10 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Kerja

0
10 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Kerja
cara fokus dan konsentrasi kerja

Mengerjakan sesuatu yang kompleks, seperti tugas kuliah atau proyek kantor, butuh fokus dan konsentrasi yang tinggi. Karena untuk melakukan aktivitas-aktivitas tersebut harus di iringi totalitas supaya hasilnya sama seperti yang kita semua inginkan. Namun seringkali aktivitas wajib itu menjadi terbengkalai karena alasan Anda tidak bisa fokus atas apa yang sedang dikerjakan.

Pernah tidak kamu mengalami ketika sedang mengerjakan sesuatu dengan konsentrasi yang tinggi, namun fokus itu menjadi buyar seketika karena di ganggu oleh hal-hal yang tidak penting. Misalnya dari orang-orang sekitar atau orang-orang luar yang cukup berisik. Belum lagi godaan untuk membuka gadget dan melakukan aktifitas seperti, telepon, sms, chatting, bermain game, atau membuka media sosial.

Enak kalo aktivitas membuka smartphone itu di gunakan untuk menambah pengetahuan atau menambah informasi. Ini malah bermain game bahkan membuka sosmed hanya untuk kepoin si “dia”. Jadi gak heran lagi kenapa fokus dan konsentrasi kamu sering hilang.

Tapi kan bermain game itu bisa ngilangin bosen kita saat bekerja! Memang sih, saat kita merasa lelah karena beban pikiran, bermain game atau sekedar membuka media sosial adalah hal yang bisa membuat pikiran kita sedikit lebih fresh, tapi kalo dilakukan keseringan juga dirasa tidaklah baik.

Selain alasan diatas, fokus kerja nyatanya juga bisa goyah ketika kita sedang mendapatkan cobaan atau masalah kehidupan. Tak peduli seberapa besar keinginan kamu untuk bisa fokus, tapi kalo pikiran kamu kemana-mana ditambah perasaan kamu sedang bersedih, itu sudah lebih dari cukup untuk menganggu fokus kamu sendiri loh.

Nah bagi kamu yang sering merasa tidak fokus dan konsentrasi saat bekerja, berikut ini adalah 10 cara meningkatkan fokus dan konsentrasi kerja meskipun kamu banyak masalah.

1. Ketahui Hal Apa yang Membuat Anda Tidak Fokus dan Konsentrasi

Sebelum mengobati, tentu kamu harus mengetahui dulu sumber penyakitnya dari mana.

Artinya kamu harus tahu dulu apa yang menyebabkan kamu sering tidak fokus dan konsentrasi? Apa karena kamu merasa tidak nyaman dengan yang dikerjakan, karena pekerjaan itu bukanlah hobi dan keinginan Anda? Atau Anda memang tipe orang yang tidak bisa untuk tidak membuka media sosial?

Jika memang demikian, cobalah untuk mencintai apa yang sedang Anda kerjakan. Karena semudah apapun pekerjaannya, kalau Anda sendiri tidak tertarik untuk mengerjakannya, ya sama saja akan terasa sulit.

Tapi bagaimana kalau masalahnya karena kecanduan media sosial? Nah ini yang cukup sulit untuk diatasi. Karena hal ini berkaitan dengan kebiasaan kita sehari-hari.

Dilasir dari health.detik.com. sebuah penelitian dari Royal Society for Public Health (RCPH) yang melibatkan 1.479 responden berusia 14-24 tahun. Kecanduan akan media sosial cukup berdampak bagi mental seseorang, khususnya dampak pada tidur, citra tubuh, dan ketakutan tidak mengikuti perkembangan zaman.

Nah jika kamu termasuk orang yang sering kehilangan fokus karena kecanduan membuka media sosial, ada baiknya untuk mengurangi membuka media sosial.

Kamu bisa membuat list waktu kapan kamu harus membuka media sosial dan kapan kamu pantangan untuk membuka media sosial.

Atau kamu juga bisa menginstal sedikit saja aplikasi yang tentuya bisa menunjang produktivitas pekerjaan. Jangan aktifkan notifikasi jika memang ingin pekerjaan Anda cepat selesai.

Baca Juga: 10 Cara Kurangi Ketergantungan Pada Sosial Media

2. Tinggalkan Kegiatan Multitasking yang Melemahkan

Ada salah satu quote menarik dari Jack Ma Pendiri Alibaba yang berbunyi “Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan Anda ingin menangkap satu. Fokuslah pada satu saja”.

Makna dari kata-kata tersebut adalah ketika Anda sudah memutuskan untuk mengerjakan sesuatu, fokuslah pada satu kerjaan itu saja. Sebab, tatkala Anda mencoba untuk melakukan semuanya dalam satu waktu, maka pada akhirnya mungkin tidak ada satupun pekerjaan yang diselesaikan.

Maka dari itu, fokuslah pada satu pekerjaan terlebih dahulu, sebelum Anda mencoba pekerjaan yang lebih menantang lainnya.

3. Tinggalkan Sejenak Sesuatu yang Membebankan

Semua orang pasti mempunyai beban yang harus ia tanggung. Namun terkadang diantara kita seolah mencampur-adukan semua beban menjadi satu beban yang sangat memberatkan.

Misalnya Kamu mempunyai beban di kantor, namun kamu juga punya beban di rumah. Salahnya kita adalah membawa beban di rumah pada lingkungan kantor, ataupun membawa beban di kantor pada lingkungan rumah.

Alhasil, Kamu akan melihat semua hal menjadi salah di mata mu, dan ini akan menyebabkan kamu mudah menjadi stress.

Oleh karena itu, untuk bisa meningkatkan fokus, ada baiknya kamu melupakan sejenak beban yang tak ada hubungannya dengan yang kamu lakukan saat ini.

4. Kerjakan Tugas yang Paling Mudah Terlebih Dahulu

Kesalahan selanjutnya yang sering kita lakukan adalah “mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu ketimbang tugas yang mudah”. Mengapa?

Karena mungkin Kamu akan mudah merasa frustasi ketika mengerjakan sesuatu yang sulit di awal, hal ini diperparah ketika melihat tugas Kamu yang sangat banyak. Bisa-bisa kamu akan merasa malas untuk mengerjakannya.

Hal ini akan berbeda jika Kamu mengerjakan sesuatu yang mudah terlebih dahulu. Maka Kamu akan merasa lebih enjoy untuk mengerjakan tugas yang lebih berat selanjutnya.

5. Tenangkan Pikiran Anda Sejenak

Ketidakfokusan muncul dikarenakan ada hal yang menganggu pikiran Anda, baik karena masalah internal ataupun eksternal.

Masalah-masalah itu seringkali membuat hati Anda menjadi tidak tenang. Nah hal yang mesti Anda lakukan adalah menenangkan hati dan pikiran Anda sejenak.

Bagaimana caranya? Cukup dengan istirahat sejenak atau melakukan sesuatu yang Anda sukai supaya perasaan cemas dan khawatir tersebut bisa memudar.

Baca Juga: 50+ Kata Kata Belajar dari Kesalahan Diri Sendiri

6. Buat List Kegiatan

Sebelum Anda beranjak ke tempat tidur, buatlah agenda Anda untuk hari esok. Anda mau melakukan apa untuk besok? Dan mau kemana saja? Buatlah list agenda nya sedetail mungkin berikut dengan waktu yang sudah Anda tentukan.

Pentingkah? Ya penting, karena hal ini akan membuat pekerjaan Anda lebih teratur dan terjadwal. Dan lagi, dengan membuat list kegiatan, biasanya akan memotivasi kita untuk bisa menyelesaikan pekerjaan itu dengan cepat, atau dengan kata lain tidak membuang-buang waktu. Alhasil, Anda akan semakin fokus.

7. Jangan Lupa Sarapan

Menurut sebuah penelitian, sarapan setiap hari dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus seseorang agar tetap terjaga. Selain itu sarapan juga dapat bermanfaat positif diantaranya, memberikan energi harian, memberikan mood, menjaga berat badan, dan menjaga metabolisme tubuh.

Berikut ini beberapa tips sarapan pagi sehat untuk Anda yang ingin meningkatkan fokus dan konsentrasi.

  1. Makanan kaya protein, seperti telur.
  2. Makanan kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan.
  3. Makanan yang rendah lemak
  4. Hindari makan terlalu banyak.

8. Gunakan Earphone

Jika Anda tidak bisa fokus karena orang disekitar terlalu bising, maka Anda bisa memanfaatkan earphone.

Tidak perlu menyalakan sebuah musik, karena ketika orang lain melihat Anda menggunakan earphone, maka ia akan mengerti bahwa Anda sedang tidak mau diganggu.

9. Minum Air Putih

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition, seseorang yang dehidrasi akan lebih mudah tersinggung, sulit fokus, dan sakit kepala dibanding yang cukup minum air putih.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, ada baiknya Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh dengan memperbanyak minum air putih.

10. Ingatlah Bahwa Anda mempunyai Tujuan Hidup

Terakhir, untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda adalah dengan cara selalu mengingat bahwa Anda mempunyai tujuan yang harus Anda wujudkan. Buatlah list tentang tujuan Anda bekerja keras untuk apa dan untuk siapa? Fokuslah pada tujuan Anda.

Pikirkan masa depan, jangan pikirkan bagaimana masa lalu Anda. Kemudian syukuri apa yang telah didapat, dan jangan cemaskan apa yag tak bisa Anda dapat.

Dengan bersyukur dan menerima kehidupan diri kita sendiri, maka percayalah, apapun yang Anda lakukan, Anda akan selalu fokus dan berkonsentrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here