15 Cara Hidup Bahagia yang Sederhana Namun Sering dibuat Ribet

0
Cara Hidup Bahagia yang Sederhana Namun Sering dibuat Ribet
cara hidup bahagia

Setiap orang tentu berharap kebahagiaan dalam hidupnya. Tapi salah satu sifat manusia yang tak pernah bisa merasa puas terkadang selalu menginginkan lebih. Padahal apa yang telah mereka dapatkan sudah termasuk yang istimewa tapi masih saja merasa kekurangan. Pernahkah kamu diam sejenak sembari memikirkan kebahagiaan apa yang telah kita dapatkan selama ini, tempat tinggal yang layak, makanan yang cukup, dan kebutuhan yang selalu terpenuhi. Itu semua sudah termasuk cara hidup bahagia. Namun sayangnya tidak semua orang menyadari hal ini apalagi bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

Hidup tak selalu merasa senang dan bahagia, akan ada kalanya kita jatuh dalam kesedihan yang mendalam. Namun hal itu bukanlah alasan bagi kita untuk khawatir tentang kehidupan ini. Karena apapun kondisi dan keadaan kita saat ini, hidup ini masih akan terus berjalan apapun yang terjadi.

Bicara tentang bagaimana cara hidup bahagia. Sebenarnya sangat mudah membuat hidup ini terasa bahagia. Asalkan kita bisa ikhlas dan selalu bersyukur atas apapun itu, hasilnya kita akan merasa tenang dan bahagia. Walaupun kita menjalani hidup yang sederhana, tapi kalau kitanya nyaman atas keadaan tersebut, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bahagia.

Untuk lebih lengkapnya bagaimana caranya hidup bahagia, Berikut ini adalah tips dan cara hidup bahagia yang sederhana dan mudan akan tetapi seringkali dibuat ribet oleh kita.

1. Apa sih arti kebahagiaan itu menurut kamu?

Kita semua mendefinisikan kebahagiaan dengan cara yang berbeda. Ada yang merasa bahagia walau sendiri dan ada pula merasa bahagia jika banyak orang yang ada disisi. Nah sebelum kita memulai cara hidup bahagia, ada baiknya kita lebih dulu mencari tau apa yang sebenarnya bisa membuat kita bahagia. Karena terkadang banyak sekali kesalahan dalam hal ini dimana seseorang mengaku menyukai sesuatu padahal ia tidak tau apa-apa tentang hal tersebut. Jadi mulailah mencari kebahagiaan menurut versimu sendiri agar kamu tahu apa arti kebahagiaan, apa maknanya, dan bagaimana rasanya bahagia.

2. Hargai apa yang kita miliki

Kebanyakan dari kita melupakan pentingnya rasa syukur atas apa yang telah kita terima. Hal inilah menjadi penyebab utama kenapa hidup kita seringkali merasa tidak bahagia. Sebelum mengeluhkan hidup, coba renungkan lagi nikmat apa yang telah kita rasakan selama ini. Belajarlah menghargai. Hargai orang-orang yang selalu hadir disisi kita, barang-barang yang kita miliki, makanan yang enak setiap hari. Syukurilah semua itu. Bisa jadi hidup yang saat ini kamu jalani adalah hidup yang di impikan orang lain.

3. Cara hidup bahagia dengan lebih percaya diri

Tanpa sadar seseorang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi adalah orang yang lebih mudah untuk bahagia. Rasa percaya diri bisa diartikan sebagai keberanian dalam diri sehingga seseorang mampu melakukan sesuatu yang dianggapnya benar. Orang yang percaya diri akan lebih mudah untuk melakukan apapun karena ia percaya dengan bakat dan kemampuannya sendiri. Karena percaya diri juga seseorang akan terlihat selalu senang dan hidup bahagia.

4. Turunkan sedikit rasa gengsi

Percaya atau tidak, jika kita terlalu banyak merasakan gengsi, maka hal tu akan menghambat kita untuk merasakan kebahagiaan. Ngengsi seringkali membuat kita merasa cemas tentang apa yang akan dipikirkan oleh orang lain terhadap diri kita.

“Nggak mau ah pake baju yang ini, kan ngengsi dilihat orang.”.

“Yang bener aja harus aku duluan yang minta maaf, ngengsi tau”.

Kalo kita terus-menerus terjebak dari rasa ngengsian. Maka hidup kita pastinya akan merasa tidak tenang. Karena apa yang akan kita lakukan bersumber dari rasa ngengsi.

Jika kita benar-benar ingin menerapkan cara hidup bahagia. Maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghilangkan rasa ngengsian itu pada diri kita. Atau jika memang tidak bisa hilang, setidaknya turunkanlah sedikit bagaimana cara kamu memandang kualitas kehidupan, supaya rasa ngengsi perlahan-lahan hilang dari dalam diri kita.

5. Hidup yang cukup tanpa berlebihan

Bahagia tidak selalu diukur dengan kemewahan. Bahkan banyak orang yang hidupnya bergelimang harta namun di hatinya tidak merasa bahagia. Daripada begitu, lebih baik kita hidup sederhana. Tak peduli sesederhana apa, yang terpenting adalah kita merasa berkecukupan. Hidup seperti ini sudah cukup memberikan kita kebahagiaan yang bermakna.

6. Tulis target yang ingin kamu raih

Menetapkan target yang ingin diraih secara tidak langsung akan menambah semangat kita dalam menjalani kehidupan ini. Coba bayangkan kalau hidup tanpa target, mungkin hidup kita akan jadi sangat membosankan.

Target memberikan kita tujuan hidup yang jelas. Tentunya target semua orang itu berbeda-beda. Misalnya ada yang punya target mapan sebelum umur 30 tahun atau ada juga yang punya target bisa menaikkan haji kedua orang tua.

Apapun tujuan dan target hidup kamu. Yang terpenting hal tersebut bisa membuat kita merasa bahagia dan tidak sesekali membebani kita.

7. Kamu bebas berimajinasi, ciptakan kebahagiaan kamu sendiri

Tahukah Kamu bahwa otak punya cara yang membedakan antara hal-hal yang terjadi dalam imajinasi dan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan nyata? Jadi ketika Kita membayangkan sesuatu. bahkan membayangkan kebahagiaan. Otak Kita akan bertindak seolah-olah kebahagiaan itu nyata. Kita dapat menggunakan imajinasi untuk membantu menciptakan kebahagiaan versi kita sendiri.

Hanya kamu sendiri yang hidup pada dunia imajinasi. Kamu bebas berimajinasi tentang kebahagiaan yang ingin kamu rasakan. Tapi bukan berarti kamu hidup di dunia khayalan. Jadikan imajinasi tersebut sebagai pelajaran diri sendiri bila suatu saat keinginan kamu menjadi kenyataan.

8. Belajar menghormati sebagaimana kamu yang ingin dihormati

Jika kamu ingin dihormati orang lain, mengapa kamu tidak bisa menghormati orang lain juga. Menghormati bukan berarti kita harus hormat seperti halnya saat upacara bendera. Namun menghormati orang lain lebih kepada bisa menjaga perasaan orang lain, menerima segala pendapat orang lain, berbicara dengan cara yang baik, dan bisa memperlakukan dan menerima keberadaan seseorang.

9. Jangan terlalu memaksakan, jika lelah, istirahatlah sejenak

Bagaimana bisa kamu merasa bahagia jika kamu sendiri sering kali merasa lelah menjalani kehidupan. Terlalu memaksakan diri untuk mencapai keinginan adalah sesuatu yang tidak baik untuk kita lakukan terus-menerus. Walaupun kita punya keinginan yang besar, namun hal ini bukanlah alasan kita untuk menyiksa diri sendiri dengan cara bekerja sekeras mungkin.

Tak perlu seperti itu. Untuk mencapai sesuatu, lebih baik perlahan tapi pasti. Terus jangan lupa luangkan waktu untuk beristirahat di sela-sela pekerjaan dan rutinitas. Biarkan pikiranmu sejenak kosong dan bebas dari berbagai hal yang memberi imbas negatif.

10. Jangan membenci

Bahagia tidak akan pernah bisa dirasakan oleh orang yang suka membenci. Jika pun kalau ada orang yang bahagia, mungkin saja cara orang tersebut untuk berbahagia memang dengan cara membenci orang lain.

Membeci cuma bisa memberikan kita perasaan tidak tenang dan cemas. Hidup ini terasa dipenuhi dengan dendam dan pada akhirnya membuat hidup kita semakin tertekan.

Maka dari itu, cara hidup bahagia yang mesti kita lakukan untuk menghindari rasa benci adalah dengan memulai memaafkan kesalahan diri sendiri dan kesalahan orang lain. Hidup ini akan terasa indah jika kita menghilangkan rasa tidak suka satu sama lain.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Biar Nggak Boleh Gampang Marah Menghadapi Suatu Masalah

11. Jadilah diri sendiri

Apa jadinya kalo misalnya kamu tak puas dengan kehidupan yang kamu jalani saat ini, mungkin demi menutupi kekurangan hidup tersebut kamu akan berusaha untuk menjadi orang lain. Semua yang ada pada dirinya akan kamu tiru mulai dari sikap, sifat, hingga gaya hidup.

Tapi hal yang baru kita ketahui adalah untuk menjadi orang lain itu tidak semudah yang dibayangkan. Hal inilah yang membuat kita semakin menyalahkan keadaan hingga berujung tak bahagianya hidup kita.

Tidak perlu memaksakan untuk menjadi orang lain. Jadilah dirimu sendiri. Karena masih banyak orang yang akan menerima kamu apa adanya, bukan ada apanya.

12. Menjauh sejenak dari kehidupan dunia maya

Walaupun media sosial punya segudang manfaat, namun media sosial juga punya efek yang negatif bagi penggunanya. Misalnya kecanduan bermain media sosial atau menjadi ‘korban’ dari berita-berita yang negatif di media sosial.

Tanpa sadar dampak dari media sosial mengakibatkan menurunnya tingkat kebahagiaan kita karena tak jarang berujung pada kecanduan akan pengakuan dari pengguna media sosial lainnya. Pengakuan tersebut dapat berupa like maupun komentar.

Menurut seorang profesor yang berasal dari New York University, mengungkapkan bahwa saat seseorang mendapatkan like di sosmed, mereka memiliki perasaan senang dan kepuasan.

Lalu apa jadinya kalau interaksi di postingan kita sedikit bahkan tidak ada sama sekali?

Nah dengan memilih untuk menjauh sejenak dari media sosial atau mengubah cara kita menggunakan media sosial, maka kita dapat meningkatkan kebahagiaan hidup.

Baca Juga: 10 Cara Menggunakan Media Sosial yang Baik dan Bijak

13. Berkembanglah dengan cara kamu sendiri

Semua orang pasti ingin menjadikan dirinya lebih baik daripada sebelumnya. Tapi kalau perkembangan hidup kita masih bergantung atau masih dibayang-bayangi oleh seseorang. Maka hal ini akan sedikit menganggu kebahagiaan kita, karena kita merasa terkekang oleh kehadirannya.

Berkembanglah dengan caramu sendiri. Hidup tak selamanya bergantung pada orang lain. Kamu pun berhak menentukan jalan hidupmu sendiri. Kalau kamu memengang prinsip ini, maka hidup kamu akan mudah merasa bahagia.

14. Buang pikiran negatif dan mulailah berpikir positif

Terkadang kehidupan kita tergantung dari apa yang kita pikirkan. Kita tidak bisa berhenti berpikir tentang bagaimana perilaku buruk kita, atau bagaimana kehidupan kita yang tidak berjalan seperti yang kita harapkan.

Proses berpikir negatif seperti halnya terlalu khawatir, memilah-milah, menilai diri sendiri, dan takut akan penolakan, hanya akan membuat kita bersedih dan ujung-ujungnya berdampak pada sulitnya kita untuk maju dan berkembang di kemudian hari.

Nah untuk saat ini dan seterusnya, mulailah untuk selalu berpikiran positif, buang jauh-jauh pikiran yang tidak-tidak. Karena itu tidak ada manfaatnya sama sekali. Karena terkadang apa yang akan terjadi tidak seburuk yang kita bayangkan.

15. Buatlah kenangan yang indah saat ini

Cara hidup bahagia terakhir adalah dengan membuat momen indah pada saat ini. Momen lambat laun akan berubah menjadi sebuah kenangan. Biasanya kenangan itu ada 2 macam, yaitu kenangan buruk dan kenangan indah. Kenangan yang buruk membuat kita bersedih setiap kali mengingatnya, dan kenangan indah seringkali membuat kita tersenyum saat mengenangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here