6 Cara Hidup Bahagia Dan Terhindar Dari Stress

0
cara hidup bahagia

Semua orang pasti menginginkan hidup yang bahagia tanpa memiliki beban berat, sekalipun masalah selalu saja datang. Masalah yang datang tidak harus membuat anda kehilangan kebahagiaan dan hidup dalam kesuraman, masalah harus diselesaikan dan akan memberikan kita banyak pelajaran.

Stress biasanya menjadi penyebab utama mengapa orang tidak mampu merasa bahagia, dan sebenarnya sudah banyak orang yang terserang stress hanya saja mereka belum tahu dan bagaimana mengatasinya. Ada banyak upaya bagaimana untuk menghindari stress yang akhirnya membuat anda merasa kurang bahagia menjalani kehidupan. Berikut ini beberapa cara hidup bahagia tanpa stress yang bisa dilakukan.

1. Cegah khawatir berlebihan

Salah satu faktor mengapa seseorang mudah sekali terserang stress adalah rasa khawatir berlebihan yang selalu ada di dalam pikirannya. Rasa khawatir ini datang tanpa diundang dan tanpa dipikirkan bagaimana datangnya, namun jika anda tidak mencegahnya maka dapat berakibat yang kurang baik untuk kehidupan anda.

Biasanya khawatir ini datang karena pemikiran yang buruk, takut akan sesuatu hal yang belum tentu terjadi sehingga akan memunculkan rasa was-was dan menimbulkan energi emosional. Kebanyakan orang yang kerap merasa khawatir dan tidak bisa berfikir positif ini akan memberikan gangguan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, pastikan untuk melatih otak tetap tenang dan berfikiran positif agar tidak mudah terserang stress.

2. Hindari iri hati

Selain khawatir ternyata kerap iri hati terhadap orang lain juga membuat hidup anda merasa kurang bahagia. Iri melihat seseorang yang lebih unggul dari pada diri sendiri akan membuat anda kurang bersyukur dan merasa hidup anda serba kekurangan, padahal hal tersebut belum tentu benar. Iri hati akan membawa anda pada keserakahan dan tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah dimiliki.

Untuk itu, mulailah mensyukuri apa yang sudah dimiliki dan pastikan bahwa rejeki orang lain berbeda-beda. Menikmati apa yang sudah anda miliki saat ini juga akan membantu anda lebih semangat untuk menjalani hari-hari anda.

3. Mulai berfikir ke masa depan

Cara hidup bahagia tanpa stress selanjutnya adalah selalu memandang ke masa depan dan tidak memandang masa lalu. Misalnya saja jika di masa lalu anda banyak hal-hal negative yang terjadi, pastikan untuk tidak terlalu larut mengingatnya dan mulai fokus terhadap apa yang ada sekarang juga bagaimana cara mensyukurinya.

Jika terlalu lama larut dalam penyesalan dan membuat anda tidak bergerak maju, maka yang ada pikiran anda akan semakin kacau dan merasa lebih stress lagi. Anggap saja masa lalu adalah sejarah yang memberikan anda pelajaran besar untuk kehidupan yang jauh lebih baik lagi.

4. Tertawa lebih sering

Tertawa lebih sering bukan berarti anda harus tertawa sendirian dan tanpa sebab, anda dapat berbagai hal-hal yang menyenangkan dengan keluarga, teman, dan juga orang terdekat sehingga dapat membuat anda lebih sering tertawa. Tertawa dapat dikatakan sebagai obat dari segala macam rasa tidak puas juga khawatir yang ada di pikiran anda.

Ketika anda memikirkan hal-hal yang lucu dan tertawa maka tubuh akan memproduksi hormone endorphin atau disebut juga hormone kebahagiaan sehingga stress dan segala macam pikiran negative bisa hilang dengan mudah. Bukan hanya itu, ketika anda tertawa dan merasa bahagia ternyata sistem kekebalan tubuh akan bekerja 87% lebih baik lagi.

5. Perbaiki pola hidup

Pola hidup juga menjadi hal yang penting untuk membantu anda tetap bahagia dan terhindar dari segala macam stress. Misalnya saja untuk anda yang hobi tidur malam atau begadang, ada baiknya hentikan sebab ketika anda kekurang tidur maka otak juga tubuh anda akan merasa lelah untuk melakukan aktifitas selanjutnya, hasilnya anda jadi akan lebih sering emosi dan stress.

Bukan hanya tidur, pola makan yang sehat juga sangat penting agar hidup tetap bahagia dan sehat. Tidak ada penyakit yang menyerang dan tubuh selalu dalam keadaan fit akan membuat anda semangat menjalani aktifitas sehari-hari.

6. Luangkan waktu untuk liburan

Berada dalam kegiatan yang penuh dengan tekanan, entah dari pekerjaan atau tugas dari kampus tentu akan membuat hidup anda menjadi kurang tenang dan bisa terjangkit stress dengan mudah.

Untuk itu anda juga harus meluangkan waktu untuk berlibur dengan orang terdekat atau sendirian. Liburan akan membuat anda lupa dengan segala macam tekanan dan membuat tubuh anda lebih santai. Berlibur untuk menenangkan diri tidak perlu yang jauh, cukup tempat yang memang cocok untuk bersantai dan sesuai dengan keinginan anda. Habiskan waktu untuk menyenangkan diri anda sendiri.

Beberapa cara hidup bahagia di atas bisa anda coba ketika anda merasa benar-benar stress dan tidak tahu harus memulai dari mana untuk move on menuju hidup yang bahagia. Pastikan untuk tidak memikirkan atau melakukan hal-hal yang berbau negative agar tetap hidup bahagia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here