan satu sendok makan baking soda. Tambahkan sedikit air sampai jadi pasta, kemudian terapkan pada wajah seperti menggunakan masker secara merata. Pastikan wajah anda sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan sampai baking soda mengering atau sekitar 15 menit dan bilas dengan air bersih. Cara ini cukup dilakukan 1-2 kali dalam satu minggu agar komedo hilang dengan permanen.

6. Lidah buaya

Lidah buaya selain dapat digunakan untuk memberikan nutrisi pada rambut ternyata juga dapat dijadikan bahan alami menghilangkan komedo. Kandungan aloe vera pada lidah buaya akan bekerja untuk menghilangkan komedo sampai ke akarnya, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori, dan juga membantu wajah anda tampak lebih segar. Selan itu, lidah buaya juga sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita.

Untuk menggunakannya anda bisa menyediakan satu batang lidah buaya dengan ukuran sedang. Kupas kulitnya dan bersihkan menggunakan air mengalir untuk diambil gelnya. Oleskan gel tersebut pada wajah yang memiliki area komedo setelah wajah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit agar kandungan lidah buaya bekerja. Bilas dengan air bersih dan lakukan cara in 2-3 kali dalam satu minggu.

7. Kopi dan gula

Scrub kopi dan gula dapat dijadikan paduan yang tepat untuk mengatasi komedo membandel di wajah. Selain enak untuk diminum ternyata kopi dan gula juga akan mengangkat sel kulit mati agar tidak menumpuk menjadi komedo. Selain itu, menggunakan scrub kopi dan gula akan membantu memutihkan wajah dan membuatnya menjadi lebih halus.

Untuk menggunakannya, anda harus menyediakan 2 sendok makan kopi dan buat menjadi pasta dengan menambahkan air. Setelah itu tambahkan satu sendok makan gula dan aduk rata. Bersihkan wajah terlebih dahulu dan aplikasikan scrub tersebut secara merata. Berikan pijatan perlahan pada area yang memiliki banyak komedo. Diamkan selama 15 menit dan bilas wajah anda menggunakan air bersih. Gunakan cara ini 2 kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih cepat.

8. Kedelai

Kedelai merupakan sejenis kacang dan dikenal sebagai sumber yang kaya akan protein. Tidak hanya protein tetapi kedelai juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, vitamin E,vitamin A, zat besi, kalsium, magnesium, dan juga fosfor. Semua kandungan tersebut akan bekerja sebagai antioksidan yang akan mencegah penuaan dini dan mengatas komedo ataupun wajah berminyak.

Untuk menggunakannya rendam kedelai secukupnya di dalam air selama satu hari. Kemudian bersihkan kacang kedelai dengan menggunakan air mengalir. Lembutkan dengan blender sampai halus tanpa menggunakan air. Bersihkan wajah dan aplikasikan kacang kedelai yang sudah diblender pada wajah secara merata. Diamkan 30 menit atau sampai kacang kedelai mengering rata. Bilas dengan menggunakan air bersih dan anda bisa melakukancara ini 2-3 kali dalam satu minggu.

9. Garam

Garam adalah bahan alami yang kerap ditemukan didapur dan digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Namun garam juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dan merawat wajah. Hal ini dikarenakan senyawa ionic  yang akan membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.

Caranya, sediakan air dan panaskan. Kemudian letakkan pada wadah dan berikan garam secukupnya. Aduk rata dan anda bisa meletakkan wajah anda di atas uap air garam tersebut. Diamkan selama 2-3 menit, kemudian anda bisa mengulanginya lagi beberapa kali. Cara yang sangat aman in dapat anda gunakan setiap hari ketika akan tidur agar komedo semakin cepat hilangnya.

10. Tomat

Selain garam, tomat juga bahan alami yang sering ditemukan di dapur. Buah ini sering dijadikan bahan masakan ataupun menu jus karena rasanya memang cukup lezat. Tomat memiliki kandungan antoksidan yang disebut dengan lycopine, kandungan tersebut akan menangkal radikal bebas di wajah agar sel kulit mati tidak menumpuk dan memunculkan komedo.

Caranya, sediakan tomat secukupnya dan tumbuk sampai menjadi bubur. Tambahkan satu sendok teh madu asli dan aduk rata. Bersihkan wajah anda kemudian aplikasikan pasta tomat tersebut pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit atau sampai pasta tomat mengering. Bilas dengan menggunakan air bersih dan cara ini dapat dilakukan 3-4 kali dalam satu minggu.

11. Lemon

Selanjutnya ada lemon yang sudah cukup terkenal sebagai bahan alami untuk perawatan wajah. Tidak jarang beberapa produk kecantikan juga menggunakannya sebagai bahan dasar. Lemon memang memilik kandungan vitamin C yang tinggi dan juga kandungan asam alpha hidroks yang akan menangkal radikan bebas di dalam kulit. Lemon juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang ada di dalam kulit wajah sehingga menyebabkan beberapa masalah timbul.

Caranya, sediakan satu buah lemon kemudian belah dua dan peras untuk diambil airnya. Bersihkan wajah anda dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit atau sampai lemon kering dan bilas dengan air bersih. Hindari mengaplikasikan lemon pada wajah yang luka sebab dapat memberikan rasa perih. Cara ini cukup lakukan 2-3 kali dalam satu minggu.

12. Pepaya

Buah pepaya adalah salah satu buah yang memiliki khasiat cukup tinggi untuk mengatasi beberapa masalah pada wajah. Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat meregenerasi kulit. Bukan hanya itu, tetapi ada juga kandungan vitamin A, C, dan E yang akan menjadi antioksidan untuk melembabkan kulit dan mencegah komedo datang.

Caranya, anda dapat menyediakan beberapa potong pepaya yang sudah dikupas dan dicuci. Lembutkan pepaya tersebut dan campurkan dengan 1 sendok makan madu asli. Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian gunakan seperti menggunakan masker. Diamkan selama15 menit dan bilas menggunakan air bersih. Cukup lakukan cara ini 2-3 kali dalam satu minggu agar hasil maksimal.

13. Kulit jeruk

Bukan hanya buah jeruk yang memiliki manfaat baik tetapi kulit jeruk juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo. Di dalamnya kandungan vitamin C nya jauh lebih tinggi dibandingkan buahnya dan ada kandungan asam alpha hidroksi yang akan membuat kulit terbebas dari bakteri, menjadi lebih cerah, bersih, dan bebas masalah pada wajah.

Caranya, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari. Tumbuk sampai jadi bubuk dan tambahkan air sampai jadi pasta. Bersihkan wajah dan oleskan secara merata. Diamkan selama 15 menit atau sampai pasta kulit jeruk mengering kemudian bilas dengan air bersih. Cukup lakukan cara ini 1-2 kali dalam satu minggu.

Beberapa cara alami menghilangkan komedo tersebut dapat anda pilih salah satunya. Gunakan secara rutin agar komedo lebih cepat hilang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here