Sering Sakit-Sakitan? Intip 10 Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah

0
Rasulullah SAW

Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah – Allah SWT menciptakan Nabi Muhammad SAW sebagai sebaik-baiknya contoh dan telatan bagi umat manusia. Rasulullah diberikan keistimewaan yang tak penah dimiliki oleh manusia manapun di dunia ini. Selain punya kesumpurnaan akhlak dan sikap yang baik, Rasulullah juga diberi petunjuk langsung dari Allah SWT, sang pencipta langit dan bumi.

Salah satu keistimewaan Rasulullah SAW adalah diturunkannya kitab suci Al-Qur’an melalui Beliau. Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia untuk menjalani kehidupan di dunia sekaligus menjadi peringatan untuk kehidupan akhirat.

Di dalam Al-Quran terdapat perintah-perintah dan larangan-larangan untuk mengatur semua kehidupan ini. Termasuk mengatur tentang kesehatan manusia.

Rasulullah SAW sangat menjaga kesehatannya. Beliau selalu menerapkan pola hidup yang sehat. Bahkan sepanjang hidupnya, Rasulullah hanya 2 kali mengalami sakit. Yaitu ketika diracuni oleh wanita yahudi dan menjelang akhir hayatnya.

Bahkan ada cerita unik ketika seorang dokter yang dikirim Kaisar Romawi datang ke Madinah. Dokter tersebut kebingungan karena sulit menemukan orang yang sakit. Dokter itu lalu bertanya kepada Rasulullah SAW kenapa masyarakat madinah tak gampang sakit.

Bagi sebagian orang, kesehatan itu mahal. Tak jarang juga ada yang menghabiskan banyak uang untuk biaya perawatan, diet, membeli suplemen, atau ke dokter, supaya daya tahan tubuh kuat dan tak gampang jadi sakit.

Sebegitukah sulit menjaga kesehatan pada zaman sekarang?

Allah SWT sudah menyinggung bahwa di dalam diri Rasulullah SAW ada suri teladan yang baik untuk kita contoh. Allah Ta’ala berfirman.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al-Ahzab 21)

Tentunya menjaga kesehatan itu tidaklah sulit. Rasulullah sebagai teladan telah memberikan contoh gaya hidup sehat. Cukup ikuti cara hidup sehat ala Rasulullah agar tubuh kita tak gampang terkena penyakit.

Apa saja pola hidup sehat ala Rasulullah? Berikut adalah 10 cara hidup sehat ala Rasulullah.

 

10 Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah

 

10. Berjalan kaki

Cara hidup sehat ala rasulullah pertama adalah dengan rutin berjalan kaki. Sebagaimana yang kita ketahui, pada jaman rasulullah dulu belum ada namanya mobil atau sepeda motor seperti saat ini.

Rasul dan para sahabatnya sangat akrab berjalan kaki kemana pun mereka pergi. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa pada jaman Nabi dulu, orang-orangnya banyak yang punya umur yang panjang.

Dengan berjalan kaki, maka keringat akan mengalir di sekujur tubuh, pori-pori kulit akan terbuka, serta peredaran darah menjadi lancar. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan jantung.

9. Mengkonsumsi makanan sehat

Rasulullah memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat yang punya pengaruh besar kepada kesehatan tubuh. Beberapa makanan sehat itu diantaranya kurma, madu, dan Habbatussauda (jintan hitam). Bahkan khasiat ketiga makanan itu disebutkan di dalam Al-quran maupun hadist shahih Nabi.

Diriwayatkan dari Saad bin Abi Waqash, Nabi Shallallahu’Alahi wa Salam beliau bersabda. “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”.

Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan (QS. Al-Nahl, ayat 69).

Di dalam al-Habbah as-Sauda (jintan hitam) itu ada kesembuhan (obat) bagi setiap penyakit kecuali kematian. (HR Bukhari, Muslim).

8. Makan makanan halal dan tidak berlebihan

Nabi Muhammad SAW tak pernah mengajarkan kita makan secara berlebihan, bahkan Nabi memberikan nasihat “makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihkannya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernafas” (HR. Tirmidzi).

Allah SWT juga menyinggung tentang makan berlebihan, Allah Ta’ala berfirman.

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

7. Berpuasa secara rutin

Puasa wajib/sunnah adalah salah satu perintah Allah yang banyak sekali memberikan manfaat bagi tubuh, terutama untuk kesehatan kita.

Dalam ilmu kedokteran, faktanya puasa mampu mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Diantaranya:

  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Penurunan kadar kolesterol
  • Menyehatkan jantung
  • Mengurangi risiko kanker.
  • Menjaga berat badan
  • Menyehatkan paru-paru
  • Membantu organ lambung bekerja dengan baik.

Lanjutkan membaca halaman selanjutnya >

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here